Connect with us
PERTAMINA

Asuransi

Ekonom UI: Jiwasraya Lebih Baik Dimatikan!

Published

on

Jiwasraya

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Ekonom senior Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri mengusulkan untuk mematikan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Itulah jalan yang bisa ditempuh pemerintah dalam melakukan penanganan Jiwasraya yang memiliki beban gagal bayar mencapai Rp16 triliun.

Menurut Faisal, likuidasi adalah opsi terbaik. Apalagi likuidasi menjadi salah satu oprsi dari tiga skema penyelamatan yang sempat diajukan pemerintah ke DPR.

“Jiwasraya lebih baik dimatikan saja, mau dpain lagi,” kata Faisal, Jumat (6/3/2020) di Jakarta.

Setelah dimatikan menurut Faisal aset-aset yang ada dijual. Sementara sisa aset yang ada dialihkan ke perusahaan BUMN lainnya, yakni PPA atau Perusahaan Pengelola Aset.

“Ini supaya tidak kemana-mana sebarannya. Jadi disehatkan dulu, kemudian dalam waktu yang tepat dijual kembali. Jadi keuntungannya yang didapatkan akan ada, dari kerugian yang paling minimum terjadi,” imbuhnya.

Faisal mengaku heran, mengapa dengan kondisi Jiwasraya yang tak memungkinkan ini masih ada skema penyelamatan dari APBN alias bail out, meski itu skema opsi terakhir yang ditawarkan.

“Saya justru bingung, kok diselamatkan pakai APBN,” herannya.

Menurutnya yang terjadi pada Jiwasraya itu ulah garong, herannya malah garong yang diminta membayar. “Harusnya nggak bail out,” katanya.

Pada prinsipnya disampaikan Faisal adalah jangan menjadi beban rakyat. “Ulah penggarongan Benny Tjoko dan kawan-kawan kok rakyat yang dibebankan,” jelasnya.

Diketahui, Benny Tjokrosaputro merupakan salah satu tersangka kasus dugaan korupsi Jiwasraya.

Diusulkan Faisal, pemerintah perlu membuat lembaga penjamin polis. Hal tersebut berguna untuk mengantisipasi persoalan di industri asuransi.

“Buatlah lembaga penjamin polis,” sarannya.

Selain itu, ditegaskan Fasila bahwa perlu adanya evaluasi peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memberikan izin setiap produk asuransi.

“Ketika semua diatur dan diawasi OJK, lalu siapa yang awasi pertanggungjawaban OJK? BI kan buku tahunan ke DPR, OJK kemana laporannya? Kan pola berpikirknya kurang holistik,” kecamnya.

Untuk itu penting sekali diperhatikan dampak penyebaran kasus yang terjadi pada Jiwasraya.

Karena asuransi mengeluarkan produk invetsasi yang jual reksa dana dan ngefeknya ke bursa saham.

“Bursa saham ngefek ke bursa saham secara menyeluruh,” katanya.

Sementara terkait nasabah, Fasila mengatakan nasabah harus dinomor satukan. Aset Jiwasraya yang ada dapat digunakan untuk membayar kewajiban yang harus dibayarkan ke nasabah.

Maka dari itu saran Ekonom UI ini adalah Jiwasraya lebih baik dimatikan saja, asetnya disehatkan dan asetnya dapat digunakan untuk memabayar kewajiban kepada nasabah. []

Asuransi

ASABRI Serahkan Manfaat Jaminan Kematian

Published

on

Kematian

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT ASABRI (Persero) melalui Pjs. Kakancab PT ASABRI (Persero) Pontianak, Syafruddin Tanjung menyerahkan manfaat Jaminan Kematian (JKm) kepada istri dari Almarhum AKBP Nurwignyo, S.H.,M.Si, Kabagbinopsnal Ditbinmas Polda Kalbar, bertempat di Gedung Kantor Cabang PT ASABRI (Persero) Pontianak.

Adapun manfaat yang diserahkan kepada istri almarhum, Ny. Diah Eko Awanniarni adalah Jaminan Kematian dan Tabungan Hari Tua, untuk istri serta manfaat beasiswa melalui Taspen Life kepada anak almarhum yang masih berusia sekolah.

Pjs. Kakancab Pontianak, Syafruddin Tanjung dalam penyerahan ini menyampaikan rasa duka cita mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan, serta berharap manfaat program ASABRI yang didapatkan dapat berguna untuk keluarga. Semoga manfaat yang diserahkan ini dapat berguna bagi keluarga yang ditinggalkan, ujar Tanjung.

Mengakhiri penyerahan, istri almarhum AKBP Nurwignyo, S.H., M.Si, Ny, Diah Eko Awanniarni menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada ASABRI atas manfaat dan pelayanan yang diberikan Terima kasih kepada ASABRI, semoga kedepan tetap terbaik dan selalu berjaya dalam melayani peserta, ungkap Ny.Diah.

Serahkan NTTA & NTIP Kancab Balikpapan

Sebagai bentuk tanggung jawab PT ASABRI (Persero) Kancab Balikpapan untuk membayarkan hak-hak peserta yang berhenti dengan tidak hormat telah melaksanakan penyerahan NTTA & NTIP kepada Serka Yayan Sutrisna di Lapas Kelas II A Balikpapan.

Kematian

Penyerahan dilaksanakan oleh Tami Martansyah selaku Kabid Yanggan PT ASABRI (Persero) Kancab Balikpapan bersama I Bagus Gede Wiyata Dharma selaku Kepala Kantor Kas Mandiri Taspen Balikpapan dan istri yang bersangkutan (Pegawai Dinas Imigrasi).

Sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab PT ASABRI (Persero) dalam membayarkan hak kepada para peserta yang berlandaskan kepada prinsip 5T yang dimana didalamnya terdapat Tepat Orang, yang bersangkutan merupakan prajurit yang diberhentikan tidak dengan hormat dan saat ini berada di Lapas untuk menjalani hukuman selama 5 tahun sesuai keputusan pengadilan, sehingga PT ASABRI (Persero) menyerahkan langsung hak tersebut kepada yang bersangkutan dan didampingi oleh Bank Mandiri Taspen selaku Mitra Bayar. []

Continue Reading

Asuransi

Munadi Herlambang Pimpin Rakor Bahas Dukungan Pemulihan Wisata Borobudur

Published

on

Munadi Herlambang

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja Munadi Herlambang memimpin rapat koordinasi divisi Kelembagaan dan Strategi Korporasi untuk mendukung upaya pemulihan pariwisata Candi Borobudur. Salah satu strateginya adalah upaya revitalisasi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Kawasan wisata Candi Borobudur. Revitalisasi ini perlu dilakukan guna mendukung pemulihan pariwisata Borobudur pasca-Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Rakor tersebut dilakukan di aula pertemuan Balkondes Jasa Raharja, di Desa Giri Tengah, Magelang, Jawa Tengah, pada Rabu, 20 Oktober 2021. Rakor juga membahas strategi korporasi, kelembagaan, evaluasi progress pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tahun 2021 serta rencana tahun depan.

“Revitalisasi Balkondes di Kawasan Candi Borobudur dirasakan penting bagi Jasa Raharja seiring mulai pulihnya pariwisata di kawasan ini. Tamu-tamu wisatawan sudah mulai banyak berdatangan sekaligus untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil di kawasan ini,” jelas Munadi Herlambang dalam arahannya.

Balkondes Jasa Raharja memiliki konsep berupa desa budaya dengan pemberdayaan masyarakat, berlokasi di Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, dan memiliki luas area 2.520 meter persegi. Balkondes ini pernah digunakan pada forum internasional UN International Council of Women 2018.

Sejak dibuka pada dua minggu lalu, wisata Candi Borobudur mulai kembali didatangi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Wisatawan yang datang diharuskan sudah divaksin, menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Jumlah wisatawan yang datang sudah mulai mendekati angka 1.000 pengunjung per hari.

Selain itu, Munadi menekankan bahwa divisi Kelembagaan dan Strategi Korporasi (KSK) perlu merumuskan strategi korporasi untuk pengembangan produk-produk terkait baik di perusahaan maupun anak perusahaan yang dapat meningkatkan value added, sekaligus meningkatkan Social Return of Investment.

Pada kesempatan tersebut, Munadi Herlambang juga membagikan paket sembako sebanyak 150 paket di Kampung Penghayat Kapitayan Palang Putih Nusantara, Dusun Onggosoro, dan
Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. []

Continue Reading

Asuransi

Laksanakan Program TJSL, ASABRI Salurkan Bantuan Untuk Masjid di Bekasi dan Bedah Rumah di Ambon

Published

on

TJSL

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT ASABRI (Persero) berkomitmen penuh dalam melaksanakan program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan). Perseroan, terus mendukung berbagai kegiatan sosial yang menjadi tanggung jawab perusahaan.

Belum lama ini, ASABRI melakukan penyaluran bantuan TJSL kepada Masjid Jami Al-Ikhlas di daerah Jakasampurna, Bekasi (15/10). Bantuan tersebut berupa penyediaan sarana dan prasarana yang diperuntukan untuk pembangunan masjid dan diserahkan secara simbolis kepada Ketua RT setempat serta disaksikan oleh beberapa perwakilan masyarakat dan panitia pembangunan masjid.

“Kami mewakili warga Jakasampurna, Bekasi mengucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya kepada PT ASABRI yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan masjid ini, semoga menjadi amal ibadah bagi para karyawannya,” Ujar AKP (Purn) Sugiyanto selaku Ketua RT setempat.

TJSL

Sugiyanto mengatakan bahwa pembangunan masjid ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas umum masyarakat yakni masjid agar lebih nyaman dan layak saat digunakan saat beribadah.

Sebelumnya, ASABRI juga melakukan aksi sosial lainnya di Kota Ambon tepatnya di Desa Halong Kecamatan Sirimau, dimana Perseroan melalui Kancab Ambon melaksanakan program TJSL Bedah Rumah (07/10).

Adalah rumah dari PNS Purnawirawan Angkatan Laut an. Matius Katimin yang dilakukan pembedahan rumah yang sebelumnya rumah tersebut dinilai tidak layak. Diawali dengan survey, koordinasi dengan pemilik rumah, mengecek sertifikat dan telah memenuhi syarat.

Hasil bedah rumah telah diserahkan langsung kepada bapak Katimin disaksikan oleh Ketua RT. Sebagai rasa syukur bapak Katimin langsung menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT ASABRI (Persero) dan mendoakan semoga PT ASABRI (Persero) selalu diberkati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!