Connect with us
PERTAMINA

Infografik

Dukung Aturan Pemerintah, Angkasa Pura I Hentikan Sementara Layanan untuk Penerbangan Penumpang

MediaBUMN

Published

on

layanan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) menghentikan sementara layanan terhadap penerbangan komersial penumpang pada 15 bandara kelolaannya mulai Jumat 24 April 2020 hingga 1 Juni 2020.

Hal ini dilakukan untuk mendukung aturan Pemerintah Republik Indonesia mengenai larangan mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Namun bandara-bandara Angkasa Pura I akan tetap beroperasi untuk melayani penerbangan kargo atau penerbangan yang mengangkut logistik.

Adapun layanan terhadap penerbangan yang dikecualikan yaitu penerbangan yang membawa atau terkait:

1. Pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia dan tamu/wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional.

2. Operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriation flight) pemulangan WNI maupun WNA.

3. Operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat.

4. Operasional angkutan largo (kargo penting dan esensial). Pesawat konfigurasi penumpang dapat digunakan untuk mengangkut kargo di dalam kabin penumpang (passenger / cabin compartement) khusus untuk pengangkutan kebutuhan medis, kesehatan, dan sanitasi serta pangan.

5. Operasional lainnya dengan seijin dari Menteri dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19.

“Untuk mendukung Pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui aturan larangan mudik, Angkasa Pura I menghentikan sementara layanan terhadap penerbangan komersial penumpang mulai 24 April hingga 1 Juni 2020. Kami menghimbau masyarakat yang sudah memiliki tiket dengan jadwal penerbangan pada periode tersebut agar menghubungi pihak maskapai untuk melakukan refund atau reschedule,” ujar Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan.

Bandara-bandara Angkasa Pura I, lanjut Handy, juga tetap akan beroperasi dan menyediakan konter khusus bagi masyarakat yang ingin melakukan refund atau reschedule jadwal penerbangan dengan mendatangi langsung konter maskapai di bandara. Namun pengaturan waktu refund tiket dilakukan oleh pihak operator penerbangan atau maskapai untuk menghindari terjadinya penumpukan di bandara.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan refund dengan datang ke bandara, dihimbau untuk menghubungi pihak maskapai terlebih dahulu untuk mengatur waktu kedatangan ke bandara agar tidak terjadi penumpukan di bandara.

Selain itu masyarakat yang ingin melakukan refund dengan mendatangi bandara agar tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dan menerapkan physical distancing, seperti menggunakan masker, menggunakan kendaraan dengan jumlah maksimal 50 persen dari kapasitas kendaraan, dan menjaga jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain di bandara.

“Kami juga tengah berkoordinasi intens dengan pihak maskapai untuk membantu mereka dalam melakukan proses refund atau reschedule bagi calon penumpang yang sudah membeli tiket mereka. Kami berupaya mengatur sedemikian rupa agar proses tersebut tetap dapat menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19,” tambah Handy Heryudhitiawan.

Selain itu, Angkasa Pura I juga tengah menyiapkan pengaturan parking stand pesawat di masing-masing bandara bagi pesawat-pesawat yang akan parkir longstay pada periode ini sehingga tidak mengganggu operasional pesawat kargo atau pesawat yang membawa logistik yang masih beroperasi.

“Semoga dengan diberlakukannya kebijakan larangan mudik dan penghentian sementara layanan terhadap penerbangan penumpang ini dapat membantu signifikan pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Handy Heryudhitiawan. []

Infografik

PR BESAR MENKES YANG BUKAN DOKTER!

CHRIESTIAN

Published

on

Menkes

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Nama Budi Gunadi Sadikin yang merupakan Wakil Menteri BUMN telah resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto

Penunjukan Budi Gunadi Sadikin tentunya menjadi menarik karena baru kali ini dalam sejarah republik Indonesia memiliki Menkes yang bukan seorang ahli kesehatan atau dokter

Tentunya Presiden Jokowi memiliki pertimbangan tersendiri dalam menentukan hal ini. lantas apa saja PR besar yang harus diselesaikan Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya dikenal sebagai bankir handal dan ahli pertambangan?

Continue Reading

Infografik

KARIR MENTERENG PAHALA MANSURY HINGGA JADI WAMEN BUMN!

CHRIESTIAN

Published

on

Pahala

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pahala Nugraha Mansury resmi menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN I menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang bertugas sebagai Menteri Kesehatan

Pahala bukanlah sosok yang baru mengabdi di perusahaan BUMN. Sosoknya telah lama melintang mengabdi di sejumlah perusahaan pelat merah seperti Bank Mandiri, Pertamina, Garuda Indonesia dan terkahir di Bank BTN.

Ia mengaku dihubungi dan diminta langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi wakilnya. []

Continue Reading

Infografik

ATURAN PERJALANAN UDARA MENUJU BANDARA I GUSTI NGURAH RAI BALI

MediaBUMN

Published

on

Ngurah Rai

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menerbitkan Surat Edaran Nomor 2021 Tahun 2020 yang mengatur penumpang pesawat domestik tujuan Pulau Dewata wajib mengantongi dokumen tes swab PCR yang menyatakan negatif Covid-19.

PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai operator Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali turut melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang akan berkunjung ke Bali melalui jalur udara.

Langkah tersebut dilakukan pemerintah Pemprov Bali dan PT Angkasa Pura I (Persero) dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam menekan dan memutus mata rantai Covid-19 khususnya di Pulau Bali yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit jelang libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!