Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Direksi PPA Dirombak, Fokus Benahi BUMN ‘Sekarat’

Alfian Setya Saputra

Published

on

Direksi PPA

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Direksi PPA atau PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) mendapat giliran perombakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dalam perombakan ini, Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan Iman Rachman dengan hormat dari jabatan Direktur Utama PPA dan digantikan Ari Soerono.

Selain Iman, Erick Thohir juga juga memberhentikan Direktur Investasi Nasrizal Nazir dan Direktur Konsultasi Bisnis dan Aset Manajemen Dikdik Permadi Yoffana.

Pemberhentian dan pengangkatan direksi PPA ini tertuang dalam SK per tanggal 6 Agustus 2020 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota Direksi PT Perusahaan Pengelola Aset.

Sekretaris Perusahaan PPA Edi Winanto mengatakan, Iman Rachman telah mengemban tugas baru sebagai Direktur Strategi Portofolio dan New Ventures Pertamina sejak 12 Juni 2020.

Ia pun mengucapan terima kasih atas kepada jajaran direksi yang selama ini telah menyumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatan di PPA.

Selain perombakan direksi PPA, Kementerian BUMN juga melakukan perubahan nomenklatur perusahaan, yaitu jabatan Direktur Investasi diubah menjadi Direktur Investasi 1 dan Direktur Investasi 2.

“Kemudian Direktur Konsultasi Bisnis dan Aset Manajemen diubah menjadi Direktur Restrukturisasi, Direktur Keuangan dan Dukungan Kerja diubah menjadi Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, dan penambahan satu jabatan baru yaitu Direktur Hukum dan SDM,” ujarnya, Kamis (6/8/2020).

Susunan Direksi PPA Terbaru :

Direktur Utama: Ari Soerono
Direktur Investasi 1: Andry Setiawan
Direktur Investasi 2: Yadi J. Ruchandi
Direktur Restrukturisasi: Rizwan Rizal Abidin
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: M Teguh Wirahadikusumah
Direktur Hukum dan SDM: R. M. Irwan

Edi menjelaskan, PPA mendapat tugas dari Erick Thohir untuk menangani BUMN-BUMN yang masuk dalam kategori sekarat.

Di awal tahun 2020, Edi mengatakan terdapat 10 BUMN yang masih dalam penanganan PPA melalui kegiatan restrukturisasi atau revitalisasi BUMN sesuai penugasan dari Menteri BUMN.

Daftar BUMN yang dalam penanganan PPA saat ini seperti PT PAL Indonesia (Persero), PT Dirgantara Indonesia (Persero), PT Industri Kapal Indonesia (Persero) dan PT Boma Bisma Indra.

Dalam hal ini, PT PPA memberikan dukungan pembiayaan atau financing kepada BUMN tersebut.

Selain itu, PPA juga membantu sejumlah BUMN lainnya, seperti PT Merpati Nusantara Airlines (Persero), PT Survai Udara Penas (Persero), PT Industri Gelas (Persero), PT Kertas Kraft Aceh (Persero), PT Industri Sandang Nusantara (Persero), PT ISN dan PT Kertas Leces (Persero) yang sudah dinyatakan pailit.

Namun Edi menyebut hingga kini PPA belum mendapatkan arahan lanjutan dari Erick Thohir terkait penanganan sejumlah BUMN ‘bermasalah’ tersebut.

“Meski begitu, kami tetap berkordinasi dengan Kementerian BUMN untuk menyampaikan laporan monitoring, hasil kajian, opsi restrukturisasi dan revitalisasi BUMN, dan berbagai hal terkait lainnya,” tandasnya. []

Jasa Keuangan

Utang PNM Senilai Rp390 Milliar Kepada Investor Lunas

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Utang PNM

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Utang PNM atau PT Permodalan Nasional Madani (Persero) senilai Rp390 miliar resmi dilunasi pada Jumat, (25/9/2020).

Utang PNM itu berupa surat utang jangka menengah atau medium terms notes (MTN) XVIII tahun 2018 Seri A.

Surat utang jangka menengah ini digunakan pihak PNM untuk modal kerja yang disalurkan sebagai pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan ultra mikro yang jatuh tempo pada 27 September 2020.

Sunar Basuki selaku Executive Vice President Keuangan dan Operasional PT PNM (Persero) mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen menjaga kepercayaan investor.

Salah satunya dengan melunasi setiap utang PNM dan kewajiban yang akan jatuh tempo termasuk, surat utang jangka menengah tahun 2018.
Menurut Basuki, meskipun PT PNM juga terdampak pandemi covid-19, namun likuiditas perusahaan masih tetap terjaga.

“Hal itu lantaran ekonomi nasabah yang kami biayai saat ini kembali bangkit. Pertumbuhan penyaluran pembiayaan sudha terjadi sejak awal semester II tahun ini, dan menjadi momentum kebangkitan kinerja perseroan,” kata Basuki di Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Tercatat hingga 24 September 2020, penyaluran pembiayaan dari PNM sudah mencapai Rp16,0 triliun untuk program Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) dan PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Pada periode yang sama, outstanding PT PNM mencapai Rp19,1 triliun, sementara rasio non performing loan (NPL) konsolidasi pada level 1,38 persen

“Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, kami telah menyalurkan pembiayaan kepada 6.838.121 nasabah. Agar dapat tetap produktif selama pandemi, perseroan juga tetap memberikan pelatihan dan pendampingan kepada nasabah melalui Program Pengembangan Kapasitas Usaha,” jelasnya.

Sebagai informasi, surat utang jangka menengah (MTN) XVIII PT PNM tahun 2018 Seri A diterbitkan pada 27 September 2018 dan memiliki besaran bunga 9,25 persen.

Sebelumnya, perusahaan pembiayaan ini juga telah melunasi Obligasi Berkelanjutan II Tahap 1 Seri A Tahun 2017 sebesar Rp750 milliar yang jatuh tempo pada 12 Juli lalu.

Saat ini PT PNM memiliki lebih dari 3.000 kantor layanan di seluruh daerah di Indonesia yang melayani Usaha Mikro dan Kecil di 34 Provinsi, 427 Kabupaten/Kota, dan 4.290 Kecamatan.

Continue Reading

Perbankan

3.000 Peserta Ramaikan bjb Cycling DigiCash V-Ride

MediaBUMN

Published

on

bjb Cycling

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Sebanyak 3.000 peserta meramaikan gelaran event sepeda bjb Cycling DigiCash V-Ride Series 4 yang diselenggarakan pada Minggu (27/9/2020). Kemeriahan yang tersaji dalam pagelaran kali ini mengulangi suasana semarak yang telah berhasil diciptakan dalam rangkaian tiga seri bjb Cycling DigiCash V-Ride.

Sedari pagi, para peserta yang telah dibekali racepack sudah menunggu detik-detik perlombaan yang dimulai pukul 06.00 WIB-09.00 WIB ini. Ribuan pesepeda yang berasal dari berbagai daerah di tanah air ini nampak antusias mengikuti ajang bersepeda di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan antusiasme masyarakat terus tumbuh seiring bertambahnya seri perlombaan. Hal ini menunjukkan betapa ajang bersepeda yang dicetuskan bank bjb amat dinanti-nantikan oleh publik.

“bank bjb mengapresiasi tingginya minat dan antusiasme masyarakat dalam mengikuti perlombaan yang diselenggarakan perseroan. Kami juga berterima kasih kepada para peserta yang telah menjunjung tinggi sportivitas dan menunjukkan sikap yang baik dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat. Diharapkan event ini akan memberi manfaat kebugaran fisik dan mental kepada seluruh peserta sebagai bekal positif menghadapi situasi Adaptasi Kebiasaan Baru,” kata Widi.

bjb Cycling

Semarak antusiasme tak hanya tersaji pada saat penyelenggaraan yang menjadikan Kota Tegal sebagai tuan rumah pada seri ke-4 ini. Sebelum lomba dimulai, gelombang antusiasme kentara terasa dalam masa pendaftaran. Tiket peserta yang disediakan panitia habis dalam hitungan 6 jam. Padahal, bank bjb membuka masa pendaftaran reguler dari 11-16 September 2020. Atas permintaan dari masyarakat yang belum mendapat kesempatan, bank bjb menyelenggarakan pendaftaran peserta tambahan sebanyak dua kali.

Suasana keseruan juga terjadi setelah perlombaan digelar. bank bjb memberikan hadiah door prize kepada para peserta yang beruntung berdasarkan hasil undian. Proses pengundian yang ditayangkan secara live di official channel YouTube bank bjb dibawakan secara meriah oleh Rony Urban & Nuffa Ponggol dan diselingi performance Mr. Jono & Joni yang semakin menambah suasana semarak.

Peserta yang mendapatkan door prize pada bjb Cycling DigiCash V-Ride Series 4 ini antara lain Indra Setiawan asal Kota Bandung dengan nomor V-Ride 0366 yang mendapat hadiah 1 Ecosmo Z9 Earth Edition, Fitriyana asal Kab. Bekasi dengan nomor V-Ride 2466 yang mendapat hadiah 1 United Trifold Orange, dan Arya Gathot Sasangka dari Kota Tegal dengan nomor V-Ride 2223 yang mendapat hadiah 1 Smart TV 49 inchi. Selain sepeda dan televisi, bank bjb juga memberikan hadiah menarik lainnya kepada mereka yang beruntung.

Sepanjang penyelenggaraan seri ke-1 hingga ke-4, total jumlah peserta yang ikut menyemarakkan event ini mencapai lebih dari 9.000 orang. Bagi yang belum berkesempatan mengikuti event solo cycling ini, jangan berkecil hati, karena seri ke-5 segera menanti, jangan sampai ketinggalan, selalu ikuti informasi di akun resmi media sosial (Instagram) @bankbjb, @bankbjb_digicashvride dan website resmi www.bankbjb.co.id.

bjb Cycling

Keseruan bjb Cycling DigiCash V-Ride ini akan berlanjut pada Series 5 alias seri terakhir. Seperti seri yang sudah rampung, semarak gebyar hujan hadiah juga akan tetap dipersembahkan pada seri penutup ini. Grand prize berupa sepeda Brompton juga sudah menunggu bagi peserta beruntung yang mengikuti keseluruhan seri dari awal hingga pamungkas.

Pendaftaran dapat dilakukan di website bank bjb. Cara pendaftarannya, lakukan registrasi di website www.bankbjb.co.id, kemudian klik menu tentang bank bjb, lalu pilih profil, pilih menu events dan klik DigiCash V-Ride, lalu klik daftar sekarang untuk registrasi dan buatlah akun untuk mengisi form yang sudah ditentukan. Langkah selanjutnya adalah mengisi form dengan informasi yang benar. Setelah pengisian, peserta akan diarahkan untuk mendaftar event dengan mengklik register.

Setelah pendaftaran selesai, lakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi bjb DigiCash. Download aplikasi bjb DigiCash di Play Store atau App Store, lalu buka aplikasi yang sudah didownload dan lakukan _top up DigiCash, lakukan pembayaran dengan scan barcode atau download QR Code yang Anda dapatkan dari form pembayaran. []

Continue Reading

Perbankan

Program Racing Poin SMS Banking Telkomsel Bagikan Hadiah Tandamata kepada Nasabah bank bjb

MediaBUMN

Published

on

Racing Poin

MEDIABUMN.COM, Jakarta – bank bjb bekerja sama dengan Telkomsel membagi-bagikan hadiah kepada para nasabah yang telah mengikuti program Racing Poin SMS Banking Telkomsel. Persembahan Tandamata berupa hadiah satu unit mobil Daihatsu Sigra, 5 unit Samsung Galaxy A9, dan pulsa Telkomsel senilai 100 ribu setiap bulan diberikan kepada pemenang terpilih melalui mekanisme undian dan penukaran langsung.

Hadiah 1 unit mobil Daihatsu Sigra diberikan melalui mekanisme undian kepada nasabah dengan nomor 082161883xxx dari bank bjb Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pangleseran, Kabupaten Sukabumi, Yulinda Sari Lontoh. 5 unit Samsung Galaxy A9 yang juga lewat pengundian dimenangkan oleh nasabah dengan nomor 08123668xxx dari KC Majalengka atas nama Eva K. Panjaitan, nasabah dengan nomor 082116634xxx atas nama Rudi N dari KCU Bandung, nasabah dengan nomor 081291233xxx atas nama Nova Noviandini dari KCP Cimone Serang, nasabah dengan nomor 082149039xxx atas nama Tutik Haryati dari KCP Cirendeu Tangerang Selatan, dan nasabah dengan nomor 082310903xxx. Sedangkan pulsa 100 ribu diserahkan kepada nasabah yang melakukan transaksi tertinggi via bjb DIGI setiap bulannya selama masa program yang merentang dari 1 November 2019-30 April 2020.

Racing Poin

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan Racing Poin SMS Banking Telkomsel merupakan program pemberian hadiah kepada para nasabah setia yang juga berstatus sebagai pengguna provider Telkomsel. Racing Poin SMS Banking Telkomsel merupakan salah satu program promosi berhadiah undian berdasarkan poin yang dikembangkan oleh bank bjb dan Telkomsel dalam rangka meningkatkan daya saing produk digital banking khususnya meningkatkan akuisisi user bjb DIGI.

“Program Racing Poin SMS Banking Telkomsel ini merupakan hasil kolaborasi bersama yang dirancang untuk memberikan apresiasi dan Tandamata kepada nasabah setia bank bjb yang selama ini telah mengiringi langkah perseroan dalam bertumbuh dan berkembang bersama. Program Racing Poin SMS Banking Telkomsel juga bertujuan untuk memacu peningkatan transaksi perbankan melalui _electronic channel bank bjb terutama melalui aplikasi bjb DIGI. Melalui stimulus hadiah yang diberikan, diharapkan nasabah akan semakin terpacu untuk meningkatkan transaksi melalui bjb DIGI (bjb SMS) dan dapat memanfaatkan fasilitas electronic channel yang disediakan bank bjb untuk menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi,” kata Widi.

Para peserta dan pemenang program merupakan nasabah aktif bank bjb dan pengguna provider Telkomsel. Program Racing Poin SMS Banking Telkomsel ini dapat dinikmati oleh nasabah yang memiliki Tabungan Tandamata, Tabungan Tandamata Gold, Tabungan Tandamata Bisnis, Tabungan Simpeda, Tandamata Sertifikasi Guru, Tandamata Purnabakti Taspen, Tabungan Simpel, Tabungan BSA, Tandamata Purnabakti, Tandamata (TKI), Tandamata My First, dan Tabunganku.

Racing Poin

Selain memiliki tabungan, nasabah juga harus melakukan aktivasi aplikasi bjb DIGI. Nasabah diwajibkan melakukan transaksi melalui bjb SMS, bjb UMB *141*373# dan SMS Notifikasi yang terdapat dalam bjb DIGI di mana dalam setiap transaksi bank bjb akan memberikan poin sebagai bekal untuk mengikuti undian. Undian hadiah utama 1 unit mobil Daihatsu Sigra diikuti nasabah nasabah yang memiliki minimal 600 poin. Sedangkan 5 unit Samsung Galaxy A9 diikuti nasabah di atas threshold 180 poin. Sementara pulsa Telkomsel 100 ribu diberikan kepada nasabah yang tercatat melakukan transaksi tertinggi pada setiap bulannya.

Kehadiran program ini mendapat sambutan hangat dan penuh antusias dari masyarakat. Buktinya, jumlah pengguna aktif aplikasi bjb DIGI serta volume transaksi menggunakan layanan E-Channel andalan bank bjb ini meningkat cukup signifikan. Ke depan, bank bjb akan terus menggelar program-program berhadiah lainnya untuk menarik minat dan membangkitakan antusiasme nasabah loyal agar dapat memanfaatkan fasilitas E-Channel bank bjb untuk mendukung kemudahan transaksi. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM