Connect with us
PERTAMINA

Transportasi

Dorong Perekonomian, KAI dan Bank Mandiri Kolaborasi Dukung Pelaku Usaha

Published

on

Dorong perekonomian

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dorong perekonomian! Upaya tersebut menjadi salah satu tugas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai agent of development.

Di saat negara dalam keadaan krisis ekonomi seperti saat ini karena dampak Pandemi Covid-19, BUMN diharapkan mampu hadir ikut berkontribusi dalam upaya tersebut, utamanya membantu sektor usaha kecil.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Bank Mandiri menyepakati kerja sama untuk dorong perekonomian bagi pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama terkait pembiayaan kredit talangan (Kreta) kepada supplier/vendor KAI. Fasilitas ini dimaksudkan untuk mempercepat penerimaan pembayaran Supplier/Vendor KAI sehingga dapat meningkatkan pengelolaan likuiditas.

Perjanjian Kerja Sama tersebut ditandatangani oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko KAI Salusra Wijaya dan Senior Vice President SME Banking Bank Mandiri Alexander Dippo yang disaksikan oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah K. Indriati dan jajaran manajemen KAI di Jakarta, Senin (14/6).

Sinergi BUMN ini merupakan bentuk adaptif dan kolaboratif KAI di bidang pengelolaan keuangan untuk semakin meningkatkan pelayanan serta mempererat hubungan antara KAI dan seluruh stakeholders KAI.

Kerja sama ini menunjukkan bahwa KAI tidak hanya berinovasi di bidang Angkutan Penumpang dan Barang, namun juga di aspek perusahaan lainnya.

“Terima kasih kepada Bank Mandiri yang telah memberikan fasilitas percepatan pembiayaan kepada supplier/vendor KAI. Kerja sama ini merupakan sinergi BUMN yang penting dan langkah win-win solution untuk seluruh pihak,” ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko KAI Salusra Wijaya.

Salusra mengatakan dukungan ini diberikan bagi para supplier/vendor perusahaan, termasuk para UMKM, yang selama ini menjadi mitra KAI dalam hal penyediaan barang dan jasa perusahaan.

Fasilitas ini diharapkan mampu memberikan efek positif bagi supplier/vendor KAI ditengah pandemi Covid-19 yang berdampak kepada berbagai pelaku usaha.

Melalui dukungan dari Bank Mandiri ini, semoga dapat membantu para supplier/vendor KAI sehingga kualitas pengadaan barang dan jasa yang secara langsung maupun tidak langsung dirasakan oleh pelanggan KAI akan terjaga.

“Dengan likuiditas perusahaan yang baik, kami harap para supplier/vendor KAI dapat mendukung penuh berbagai kebutuhan KAI dalam rangka membantu memulihkan kinerja perkeretaapian nasional,” tutup Salusra. []

Transportasi

Penerbangan Domestik Jadi Fokus Bisnis Garuda Indonesia

Published

on

Penerbangan domestik

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Penerbangan domestik diminta menjadi fokus bisnis maskapai penerbangan nasional, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Pasalnya, saat ini kondisi keuangan maskapai pelat merah tersebut terus mengalami keterpurukan akibat pandemi covid-19.

Maka Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan bahwa Garuda akan berhenti berkompetisi dengan maskapai luar negeri, dan fokus pada penerbangan domestik dalam negeri.

Erick menyebut, pasar penerbangan domestik juga cukup tinggi, dimana 78 persen turis yang mengunjungi kawasan wisata Indonesia adalah wisatawan domestik.

“Total nilai ekonomi yang masuk dari perjalanan wisatawan domestik mencapai Rp1.400 triliun per tahun. Jumlah itu jauh lebih besar dari perjalanan turis asing yang hanya Rp300 triliun per tahun. Maka kita ingin Garuda fokus pada penerbangan domestik wisatawan,” ungkapnya.

Erick menilai, selama ini potensi penerbangan domestik di Indonesia belum tergarap maksimal oleh Garuda.

Sebab BUMN Aviasi ini lebih fokus berkompetisi dengan maskapai luar dan menggarap begitu banyak rute penerbangan internasional.

Jika Garuda Indonesia hanya fokus pada penerbangan domestik, maka rute luar negeri akan dilepas kepada maskapai lain, seperti Qatar Airways, Emirates, dan Singapore Airlines.

“Jadi lebih baik Garuda fokus ke penerbangan domestik untuk kontrol yang di dalam negeri. Jadi nggak seperti dulu yang berkompetisi di jalur internasional,” ujarnya.

Tercatat, selama triwulan I tahun 2021, PT Garuda Indonesia mengalami kerugian hingga Rp5,56 triliun akibat pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Kerugian ini meningkat hingga 219 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2020, yang nilai kerugiannya US$ 120,16 juta.

Sementara total pendapatan usaha perseroan juga menurun hingga 54 persen yakni hanya senilai US$ 353,07 juta.

Pendapatan ini masih berasal dari penerbangan berjadwal senilai US$ 278,22 juta, dan pendapatan usaha lainnya US$ 52,06 juta.

Di sisi lain, Maskapai ini dilaporkan akan mengembalikan sembilan pesawat Boeing lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan.

Pesawat ini disewa oleh Garuda namun dikembalikan sebagai bagian dari kesepakatan untuk mengakhiri gugatan pailit.

Garuda dan perusahaan yang menyediakan jasa leasing telah meneken perjanjian untuk menghentikan proses hukum gugatan pailit yang disampaikan Aercap Ireland Limited pada bulan Juni. []

Continue Reading

Transportasi

Angkutan Oksigen Dari PT KAI Digratiskan!

Published

on

Angkutan oksigen

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Angkutan oksigen yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) kini digratiskan.

Pembebasan biaya angkutan oksigen ini dilakukan pihak perusahaan untuk membantu pemenuhan kebutuhan oksigen yang saat ini meningkat signifikan.

Perusahaan pelat merah ini pengiriman tabung oksigen, baik yang berisi maupun kosong khusus untuk kepentingan nonkomersial.

VP Public Relation PT KAI, Joni Martinus mengatakan, saat ini masih terjadi peninggakat kebutuhan oksigen karena dampak penularan covid-19 varian delta yang semakin meluas.

Maka untuk mengangkut oksigen gratis ini dilakukan oleh PT KAI melalui anak usahannya KAI Logistik.

“Hingga 16 Juli, kami telah membawa sebanyak 122 ton angkutan oksigen dari Surabaya hingga Jakarta. Oksigen dan tabung ini diangkut menggunakan lima gerbong kereta yang berbeda,” kata Joni Martinus melalui siaran persnya, Minggu (18/7/2021).

Dijelaskannya, lima gerbong ini terbagi dari dua gerbong iso tank yang berkapasitas 28 ton oksigen dan tiga gerbong peti kemas berkapasitas 22 ton oksigen per gerbong.

Adapun oksigen ini merupakan hasil produksi dari PT Virtue Dragon Nickel Industrial Park yang disalurkan ke Kementerian Kesehatan RI.

“Hal ini akan mempermudah dan mempercepat distribusi. Sehingga masyarakat yang sedang dalam pengobatan dapat diatasi dengan baik. Jadi kami pastikan pengiriman angkutan oksigen ini tidak dipungut biaya alias cuma-cuma,” ungkapnya.

Terkait angkutan oksigen gratis ini, kata Joni, masyarakat bisa menghubungi call center PT KAI Logistik di nomor 150121.

Seleian itu bisa jug amengirim email di alamat@kalogistics.co.id dan melalui WA di nomor 081388223205.

“Bisa menghubungi kami melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter. Layanan ini juga sudah mendapatkan izin khusus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait angkutan Bahan Berbahaya dan Beracun atau B3,” ujarnya.

Layanan ini diperuntukkan untuk pengiriman ke berbagai Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Kementerian, dan Pemerintah Daerah.

Bisa juga disalurkan ke sentra pengumpulan oksigen untuk penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Joni berharap, dengan adanya jasa angkutan oksigen ini, masyarakat yang membutuhkan bantuan oksigen dapat tertangani dengan baik. []

Continue Reading

Transportasi

Pengembalian Tiket ASDP Hanya Bisa Melalui Call Center

Published

on

Pengembalian Tiket ASDP

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pengembalian Tiket ASDP bagi para pengguna jasa penyeberangan bisa dilakukan melalui call center.

Pihak perusahaan sejauh ini belum melayani pengembalian tiket ASDP melalui aplikasi online.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) membuka layanan pengembalian dana tiket berkaitan dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dimana ada beberapa pengguna jasa kapal penyeberangan yang gagal melakukan perjalanan setelah mendapatkan hasil tes positif Covid-19.

Maka mereka dapat mengajukan permohonan refund secara penuh dan dana tiketnya dipastikan kembali 100 persen.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP, Shelvy Arifin mengatakan ada syarat bagi konsumen yang mengajukan refund penuh.

Yaitu wajib melampirkan bukti dokumen keterangan positif Covid-19 yang dikeluarkan oleh pihak terkait, dan nama pemohon harus sama dengan nama penumpang yang tercatat di e-tiket.

“Bagi konsumen yang ingin uang tiketnya kembali, hanya bisa mengajukan refund melalui call center. Yang berkaitan juga harus melengkapi berbagai dokumen refund untuk kami proses,” kata Shelvy Arifin, Senin (5/7/2021).

Sebelumnya pemerintah telah mengatur perjalanan masyarakat pengguna transportasi selama PPKM melalui Surat Edaran Kemenhub Nomor 43 Tahun 2021.

Dalam SE yang mulai diberlakukan mulai Senin (5/7/2021), pemerintah kembali melakukan pembatasan mobilitas masyarakat guna menekan penularan Covid-19 yang semakin tinggi.

Terkait hal itu, Shelvy menyatakan PT ASPD selaku penyedia jasa penyeberangan tetap berupaya agar pelayanan publik dan sektor logistik tetap berjalan dengan baik.

“Kami berikan layanan terbaik, tapi kami juga meminta agar seluruh pengguna jasa untuk mematuhi syarat perjalanan yang telah ditetapkan pemerintah. Karena tujuan PPKM Darurat ini adalah untuk menekan penyebaran virus corona,” tegasnya.

Dijelaskannya, dalam SE Kemenhub juga diatur jumlah penumpang angkutan sungai, danau, dan penyeberangan maksimal 50 persen dari kapasitas angkut.

Sementara para penumpang kapal juga wajib menerapkan jaga jarak fisik selama perjalan.

Pelaku perjalanan juga wajib menunjukkan kartu vaksin pertama dan surat keterangan hasil negatif tes PCR yang sampelnya maksimal 2 x 24 jam.

Sementara hasil rapid Antigen batas penggunaannya maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!