Connect with us
PERTAMINA

Teknologi & Komunikasi

Dukung Perkembangan Startup Teknologi di Indonesia, MDI Ventures dan Finch Capital Luncurkan Arise Fund

MediaBUMN

Published

on

MDI Ventures

MEDIABUMN.COM, Jakarta – MDI Ventures perusahaan modal ventura milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama dengan Finch Capital investor tematik tahap awal yang fokus pada teknologi keuangan, berkolaborasi meluncurkan Arise yaitu sebuah badan investasi dengan fokus pendanaan tahap awal bagi startup teknologi Indonesia.

Peluncuran Arise Fund ditandai dengan signing ceremony antara General Partner Arise yakni Aldi Adrian Hartanto dari MDI dan Hans De Back dari Finch Capital, disaksikan secara langsung oleh Wakil Duta Besar Belanda untuk Indonesia Ardi Stoios-Braken, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya, dan CEO MDI Ventures Donald Wihardja di Jakarta (26/11). Turut hadir menyaksikan melalui video conference Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar.

Wakil Duta Besar Belanda untuk Indonesia Ardi Stoios-Braken mengucapkan selamat atas peluncuran Arise Fund sebagai hasil dari kolaborasi perusahaan investasi milik Indonesia dan Belanda yang berpengalaman dalam mendukung perkembangan startup di pasarnya masing-masing. Ia meyakini dalam beberapa waktu ke depan, akan ada peluang kerjasama Indonesia dan Belanda lainnya seperti Arise Fund. Begitupun dengan Wakil Menteri Luar Negeri RI, Mahendra Siregar melalui video conference CloudX menyambut baik kehadiran Arise Fund di tengah upaya transformasi teknologi dan digital yang digaungkan Pemerintah untuk memperkuat ekonomi digital Indonesia.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, “Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi yang besar untuk startup. MDI Ventures melihat dan memahami potensi tersebut sehingga kolaborasi dengan global partner seperti Finch Capital dapat mendorong investasi untuk pengembangan startup. Ini merupakan wujud komitmen TelkomGroup untuk menciptakan ekosistem teknologi digital yang sehat dan terus berkembang, demi memperkuat ekonomi digital Indonesia serta membangun sektor BUMN yang modern.”

MDI Ventures

Arise Fund didirikan untuk memberdayakan generasi baru pendiri startup, terutama yang muncul di tengah-tengah krisis ekonomi yang melanda di tahun 2020 ini. Dengan target aset kelolaan sebesar USD40 juta, Arise Fund secara aktif membantu startup pra-seri A tidak hanya dalam hal pendanaan, tapi juga memberikan jalur yang jelas bagi startup untuk melakukan validasi, bertumbuh, berkembang, hingga melakukan exit.

“Arise Fund secara langsung membantu dalam mencocokkan produk startup terhadap pasar sehingga memudahkan mereka untuk menemukan strategi masuk pasar yang paling efektif. Kami memiliki beragam pedoman untuk memfasilitasi proses ini, yang dapat diterapkan dan disesuaikan dengan berbagai ekosistem teknologi yang berbeda, baik di Eropa, Asia, dan di Silicon Valley – wilayah-wilayah pasar di mana MDI Ventures dan Finch Capital aktif berinvestasi. Hal inilah yang membedakan Arise Fund dari investor tahap-awal lainnya di Indonesia,” jelas Aldi Adrian Hartanto dari MDI, selaku General Partner Arise.

Pada tahapan awal, startup dapat bergabung dengan inkubator Indigo Nation besutan Telkom untuk menemukan model bisnis yang berkelanjutan dan dapat dikembangkan. Arise Fund kemudian berperan mendukung perjalanan startup tersebut pada tahapan berikutnya. Dalam hal ini, MDI Ventures akan membantu menghubungkan startup tersebut dengan berbagai bisnis yang dikelola oleh TelkomGroup dan perusahaan BUMN lainnya, sementara Finch Capital juga akan melakukan hal yang sama dengan daftar mitra korporat blue-chip yang dikelolanya. Berikut startup tersebut berpotensi untuk dapat menerima investasi dari Centauri Fund di tahapan seri A, kemudian lewat MDI Ventures di seri B dan selanjutnya, hingga akhirnya sukses melalui akuisisi atau IPO.

“Kehadiran Arise Fund ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem digital di Indonesia sehingga mampu mendorong Indonesia untuk maju menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara di tahun 2025 nanti,” tutup Ririek. []

Teknologi & Komunikasi

Telkom Kembali Hadirkan Tayangan Olahraga Bergengsi melalui Channel Usee Sports di IndiHome TV

MediaBUMN

Published

on

olahraga

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Mengawali tahun 2021, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menghadirkan tayangan yang paling ditunggu oleh pecinta olahraga tanah air. Kali ini IndiHome menghadirkan berbagai program tayangan olahraga di Channel Usee Sports 1 dan Usee Sports 2 yang dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja.

“Olahraga sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, mulai Januari 2021 kami menghadirkan kembali berbagai tayangan olahraga pada Channel Usee Sports 1 dan Usee Sports 2 di IndiHome TV sehingga masyarakat yang menyukai olahraga bisa menikmati dan mendapatkan informasi terkait dunia olahraga dengan mudah, aman, dan nyaman di rumah.” ujar E. Kurniawan selaku Vice President Marketing Management Telkom.

Kurniawan melanjutkan, melalui kedua channel olahraga tersebut, pecinta olahraga bisa menyaksikan secara langsung tayangan kompetisi bergengsi sepak bola Indonesia, seperti Liga 1 dan Liga 2. Cabang olahraga bergengsi basket seperti Indonesian Basketball League (IBL) juga dapat dinikmati melalui IndiHome TV. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat menikmati tayangan olahraga luar negeri seperti turnamen bulu tangkis Badminton World Federation (BWF), kompetisi sepakbola bergengsi dunia Liga Champion, Liga Europa dan Coppa Italia di channel Usee Sports 1 dan Usee Sports 2.

Pelanggan bisa menikmati berbagai macam tayangan olahraga terbaik tersebut mulai bulan Januari 2021, dengan beberapa jadwal pertandingan perdana di antaranya turnamen BWF yang terdiri dari Yonex Thailand Open 2020, Toyota Thailand Open 2021 dan HSBC BWF World Tour Final 2020, serta Coppa Italia yang tayang di bulan Januari 2021. Sedangkan, Liga Champions dan Liga Europa akan mulai tayang di bulan Februari 2021 serta liga basket tertinggi di Indonesia, yaitu IBL dijadwalkan kembali hadir di bulan Maret 2021.

Tidak hanya pertandingan olahraga unggulan, channel Usee Sports dan Usee Sports 2 juga memproduksi berbagai macam program olahraga berkualitas seperti Rivalitas yang menampilkan flashback persaingan sengit antar club yang terjadi di kancah sepak bola Indonesia, Ricky Smash yaitu program magazine yang membahas seputar olahraga bulu tangkis di tanah air yang dibawakan oleh legenda bulutangkis Indonesia Ricky Soebagja, Soccer Tonight yang berisi program berita perkembangan sepak bola mancanegara, berita tentang atlet hingga cuplikan pertandingan terbaik serta berbagai program menarik lainnya.

Tayangan olahraga unggulan tersebut dapat dinikmati oleh pelanggan IndiHome hanya dengan berlangganan minipack IndiSport 2 yang dapat diaktivasi dengan mudah melalui layar IndiHome TV atau aplikasi myIndiHome. Biaya berlangganan IndiSport 2 cukup terjangkau dan dapat dibayar dengan dua metode pembayaran melalui pre-paid atau post-paid lewat tagihan IndiHome.

Dengan berlangganan IndiSport 2 pelanggan bisa mendapatkan akses 24 jam channel Usee Sports [85 SD | 901 HD], Usee Sports 2 [86 SD | 902 HD], Champions TV 1 [712 SD | 980 HD] dan Champions TV 2 [713 SD | 981 HD]. Tak hanya itu, pelanggan juga dapat menikmati tayangan tersebut di mana saja dan kapan saja melalui aplikasi UseeTV GO yang tersedia di Playstore dan AppStore serta website useetv.com.

Bagi pelanggan yang belum mendapatkan layanan IndiHome tetap dapat menikmati tayangan BWF dengan melakukan pembelian di website useetv.com. Nikmati keseruan menonton tayangan olahraga berkualitas bersama IndiHome TV.

Informasi lebih lanjut terkait jadwal tayangan program olahraga di IndiHome TV, follow social media IndiHome TV yang tersedia di Instagram & Twitter @useetvcom, Facebook @indihometvid dan YouTube @indihometv. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

TelkomGroup Pastikan Beroperasi Normal Pasca Gempa di Sulbar

MediaBUMN

Published

on

telkomGroup

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus mengupayakan agar layanan telekomunikasi TelkomGroup tetap beroperasi normal pasca terjadinya gempa di wilayah Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat dengan magnitudo 6,2 skala richter pada Jumat (15/1) dini hari pukul 2:28 WITA.

“Saat ini kondisi jaringan backbone tetap beroperasi normal dan kami sedang melakukan pengecekan pada jaringan akses. Sementara itu untuk layanan seluler, beberapa BTS mengalami gangguan umumnya dikarenakan kendala catuan listrik yang terjadi. Kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat perbaikan jika memang ditemukan adanya perangkat jaringan yang terdampak,” demikian ungkap Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono di Jakarta.

Pujo menambahkan untuk kondisi gedung pelayanan pelanggan dan Sentral Telepon Otomat (STO) Mamuju berdasarkan laporan sementara mengalami beberapa kerusakan. Bahkan STO Mamuju membutuhkan catuan genset sehubungan adanya kendala catuan listrik di lokasi. “Kami memohon maaf kepada pelanggan yang sempat terdampak atas ketidaknyamanan layanan telekomunikasi yang dirasakan pasca gempa. Untuk mempercepat upaya identifikasi dan recovery, Kami telah mengirimkan tim teknisi dari Parepare menuju Mamuju untuk melakukan pengecekan dan mempercepat perbaikan segera terhadap gangguan layanan yang terdampak,” demikian tutup Pujo.

Saat ini Telkom telah memobilisasi genset mobile dari Donggala ke Mamuju. Selain itu, Telkom juga menyediakan internet gratis di Wifi Corner Kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi (Kandatel) Mamuju yang dimanfaatkan masyarakat dalam berkomunikasi dan mengakses informasi. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

Telkomsat Mendapatkan Ijin Penggunaan Filing Satelit Indonesia di Slot Orbit 113°BT

MediaBUMN

Published

on

Filing Satelit

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Berdasarkan Siaran Pers Kominfo 5 Januari 2021 No. 06/HM/KOMINFO/01/2021 tentang Kelanjutan Penggunaan Filing Satelit Indonesia di Slot Orbit 113°BT, PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat), anak usaha dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ditetapkan sebagai pemenang Seleksi Pengguna Filing Satelit Indonesia di Slot Orbit 113°BT. Ini merupakan langkah baik bagi Telkomsat sebagai penyedia layanan satelit yang telah berpengalaman dalam memberikan layanan hulu ke hilir yang berkualitas tinggi dan berstandar internasional.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, “Keberhasilan ini adalah hal yang strategis bagi pengembangan bisnis satelit Telkomsat nantinya dalam memperkuat penyediaan infrastruktur satelit TelkomGroup. Semoga dengan ijin penggunaan slot orbit ini, dapat mendukung TelkomGroup dalam menghadirkan konektivitas hingga pelosok dan peningkatan kualitas dalam melayani pelanggan dan masyarakat Indonesia.”

Slot orbit 113°BT merupakan salah satu slot orbit premium yang dikelola oleh Kominfo selaku administrator telekomunikasi Indonesia. Kominfo menyelenggarakan proses Seleksi Pengguna Filing Satelit Indonesia di slot orbit 113°BT pada tanggal 5 Oktober 2020. Telkomsat mengikuti proses seleksi tersebut, yang dilaksanakan berdasarkan prinsip efisien, efektif, tidak diskriminatif, dan akuntabel dengan menggunakan metode evaluasi komparatif (beauty contest). Telkomsat dinyatakan berada di posisi tertinggi pada peringkat peserta seleksi berdasarkan total penilaian evaluasi kelayakan.

“Ke depannya TelkomGroup melalui Telkomsat telah merencanakan untuk menempatkan satelit dengan teknologi terbaru yang dikenal sebagai High Throughput Satellite (HTS) yang cocok untuk melayani pelanggan broadband satelit, mencakup pita frekuensi C band dan Ku band di slot orbit 113°BT sebelum 31 Desember 2024. Semoga ini memantapkan langkah Telkomsat menjadi penyelenggara layanan satelit terkemuka di regional,” tutup Ririek. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!