Connect with us
PERTAMINA

Jasa Pelayanan & Logistik

Digitalisasi Layanan Kepelabuhan IPC Dipercepat

EKO PRASETYO

Published

on

Digitalisasi layanan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Digitalisasi layanan Kepelabuhan dipercepat oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC memasuki era normal baru (new normal). Digitalisasi layanan kepelabuhan ini tidak hanya pada penerapan teknologi terbaru, tetapi juga menyangkut proses kerja dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Direktur Utama IPC Arif Suhartono mengatakan, untuk mempercepat pergeseran layanan kepelabuhanan ke arah digital, membutuhkan komitmen kuat semua pemangku kepentingan.

“IPC akan terus mendorong semua pihak, terutama para pengguna jasa untuk bersama-sama melakukan transformasi ke arah aktivitas bisnis digital,” ujar Arif Suhartono, Jumat (19/6/2020).

Menurutnya, digitalisasi layanan kepelabuhan dibagi dua fokus, yakni internal dan eksternal.

Di lingkungan internal, sudah diterapkan beberapa sistem dengan aplikasi digital, yang mencakup layanan di daerat seperti terminal pelabuhan, pergudangan dan layanan transportasi di area pelabuhan.

Di sisi laut, IPC memanfaatkan teknologi inaportnet serta aplikasi digital lain untuk aktivitas labuh, kapal pandu, kapal tunda, dan tambat. Di sisi terminal aplikasi, NPK TOS, Car Terminal Operating digunakan untuk kegiatan bongkar muat serta pemindahan barang.

Sementara di lingkungan eksternal, khususnya pengguna jasa pelabuhan sudah dikenalkan dengan layanan elektronik atau e-Service yang memudahkan pelayanan secara online tanpa harus datang ke pelabuhan.

“E-service ini di antaranya layanan registrasi, pembayaran, tracking, booking, billing, dan pengaduan pelanggan. Selama pandemi Covid-19, berbagai aplikasi digital yang disiapkan IPC cukup efektif menjamin kelancaran layanan kepelabuhanan,” ujarnya.

Arif mengatakan, di era normal baru ini, pemanfaatan platform e-Service terus akan diperkuat.

Ia pun mendorong pengguna jasa terus memanfaatkan layanan ini dan melanjutkan kebiasaan-kebiasaan baru yang sesuai dengan penerapan protokol kesehatan, yang mengurangi pertemuan langsung atau tatap muka.

Sejak lima tahun lalu, pihaknya sudah memperkenalkan Port Community System (PCS) yang bisa digunakan sebagai platform bersama bagi semua yang punya kepentingan di pelabuhan.

Sistem ini untuk memfasilitasi pertukaran informasi, data dan dokumen secara cepat dan mudah.

Namun pemanfaatan PCS belum secepat yang diharapkan, karena perlu mengubah kebiasaan-kebiasaan lama.

“Jika nantinya seluruh pelabuhan di Indonesia sudah menerapkan pelayanan secara digital dan terintegrasi, akan tercipta bisnis baru di pelabuhan yang lebih cepat, mudah dan transparan. Saya yakin era normal baru ini akan mendorong kita semua untuk mengarah pada pemanfaatan digitalisasi untuk mempercepat semua pelayanan di pelabuhan,” pungkasnya. []

Airport Services

Angkasa Pura I Berikan Bantuan kepada Korban Banjir Banjar dan Manado

MediaBUMN

Published

on

Korban Banjir

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Manajeman dan karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) menginisiasi pemberian bantuan kepada warga yang terdampak bencana banjir di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan dan Kota Manado Sulawesi Utara. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Angkasa Pura I dan komunitas bandara kepada para korban bencana.

Bantuan berupa makanan dan barang kebutuhan sehari-hari telah diberikan sebanyak tiga kesempatan sejak 15 Januari hingga 25 Januari 2020 oleh manajemen dan karyawan kantor cabang serta komunitas bandara. Pada 15 Januari, bantuan berupa bahan makanan seperti 50 karung beras, 500 kaleng ikan sarden, 50 dus mie instan diserahkan oleh Manajemen Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar untuk warga di Martapura Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Selain Kantor Cabang Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, sejak 23 hingga 25 Januari, Asosiasi Karyawan Angkasa Pura I (AKA) Kantor Cabang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan serta beebrapa komunitas bandara juga memberikan bantuan makanan dan barang-barang kebutuhan pokok senilai Rp50.000.000,- kepada warga terdampak banjir di Kalimantan Selatan.

Adapun komunitas Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang turut berpartisipasi memberikan bantuan yaitu Angkasa Pura Logistik Cabang Bandara Balikpapan, Angkasa Pura Supports Cabang Bandara Balikpapan, Angkasa Pura Retail Cabang Bandara Balikpapan, Angkasa Pura Hotel Cabang Bandara Balikpapan, Bogajaya, Nindya Karya Cabang Bandara Balikpapan, Aerofood ACS Cabang Bandara Balikpapan. Selain manajemen Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, turut pula maskapai Garuda Indonesia serta Lion Group berpartisipasi dan memfasilitasi barang bantuan dapat terkirim ke tujuan

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan dan karyawan Angkasa Pura I serta komunitas bandara kepada warga terdampak banjir di Kalimantan Selatan dan Manado. Manajemen juga mengapresiasi inisiasi para karyawan yang dengan sukarela memberikan bantuan kepada korban banjir. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga korban banjir,” ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan.

Sebelumnya, pada 19 Januari, Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Sam Ratulangi Manado juga memberikan bantuan berupa ratusan nasi bungkus kepada warga terdampak banjir di empat kelurahan di Manado yaitu Kelurahan Ternate Tanjung – Kecamatan Singkil, Kelurahan Karame – Kecamatan Singkil, Kelurahan Bailang – Kecamatan Bunaken, Kelurahan Tanjung Batu – Kecamatan Wanea. Bantuan ratusan nasi bungkus ini diserahkan kepada petugas masing-masing kelurahan untuk didistribusikan kepada warganya. []

Continue Reading

Jasa Pelayanan & Logistik

Pos Indonesia Pastikan Tetap Beroperasi Pasca Gempa Majene Dan Mamuju

MediaBUMN

Published

on

gempa bumi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pos Indonesia memastikan seluruh layanan Kantor Pos telah beroperasi di dua kawasan yang telah dilanda bencana gempa bumi bermagnitudo 6,2 SR, yakni di Kabupaten Majene pada Jumat (15/1), yang berdampak langsung ke Kota Mamuju, Sulawesi Barat dan wilayah sekitarnya.

Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia (Persero) Tata Sugiarta menyampaikan bahwa walaupun beberapa Kantor Pos di Majene dan Mamuju terdampak dan sempat mengalami gangguan namun sejak 22 Januari 2021 telah dapat memberikan pelayanan pos meski dalam bentuk pelayanan darurat.

Masyarakat dapat memanfaatkan 18 Kantor Pos di wilayah Majene dan Mamuju yaitu Kantor Pos Cabang (KPC) Pasangkayu, Kpc Topoyo, Kpc Campalagian, Kpc tinambung, Kpc Wonomulyo, Kpc Polewali, Kpc Mamasa, Kpc Sumarorong, Kpc Majene, Kpc Pekkabata, Kpc karossa, Kantor Pos Mamuju, Kpc Malunda, Kpc Tappalang, Kpc Kalukku, Kpc Tarailu, Kpc mambiyang, dan Kpc Somba yang sudah dapat melayani untuk bertransaksi jasa keuangan maupun pengiriman barang baik di lokasi Kantor Pos maupun di loket pelayanan yang dibangun secara darurat sebagai loket layanan sementara.

Saat ini masih terdapat kendala pada segmen proses antaran kiriman karena di Kota Mamuju, Tapalang, dan Malunda masih banyak penduduk yang mengungsi. Adapun solusi yang dilakukan oleh Pos Indonesia untuk mengatasi kendala oleh Gangguan Kawasan tersebut adalah dibentuk tim Squad untuk secara proaktif menelepon penerima kiriman, setelah konfirmasi dengan penerima maka treatment antaran nya adalah diantar langsung sesuai alamat, diantar ke alamat setelah konfirmasi atau diambil di kantor pos.

“Pos Indonesia tetap menyiagakan unit kerjanya untuk dapat memberikan pelayanan Kantor Pos agar kegiatan perekonomian dapat segera berangsur pulih dan masyarakat dapat segera melewati situasi ini” ungkap Tata.

Pos Indonesia memastikan akan terus hadir di tengah – tengah masyarakat untuk meringankan beban para korban agar dapat melewati bencana ini. Sebagai bentuk kepedulian, Pos Indonesia tengah menyiapkan bantuan melalui program CSR Pos Peduli. Bantuan seperti ini sudah seringkali dilakukan Pos Indonesiaebagai bentuk kepedulian dan ketulusan Pos Indonesia kepada masyarakat, khususnya warga yang terdampak bencana. []

Continue Reading

Airport Services

Pegawai AP1 Balikpapan dan Komunitas Bandara SAMS Sepinggan Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir Kalsel

MediaBUMN

Published

on

Banjir

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bencana Banjir yang terjadi di beberapa titik Provinsi Kalimantan Selatan sejak Senin 18 Januari 2021, karyawan dan karyawati PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan bersama komunitas Bandara yaitu Angkasa Pura Logistik, Angkasa Pura Supports, Angkasa Pura Retail, Angkasa Pura Hotel, Bogajaya, Nindya Karya, Aerofood ACS dan Asosiasi Karyawan Angkasapura I Balikpapan (AKA) bersinergi membantu korban bencana banjir berupa makanan dan barang kebutuhan sehari-hari yang nilainya sekitar 50 Juta Rupiah.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Barata Singgih Riwahono mengatakan, mengatakan nahwa sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana Banjir di Kalimantan Selatan, karyawan dan karyawati PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan beserta para komunitas Bandara SAMS Sepinggan turut memberikan bantuan berupa makanan dan barang-barang kebutuhan pokok yang dapat dimanfaatkan segera.

Banjir

“Selain manajemen Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, turut pula maskapai Garuda Indonesia serta Lion Group berpartisipasi dan memfasilitasi barang bantuan dapat terkirim ke tujuan,” ujar Barata.

Untuk jumlah bantuan yang telah terkirim ke Kalimantan Selatan Barata mengungkapkan, “Secara total sebanyak 85 Koli atau sekitar 1,3 Ton. Pengiriman bantuan tersebut dikirimkan secara bertahap yang dimulai sejak tanggal 23 Januari 2021 sampai hari ini telah selesai terkirim semuanya.”

Lebih lanjut Barata mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi kepada seluruh karyawan dan karyawati PT Angkasa Pura I Balikpapan serta para Komunitas Bandara SAMS Sepinggan yang telah terlibat dalam aksi bantuan kemanusiaan tersebut.

“Semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban para warga yang terdampak Banjir dan diberikan ketabahan serta kekuatan menghadapi musibah ini,” ujar Barata. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!