Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Deretan Bos Bank Pelat Merah, Siapa Paling Tajir?

Published

on

Bank pelat merah

Bank pelat merah atau bank dengan kepemilikan saham terbesar adalah pemerintah, dalam hal ini kementerian BUMN saat ini mendominasi dunia perbankan Indonesia.

Dominasi bank ini terlihat dari kategori Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) 3 dan 4. Tiga dari enam bank yang temasuk kategori BUKU 4, yaitu bank dengan modal inti lebih dari Rp30 triliun, adalah bank BUMN. Bank tersebut, yaitu PT Bank rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk. Sementara PT Bank Tabungan Negara Tbk termasuk dalam kategori BUKU 3, bank dengan modal ini Rp5 triliun sampai Rp30 triliun.

Total laba bank pelat merah sepanjang tahun 2018, Rp70,20 triliun. Laba yang berarti setengah dari laba seluruh bank yang beroperasi di Indonesia, sebesar Rp150,01 triliun.

Dengan laba yang besar, tentunya direksi bank pelat merah juga mempunyai kekayaan yang melimpah.

Kekayaan Direksi Bank Pelat Merah

Wakil Direktur Bank Mandiri, Sulaiman Arif Arianto, merupakan jajaran direksi dengan kekayaan terbesar. Sulaiman menjadi satu-satunya direksi bank pelat merah yang kekayaannya lebih dari Rp100 miliar.

Berdasarkan laporan kekayaan yang dimiliki per Maret tahun 2018, harta Sulaiman mencapai Rp138,05 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari pendapatan kas dan setara kas sebesar Rp97,68 miliar, tanah dan bangunan senilai Rp20,76 miliar, dan harta berupa surat berharga 10,62 miliar.

Hal yang wajar mengingat karir Sulaiman sudah dimulai tahun 1983, dua tahun sejak kelulusannya dari Institut Pertanian Bogor. Karir dimulai dari BRI dan pernah menjabat sebagai Direktur Bisnis Mikro BRI tahun 2006 hingga 2009, dan Direktur Komersial tahun 2009 sampai 2015.

Pemilik kekayaan terbesar kedua dari jajaran bank pelat merah adalah Wakil Direktur BRI, Sunarso. Berdasarkan laporan Maret 2018, mantan Direktur Utama PT Pegadaian ini memiliki kekayaan sebesar Rp84,27 miliar. Kekayaan yang dimiliki kedua wakil direktur bank pelat merah tersebut jauh dari direktur utamanya.

Sebut saja, Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wijoatmodjo, yang melaporkan kekayaan sebesar Rp33,09 miliar, September 2007. Begitu pula dengan Direktur Utama BRI, Suprajarto dengan kekayaan Rp57,40 miliar, Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni yang melaporkan kekayaan Rp69,66 miliar, dan Direktur Utama BTN, Maryono dengan kekayaan sebesar Rp27,95 miliar. []

Asuransi

Tekan Angka Laka Lantas Di Wilayah Industri, Jasa Raharja Kepri Lakukan Sosialisasi Safety Riding Bersama Polresta Barelang Di PT Tenaris Hydril

Published

on

Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Jasa Raharja sebagai Badan Usaha yang memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat korban kecelakaan melalui program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum dan Program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan terus berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terus berupaya untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, dengan berkolaborasi bersama mitra kerja terkait untuk terus melakukan upaya preventif, diantaranya melalui sosialisasi keselamatan berlalu lintas di wilayah industri kota batam yang cukup banyak beroperasi di Kota Batam.

Sosialisasi yang diikuti oleh seluruh karyawan dan jajaran manajemen di PT Tenaris Hydril ini diadakan di Aula Kantor Tenaris Hydril, Nongsa Batam pada Jumat (24/06) dengan narasumber kolaborasi antara Jasa Raharja Kepri dan Polresta Barelang. Materi yang disampaikan oleh Kepala Unit Operasional & Humas Jasa Raharja Kepulauan Riau, Toif Riyanto, pada sosialisasi tersebut diantaranya adalah hak dan kewajiban pemilik kendaraan bermotor yang perlu dipahami serta peran dan fungsi dari Jasa Raharja bagi masyrakat.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas, yakni aturan dalam berlalu lintas bagi pengguna jalan, rambu lalu lintas dan marka jalan, sanksi terhadap pelanggaran lalu lintas dan langkah-langkah keselamatan dalam berkendara yang dibawakan oleh Iptu Armed Sumedi.

Toif menjelaskan, perlunya sosialisasi ini dilaksanakan di wilayah industri dan pabrikasi di Kota Batam ini, melihat dari data korban kecelakaan lalu lintas bahwa para pekerja dan karyawan memiliki kontribusi yang tinggi menjadi korban kecelakaan di Provinsi Kepri dan sebagian besar korbannya masih muda dan usia produktif.
“Seperti yang sering kita lihat di jalan, masih banyak para pengendara yang berkendara tidak tertib atau tidak sesuai dengan standar keselamatan, maka perlu adanya sosialisasi yang dapat memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan dan profesi yang cukup mayoritas di Kota Batam ini sebagai bentuk upaya pencegahan terjadinya kecelakaan,” jelas Toif.

Jasa Raharja mengimbau kepada kaum muda usia produktif, khususnya para pelajar dan mahasiswa, agar membudayakan tertib berlalu lintas, menggunakan helm, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan bersama. []

Continue Reading

Asuransi

Tingkatkan Sinergi, Jasa Raharja Fasilitasi Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Samsat Prabumulih

Published

on

PT Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Salah satu upaya PT Jasa Raharja Cabang Sumatera dalam meningkatkan sinergi bersama mitra kerja, dengan terus berkolaborasi melalui kegiatan-kegiatan bersama mitra., sepeti halnya kali ini PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan berpartisipasi dalam kegiatan Pengobatan Gratis dan Donor Darah “Donor Cinta Sriwijaya” yang dilaksanakan di Samsat Prabumulih.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan Abdul Haris menyampaikan dalam kegiatan ini Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan memfasilitasi dengan pengobatan gratis bagi wajib pajak dan masyarakat di sekitar samsat prabumulih dengan menyediakan pemeriksaan kesehatan, seperti pemeriksaan asam urat,kolestrol dan gula darah serta disediakannya juga obat-obatan, kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan donor bersama PMI Prabumulih. Hadir dalam kegiatan ini KUPTB Samsat Prabumulih Ariswan, SE. MM Ketua PMI Provinsi Sumatera Selatan Febrita Lustia Herman Deru yang diwakili Dr. Fadli Kabid Organisasi PMI Penanggung Jawab Jasa Raharja Samsat Prabumulih Ficko Figama , Kasat Lantas AKP Lastari serta stake holder undangan lainnya.

Haris menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi PT Jasa Raharja bersama mitra kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam memberi dampak yang baik bagi masyarakat Prabumulih dan wujud kepedulian kepada wajib pajak maupun masyarakat prabumulih serta juga tepenuhinya Stok Darah PMI kota Prabumulih. Sekaligus dengan kegiatan kolaborasi ini mengajak masyarakat lebih mengenal Samsat , seperti kita ketahui Samsat menurut Peraturan Presiden RI Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor. Yang tak terlepas dari fungsinya yang terbagi menjadi tiga instansi pelaksana yaitu Badan Pendapatan Daerah, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah dan PT Jasa Raharja. Yang mana Jasa Raharja disini sebagai penghimpun Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan dan Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang yang mana dana yang terhimpun tersebut diperuntukan kepada masyarakat dalam memberikan kepastian jaminan bagi masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan sesuai Permenkeu RI No 15 & 16 /PMK.O10/2017 tutup haris. []

Continue Reading

Perbankan

Digital Talent BRI Torehkan Prestasi di Ajang UN World Innovation Day Hack 2022

Published

on

World Innovation Day Hack

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mendorong pengembangan talenta para pekerjanya, termasuk digital talent yang semakin dibutuhkan untuk menghadapi tantangan era digitalisasi. Optimalisasi dari upaya tersebut dibuktikan lewat keberhasilan para Insan BRILiaN atau sebutan bagi karyawan perseroan dalam meraih prestasi.

Yang terbaru, dua Insan BRILiaN telah mengharumkan nama bangsa, yakni Nur Arifin Akbar dan Nitia Rahmi. Keduanya meraih Silver Medal Finalist di UN World Innovation Day Hack 2022 sebagai Team Blockchain Center of Excellence (CoE) yang berkompetisi menciptakan ide berbasis blockchain.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha mengatakan pencapaian ini menjadi pembuktian bahwa perseroan selalu berkomitmen mendukung kinerja serta pengembangan diri para Insan BRILiaN, termasuk untuk digital talent yang semakin dibutuhkan untuk menghadapi era perkembangan teknologi seperti saat ini.

Tak hanya berupaya memperkuat layanan jasa keuangan secara digital, dengan berkarir dan menjalani profesi di bidang digital dan teknologi informasi di BRI, para pekerja juga mendapat value lainnya melalui peluang dalam meningkatkan kapasitas diri.

“Ini merupakan salah satu hasil dari transformasi culture dan digital BRI. Kami terus mendorong keinginan Insan BRILiaN untuk berprestasi, khususnya bagi generasi muda agar achievement oriented, hard-working dan memiliki semangat belajar yang tinggi,” kata Arga.

Selama ini, BRI terus mendukung pengembangan minat dan bakat para Insan BRILian. Mereka didorong untuk memaksimalkan potensi sehingga dapat meraih prestasi yang membanggakan baik di dalam maupun di luar ranah kerja. Hal ini juga menjadi kunci untuk meningkatkan competitiveness perseroan di level global.

Adapun dalam meraih prestasi tersebut, Nur Arifin Akbar dan Nitia Rahmi dimentori oleh Ketua Tim Riset Keilmuan BRI Institute Agus Trihandoyo. Tim tersebut mengangkat ide lend a book, publish, read, share and earn.

Dalam penjelasannya, Arifin mengungkapkan inovasi yang diciptakan bersama Nitia mengacu pada tren blockchain. Bagi para penjual, mereka dapat mentransfer kepemilikan semua aset digital yang terkait dengan blockchain tersebut, termasuk buku elektronik.

Misalnya penulis, kata Arifin, mereka dapat membuat kontrak saat menetapkan blockchain di mana terdapat hak atas penjualan blockchain. “Blockchain dapat digunakan untuk membuat e-book yang benar-benar unik. Dalam contoh ini jika penulis menggunakan blockchain untuk menjual e-book mereka, dan pembaca menjual kembali blockchain tersebut, e-book tersebut akan menjadi milik pembeli,” ujarnya.

Sebagai informasi, ajang tersebut diadakan setiap tahun pada 21 April untuk merayakan Hari Kreativitas dan Inovasi Dunia dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). UN World Innovation Day Hack 2022 menginiasi gagasan dan inovasi yang menjadi potensi ekonomi suatu negara. Kompetisi hackathon sendiri menjadi ajang kolaborasi yang mendorong publik untuk menggunakan keterampilan secara kreatif di bidang kesehatan dan kesejahteraan, pertumbuhan ekonomi, pekerjaan yang layak, dan pendidikan berkualitas. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh UNESCO, UNEP, dan Hackmakers dan diikuti oleh sekitar 80 negara dengan total 3.500 peserta.[]

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!