Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Dana Investasi Untuk Indonesia Akan Terkumpul Rp225 Triliun

Published

on

Dana investasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dana investasi bagi Negara Indonesia bisa dihasilkan dari Lembaga Pengelola Investasi (LPI) alias Sovereign Wealth Fund (SWF) sebesar Rp 225 triliun.

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers di Kantor Kemenkeu, Rabu (7/10/2020).

Menurut Sri, untuk menghasilkan dana investasi ini, modal awal yang dibutuhkan untuk pembentukan LPI akan mencapai Rp 75 triliun.

Modal awal ini berasal dari kombinasi aset negara, aset BUMN, dan berbagai sumber lainnya.

Mengenai peraturan lebih lanjut terkait pembentukan dan operasional SWF, nantinya akan diatur lebih lanjut di dalam Peraturan Pemerintah (PP).

“Dalam Peraturan Pemerintah ini, kita akan mengatur mengenai LPI ini dengan penyertaan modal yang terdiri dari dana tunai, saham BUMNnya bisa mencapai Rp 75 triliun,” jelas Sri.

Untuk tahap awal, Menkeu menyebutkan kemungkinan dana untuk modalnya senilai Rp30 triliun yang berasal dari barang milik negara (BMN), saham sejumlah BUMN, dan piutang negara.

Dengan ekuitas yang bisa mencapai Rp75 triliun tersebut, menurut SriMulyani, pemerintah akan mampu menarik dana investasi hingga tiga kali lipat atau senilai Rp225 triliun.

Adapun model LPI yang akan dibangun pemerintah ini akan menjadikan SWF internasional seperti Temasek milik Singapura, atau SWF milik Abu Dhabi.

Struktur kelembagaan LPI ini akan terdiri dari Dewan Pengawas dan Dewan Direktur, Dewan Pengawas terdiri dari Menteri Keuangan, Menteri BUMN dan 3 orang yang berasal dari kalangan profesional.

“Dewan Pengawas juga akan dibentuk dari profesional yang independen yang mewakili mitra strategis dari LPI ini. Dewan Direktur LPI juga akan berasal dari kalangan profesional. Nantinya segala kegiatan yang dijalankan akan tetap sesuai dengan aturan yang telah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi,” jelasnya.

Menkeu menjelaskan, kombinasi ini akan diusulkan oleh Presiden, dikonsultasikan ke DPR RI lalu diangkat oleh Presiden.

Ia pun berharap akan mendapatkan mitra-mitra strategis yang punya reputasi baik sehingga pemerintah bisa segera mengembangkan LPI ini untuk menarik dana investasi yang lebih baik.

“Kami akan tetap menjalankan Lembaga Pengelola Investasi sesuai dengan MK mengenai cabang-cabang produksi atau kekayaan negara yang dimasukkan ke dalam LPI. Tetap kita ikuti sesuai dengan pembahasan saat kita membahas Omnibus Law Cipta Kerja,” tandasnya. []

Asuransi

Munadi Herlambang Pimpin Rakor Bahas Dukungan Pemulihan Wisata Borobudur

Published

on

Munadi Herlambang

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja Munadi Herlambang memimpin rapat koordinasi divisi Kelembagaan dan Strategi Korporasi untuk mendukung upaya pemulihan pariwisata Candi Borobudur. Salah satu strateginya adalah upaya revitalisasi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Kawasan wisata Candi Borobudur. Revitalisasi ini perlu dilakukan guna mendukung pemulihan pariwisata Borobudur pasca-Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

Rakor tersebut dilakukan di aula pertemuan Balkondes Jasa Raharja, di Desa Giri Tengah, Magelang, Jawa Tengah, pada Rabu, 20 Oktober 2021. Rakor juga membahas strategi korporasi, kelembagaan, evaluasi progress pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tahun 2021 serta rencana tahun depan.

“Revitalisasi Balkondes di Kawasan Candi Borobudur dirasakan penting bagi Jasa Raharja seiring mulai pulihnya pariwisata di kawasan ini. Tamu-tamu wisatawan sudah mulai banyak berdatangan sekaligus untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil di kawasan ini,” jelas Munadi Herlambang dalam arahannya.

Balkondes Jasa Raharja memiliki konsep berupa desa budaya dengan pemberdayaan masyarakat, berlokasi di Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, dan memiliki luas area 2.520 meter persegi. Balkondes ini pernah digunakan pada forum internasional UN International Council of Women 2018.

Sejak dibuka pada dua minggu lalu, wisata Candi Borobudur mulai kembali didatangi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Wisatawan yang datang diharuskan sudah divaksin, menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Jumlah wisatawan yang datang sudah mulai mendekati angka 1.000 pengunjung per hari.

Selain itu, Munadi menekankan bahwa divisi Kelembagaan dan Strategi Korporasi (KSK) perlu merumuskan strategi korporasi untuk pengembangan produk-produk terkait baik di perusahaan maupun anak perusahaan yang dapat meningkatkan value added, sekaligus meningkatkan Social Return of Investment.

Pada kesempatan tersebut, Munadi Herlambang juga membagikan paket sembako sebanyak 150 paket di Kampung Penghayat Kapitayan Palang Putih Nusantara, Dusun Onggosoro, dan
Desa Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. []

Continue Reading

Asuransi

Laksanakan Program TJSL, ASABRI Salurkan Bantuan Untuk Masjid di Bekasi dan Bedah Rumah di Ambon

Published

on

TJSL

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT ASABRI (Persero) berkomitmen penuh dalam melaksanakan program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan). Perseroan, terus mendukung berbagai kegiatan sosial yang menjadi tanggung jawab perusahaan.

Belum lama ini, ASABRI melakukan penyaluran bantuan TJSL kepada Masjid Jami Al-Ikhlas di daerah Jakasampurna, Bekasi (15/10). Bantuan tersebut berupa penyediaan sarana dan prasarana yang diperuntukan untuk pembangunan masjid dan diserahkan secara simbolis kepada Ketua RT setempat serta disaksikan oleh beberapa perwakilan masyarakat dan panitia pembangunan masjid.

“Kami mewakili warga Jakasampurna, Bekasi mengucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya kepada PT ASABRI yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan masjid ini, semoga menjadi amal ibadah bagi para karyawannya,” Ujar AKP (Purn) Sugiyanto selaku Ketua RT setempat.

TJSL

Sugiyanto mengatakan bahwa pembangunan masjid ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas umum masyarakat yakni masjid agar lebih nyaman dan layak saat digunakan saat beribadah.

Sebelumnya, ASABRI juga melakukan aksi sosial lainnya di Kota Ambon tepatnya di Desa Halong Kecamatan Sirimau, dimana Perseroan melalui Kancab Ambon melaksanakan program TJSL Bedah Rumah (07/10).

Adalah rumah dari PNS Purnawirawan Angkatan Laut an. Matius Katimin yang dilakukan pembedahan rumah yang sebelumnya rumah tersebut dinilai tidak layak. Diawali dengan survey, koordinasi dengan pemilik rumah, mengecek sertifikat dan telah memenuhi syarat.

Hasil bedah rumah telah diserahkan langsung kepada bapak Katimin disaksikan oleh Ketua RT. Sebagai rasa syukur bapak Katimin langsung menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT ASABRI (Persero) dan mendoakan semoga PT ASABRI (Persero) selalu diberkati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. []

Continue Reading

Asuransi

ASABRI Lakukan Sosialisasi Program Digitalisasi Pada Jajaran Kodam VI/Mulawarman

Published

on

digitalisasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Digitalisasi saat ini telah menjadi backbone dalam setiap kegiatan bisnis. Melalui digitalisasi tentunya sangat memberikan kemudahan akses kepada masyarakat dalam upaya peningkatan pelayanan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir pun menghimbau agar seluruh perusahaan pelat merah bisa cepat beradaptasi terhadap segala bentuk perubahan yang barkaitan dengan digitalisasi.

Hal tersebut sangat sejalan dengan langkah PT ASABRI (Persero) yang saat ini telah banyak mengubah infrastruktur pelayanannya dengan sistem berbasis digital, salah satunya melalui platform yaitu asabrimobile apps.

Namun demikian, dengan banyaknya jumlah peserta, perseroan terus melakukan berbagai upaya sosialisasi program, seperti yang belum lama ini dilakukan oleh ASABRI Kancab Balikpapan.

ASABRI Kancab Balikpapan telah melakukan sosialisasi program kepada Jajaran Kodam VI/Mulawarman yang diikuti oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.IP MM dan Seluruh Pejabat Teras, Kabalak, beserta jajarannya diantaranya Korem 091/ASN, Korem 092/MRN, Korem 101/Ant, Rindam VI/Mlw, Kodim dan Batalyon melalui jalur Daring dan Luring di Aula Makodam VI/Mulawarman (14/10)

Dalam kegiatan tersebut para peserta sangat antusias atas pengetahuan yang diberikan tentang berbagai program ASABRI

PT ASABRI (Persero) terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada peserta dintaranya telah meluncurkan program asabrimobile apps. Sekarang ASABRI tidak lagi menerbitkan kartu ASABRI secara fisik namun menggunakan media elektronik dengan cara download aplikasi asabri mobile apps, peserta bisa mengunduh Kartu Peserta ASABRI kemudian dicetak/diprint selain itu peserta juga bisa mengetahui jumlah premi saat ini di ASABRI dan pengembangannya serta informasi lainnya tentang ASABRI.

Selanjutnya kami juga ada program ASABRI Link yaitu pengurusan klaim ke ASABRI bisa dilaksanakan melalui mitra bayar yang telah bekerjasama dengan ASABRI, apalagi peserta yang domisilinya jauh tidak perlu datang ke ASABRI bisa diajukan melalui Bank atau Pos yang ada tulisannya/neon Box bertuliskan ASABRI LINK. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!