Data Center Telkom di Manado Resmi Dioperasikan

oleh
Data Center Telkom

Data Center Telkom di Manado Sulawesi Utara pada pekan ini secara resmi telah dioperasikan. Adapun PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk mulai mengoperasikan fasilitas Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) NeuCentrIX yang terkoneksi secara seamless, baik cakupan domestik maupun cakupan global.

NeuCentrIX adalah konsep data center Telkom yang terbuka serta netral bagi seluruh operator dan sebagai agregasi antara network, eyeball, dan content digital. Kehadiran neuCentrIX diharapkan mampu menggerakkan perekonomian digital di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Layanan Telkom Grup Tetap berjalan Normal Pasca Tsunami Selat Sunda 

Maka itu, peran neuCentrIX sebagai fasilitas data center Telkom sangat kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai penghubung dan hub internet dunia.

Direktur Network & IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin menyampaikan NeuCentrIX di Manado merupakan fasilitas data center tier-2 seluas 460 meter persegi dengan ruang IT hall seluas 227 meter persegi.

Menurut Sulhelfi, data center Telkom tersebut terletak pada lokasi strategis Second Gateway yang merupakan pintu konektifitas global dan main Point of Presence (PoP). Hal itu adalah agregasi network nasional, sehingga akan memperbaiki latency, packet loss dan jitter HSI ke Amerika Serikat dan untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Direktur Wholesale & International Service Telkom Abdus Somad Arief menambahkan, data center Telkom neuCentrIX dibangun agar bisa dimanfaatkan para pebisnis digital, teknologi informasi, dan Internet baik di kawasan domestik maupun pemain global.

“Posisi neuCentrIX di Manado terbilang strategis karena gerbang ganda. Artinya, gerbang digital ke KTI melalui Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) dan gerbang langsung menuju Amerika Serikat melalui konsorsium South East Asia-United States (SEA-US),” katanya dalam keterangan tertulis.

Selain itu, Manado juga merupakan simpul paling timur kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG) yang menyambungkan hingga Batam dan Singapura. Hal ini menjadi salah satu upaya mengembangkan internet Indonesia menuju revolusi industri 4.0.

Baca Juga: KPR Syariah, inilah Plus Minusnya

Sebagai informasi, NeuCentrIX Manado dibangun memenuhi standar internasional. Tujuannya, mengakomodir peluang pasar konten provider di regional.

Saat ini, data center Telkom telah mengoperasikan sebanyak 14 neuCentrIX di dalam dan luar negeri. Pada 2019 neuCentrIX ditargetkan mencapai 30 titik di seluruh Indonesia sehingga akan menjadi fasilitas untuk internet ekosistem dan internet hubbing di Indonesia. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *