Dua Bank BUMN ini Siap Jor-joran Investasi Platform Digital

by
Bank BUMN

BNI dan BRI yang merupakan bank BUMN sangat concern terhadap era digitalisasi perbankan dengan terus mengedepankan pengembangan digital banking dan teknologi mobile. Kedua bank BUMN ini pun siap menggelontorkan dana jumbo untuk investasi pada platform digital perbankan.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasional BRI, Indra Utoyo, mengatakan jika pihaknya saat ini tengah fokus terhadap dua aspek yaitu eksploitasi dan eksplorasi.

“Untuk cabang dan ATM merupakan bagian dari eksploitasi, namun meskipun ke depannya terjadi pengurangan cabang dan ATM tetapi kami tetap akan terus meningkatkan layanan terbaik kami dari sisi digital yang semakin memudahkan para nasabah untuk bertransaksi,” terangnya.

Selain itu, upaya BRI dalam menjangkau beberapa platform digital seperti mobile dan open banking, imbuh Indra merupakan bagian dari eksplorasi perusahaan.

Baca Juga : Sinergi BUMN Bhanda Ghara Reksa dan AirNav Indonesia

“Kami telah menyiapkan platform digital lending melalui anak usaha. Selain itu, kami juga akan menyiapkan platform elektronik KYC (know your customer) digital signing dan menyiapkan open banking melalui API yang sudah dilisensi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” pungkasnya.

Sementara itu, menurut Direktur Teknologi Informasi dan Operasional BNI, Dadang Setiabudi, terjadinya pergeseran transaksi didorong adanya prilaku transaksi nasabah. Hal ini tercermin dari peningkatan yang sangat signifikan pada channel mobile dan digital banking.

“Karena adanya kemudahan dan kenyaman dalam melakukan transaksi membuat banyak nasabah yang mengandalkan fasilitas digital tersebut dalam setiap melakukan transaksi,” paparnya.

Lebih lanjut Dadaang menyebut jika ke depan BRI akan terus meningkatkan pelayanan digitalnya dengan mengembangkan feature pada channel BRI yang bersifat mobile.

“Untuk investasinya tahun 2019 kami sediakan anggaran mencapai Rp1 triliun. Dengan anggaran besar tersebut kami berharap dapat mendorong peningkatan pelayanan pada digital channel di seluruh lini,” tutupnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *