Direksi BUMN Akan Diganti? Ini Kriteria Menteri Rini!

oleh
Direksi BUMN

Direksi BUMN ramai dibicarakan akan diganti beberapa hari belakangan ini. Meskipun demikian Kementerian BUMN melalui Menteri Rini Soemarno belum memberikan tanda-tanda akan adanya pergantian.

Dalam satu kesempatan Rabu lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Sumarno hanya mengungkapkan bahwa selama ini pencapaian kinerja BUMN baik dan buruknya tidak lepas dari sosok-sosok pemimpin setiap BUMN. Pemimpin yang dalam hal ini adalah jajaran direksi yang berada di dalam setiap perusahaan BUMN. Perusahaan akan dapat bertahan apa pun kondisi ekonomi dan lingkungan di negara apabila pemimpin dan orang-orang yang menjalankan mengelola dengan sepenuh hati.

Selanjutnya, Rini menjelaskan bahwa ada tiga kriteria yang harus dimiliki leader atau Direksi BUMN.

Pertama, leader harus memiliki integritas alias kecintaan terhadap negara dan tanah air Indonesia. Kedua, seorang pimpinan BUMN harus mempunyai nurani pengabdian kepada masyarakat, sesuai dengan tugas dasar BUMN yaitu melayani masyarakat Indonesia dengan sepenuh hati. Terakhir, menurut Rini pimpinan harus governance dan comply terhadap segala tata aturan.

Jika pemimpin dan Direksi BUMN memiliki tiga kriteria di atas, maka tidak akan ada lagi pelanggaran yang menyebabkan terganggunya stabilitas perusahaan.

Generasi Muda Penerus Direksi BUMN

Berdasarkan kriteria Direksi BUMN yang diungkapkan, Rini berpesan pula pada generasi muda. Semua generasi muda yang sudah lama merintis usaha dan baru akan memulainya. Pesan tersebut menyebutkan bahwa generasi muda harus terus menjaga integritas dan terus berinovasi dalam bisnis dan usahanya. Dengan integritas dan inovasi maka usaha yang dibangun akan dapat bersaing di pasar lokal dan internasional.

Rini berpesan demikian karena perekonomian Indonesia di masa depan akan terus maju dan berkembang. Di tangan generasi mudalah hal tersebut bisa tercapai.

Pesan khusus kepada generasi muda pengusaha tersebut disampaikan Rini saat mengakhir penjelasan tentang kriteria Direksi BUMN.

Rini berharap dengan integritas, inovasi, dan tetap menjaga kelestarian lingkungan akan menghasilkan produk-produk Indonesia yang berkualitas. Di tangan generasi muda yang merupakan usia produktif dan menjadi mayoritas penduduk Indonesia saat ini perekonomian Bangsa Indonesia akan terus bergulir. Guliran yang meski awalnya kecil akan terus membesar dan menjadi kekuatan dunia. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *