Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Deretan Bos Bank Pelat Merah, Siapa Paling Tajir?

Published

on

Bank pelat merah

Bank pelat merah atau bank dengan kepemilikan saham terbesar adalah pemerintah, dalam hal ini kementerian BUMN saat ini mendominasi dunia perbankan Indonesia.

Dominasi bank ini terlihat dari kategori Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) 3 dan 4. Tiga dari enam bank yang temasuk kategori BUKU 4, yaitu bank dengan modal inti lebih dari Rp30 triliun, adalah bank BUMN. Bank tersebut, yaitu PT Bank rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk. Sementara PT Bank Tabungan Negara Tbk termasuk dalam kategori BUKU 3, bank dengan modal ini Rp5 triliun sampai Rp30 triliun.

Total laba bank pelat merah sepanjang tahun 2018, Rp70,20 triliun. Laba yang berarti setengah dari laba seluruh bank yang beroperasi di Indonesia, sebesar Rp150,01 triliun.

Dengan laba yang besar, tentunya direksi bank pelat merah juga mempunyai kekayaan yang melimpah.

Kekayaan Direksi Bank Pelat Merah

Wakil Direktur Bank Mandiri, Sulaiman Arif Arianto, merupakan jajaran direksi dengan kekayaan terbesar. Sulaiman menjadi satu-satunya direksi bank pelat merah yang kekayaannya lebih dari Rp100 miliar.

Berdasarkan laporan kekayaan yang dimiliki per Maret tahun 2018, harta Sulaiman mencapai Rp138,05 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari pendapatan kas dan setara kas sebesar Rp97,68 miliar, tanah dan bangunan senilai Rp20,76 miliar, dan harta berupa surat berharga 10,62 miliar.

Hal yang wajar mengingat karir Sulaiman sudah dimulai tahun 1983, dua tahun sejak kelulusannya dari Institut Pertanian Bogor. Karir dimulai dari BRI dan pernah menjabat sebagai Direktur Bisnis Mikro BRI tahun 2006 hingga 2009, dan Direktur Komersial tahun 2009 sampai 2015.

Pemilik kekayaan terbesar kedua dari jajaran bank pelat merah adalah Wakil Direktur BRI, Sunarso. Berdasarkan laporan Maret 2018, mantan Direktur Utama PT Pegadaian ini memiliki kekayaan sebesar Rp84,27 miliar. Kekayaan yang dimiliki kedua wakil direktur bank pelat merah tersebut jauh dari direktur utamanya.

Sebut saja, Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wijoatmodjo, yang melaporkan kekayaan sebesar Rp33,09 miliar, September 2007. Begitu pula dengan Direktur Utama BRI, Suprajarto dengan kekayaan Rp57,40 miliar, Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni yang melaporkan kekayaan Rp69,66 miliar, dan Direktur Utama BTN, Maryono dengan kekayaan sebesar Rp27,95 miliar. []

Asuransi

ASABRI Serahkan Manfaat Jaminan Kematian

Published

on

Kematian

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT ASABRI (Persero) melalui Pjs. Kakancab PT ASABRI (Persero) Pontianak, Syafruddin Tanjung menyerahkan manfaat Jaminan Kematian (JKm) kepada istri dari Almarhum AKBP Nurwignyo, S.H.,M.Si, Kabagbinopsnal Ditbinmas Polda Kalbar, bertempat di Gedung Kantor Cabang PT ASABRI (Persero) Pontianak.

Adapun manfaat yang diserahkan kepada istri almarhum, Ny. Diah Eko Awanniarni adalah Jaminan Kematian dan Tabungan Hari Tua, untuk istri serta manfaat beasiswa melalui Taspen Life kepada anak almarhum yang masih berusia sekolah.

Pjs. Kakancab Pontianak, Syafruddin Tanjung dalam penyerahan ini menyampaikan rasa duka cita mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan, serta berharap manfaat program ASABRI yang didapatkan dapat berguna untuk keluarga. Semoga manfaat yang diserahkan ini dapat berguna bagi keluarga yang ditinggalkan, ujar Tanjung.

Mengakhiri penyerahan, istri almarhum AKBP Nurwignyo, S.H., M.Si, Ny, Diah Eko Awanniarni menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada ASABRI atas manfaat dan pelayanan yang diberikan Terima kasih kepada ASABRI, semoga kedepan tetap terbaik dan selalu berjaya dalam melayani peserta, ungkap Ny.Diah.

Serahkan NTTA & NTIP Kancab Balikpapan

Sebagai bentuk tanggung jawab PT ASABRI (Persero) Kancab Balikpapan untuk membayarkan hak-hak peserta yang berhenti dengan tidak hormat telah melaksanakan penyerahan NTTA & NTIP kepada Serka Yayan Sutrisna di Lapas Kelas II A Balikpapan.

Kematian

Penyerahan dilaksanakan oleh Tami Martansyah selaku Kabid Yanggan PT ASABRI (Persero) Kancab Balikpapan bersama I Bagus Gede Wiyata Dharma selaku Kepala Kantor Kas Mandiri Taspen Balikpapan dan istri yang bersangkutan (Pegawai Dinas Imigrasi).

Sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab PT ASABRI (Persero) dalam membayarkan hak kepada para peserta yang berlandaskan kepada prinsip 5T yang dimana didalamnya terdapat Tepat Orang, yang bersangkutan merupakan prajurit yang diberhentikan tidak dengan hormat dan saat ini berada di Lapas untuk menjalani hukuman selama 5 tahun sesuai keputusan pengadilan, sehingga PT ASABRI (Persero) menyerahkan langsung hak tersebut kepada yang bersangkutan dan didampingi oleh Bank Mandiri Taspen selaku Mitra Bayar. []

Continue Reading

Asuransi

Munadi Herlambang Pimpin Rakor Bahas Dukungan Pemulihan Wisata Borobudur

Published

on

Munadi Herlambang

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja Munadi Herlambang memimpin rapat koordinasi divisi Kelembagaan dan Strategi Korporasi untuk mendukung upaya pemulihan pariwisata Candi Borobudur. Salah satu strateginya adalah upaya revitalisasi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Kawasan wisata Candi Borobudur. Revitalisasi ini perlu dilakukan guna mendukung pemulihan pariwisata Borobudur pasca-Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Rakor tersebut dilakukan di aula pertemuan Balkondes Jasa Raharja, di Desa Giri Tengah, Magelang, Jawa Tengah, pada Rabu, 20 Oktober 2021. Rakor juga membahas strategi korporasi, kelembagaan, evaluasi progress pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tahun 2021 serta rencana tahun depan.

“Revitalisasi Balkondes di Kawasan Candi Borobudur dirasakan penting bagi Jasa Raharja seiring mulai pulihnya pariwisata di kawasan ini. Tamu-tamu wisatawan sudah mulai banyak berdatangan sekaligus untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil di kawasan ini,” jelas Munadi Herlambang dalam arahannya.

Balkondes Jasa Raharja memiliki konsep berupa desa budaya dengan pemberdayaan masyarakat, berlokasi di Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, dan memiliki luas area 2.520 meter persegi. Balkondes ini pernah digunakan pada forum internasional UN International Council of Women 2018.

Sejak dibuka pada dua minggu lalu, wisata Candi Borobudur mulai kembali didatangi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Wisatawan yang datang diharuskan sudah divaksin, menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Jumlah wisatawan yang datang sudah mulai mendekati angka 1.000 pengunjung per hari.

Selain itu, Munadi menekankan bahwa divisi Kelembagaan dan Strategi Korporasi (KSK) perlu merumuskan strategi korporasi untuk pengembangan produk-produk terkait baik di perusahaan maupun anak perusahaan yang dapat meningkatkan value added, sekaligus meningkatkan Social Return of Investment.

Pada kesempatan tersebut, Munadi Herlambang juga membagikan paket sembako sebanyak 150 paket di Kampung Penghayat Kapitayan Palang Putih Nusantara, Dusun Onggosoro, dan
Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. []

Continue Reading

Asuransi

Laksanakan Program TJSL, ASABRI Salurkan Bantuan Untuk Masjid di Bekasi dan Bedah Rumah di Ambon

Published

on

TJSL

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT ASABRI (Persero) berkomitmen penuh dalam melaksanakan program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan). Perseroan, terus mendukung berbagai kegiatan sosial yang menjadi tanggung jawab perusahaan.

Belum lama ini, ASABRI melakukan penyaluran bantuan TJSL kepada Masjid Jami Al-Ikhlas di daerah Jakasampurna, Bekasi (15/10). Bantuan tersebut berupa penyediaan sarana dan prasarana yang diperuntukan untuk pembangunan masjid dan diserahkan secara simbolis kepada Ketua RT setempat serta disaksikan oleh beberapa perwakilan masyarakat dan panitia pembangunan masjid.

“Kami mewakili warga Jakasampurna, Bekasi mengucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya kepada PT ASABRI yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan masjid ini, semoga menjadi amal ibadah bagi para karyawannya,” Ujar AKP (Purn) Sugiyanto selaku Ketua RT setempat.

TJSL

Sugiyanto mengatakan bahwa pembangunan masjid ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas umum masyarakat yakni masjid agar lebih nyaman dan layak saat digunakan saat beribadah.

Sebelumnya, ASABRI juga melakukan aksi sosial lainnya di Kota Ambon tepatnya di Desa Halong Kecamatan Sirimau, dimana Perseroan melalui Kancab Ambon melaksanakan program TJSL Bedah Rumah (07/10).

Adalah rumah dari PNS Purnawirawan Angkatan Laut an. Matius Katimin yang dilakukan pembedahan rumah yang sebelumnya rumah tersebut dinilai tidak layak. Diawali dengan survey, koordinasi dengan pemilik rumah, mengecek sertifikat dan telah memenuhi syarat.

Hasil bedah rumah telah diserahkan langsung kepada bapak Katimin disaksikan oleh Ketua RT. Sebagai rasa syukur bapak Katimin langsung menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT ASABRI (Persero) dan mendoakan semoga PT ASABRI (Persero) selalu diberkati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!