Condro Kirono Jabat Dewan Komisaris Pertamina

oleh
Condro Kirono

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Condro Kirono resmi menjabat sebagai dewan komisaris PT Pertamina. Eks Kabaharkam Komjen Condro Kirono ini ditunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang sebelumnya juga telah menetapkan ex Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina.

Menurut Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga ada beberapa tujuan dan alasan yang membuat Erick menjadikan Condro Kirono sebagai dewan komisaris di Pertamina.

Menurutnya Pak Condro nantinya bisa lebih memperkuat fungsi pengawasan di Pertamina. Apalagi menurutnya, latar belakang Condro yang saat ini dari kalangan kepolisian. Tentunya ada harapan bahwa Condro memiliki kemampuan pengawasan yang baik.

Apalagi menurut Arya, Menteri BUMN beberapa kali kerap menegaskan bahwa posisi strategis komisaris harus diperkuat, dan itu telah menjadi inti pertama di BUMN.

“Komisaris juga memiliki fungsi dalam melakukan pengawasan. Jadi setelah masuknya Pak Ahok, ada juga Pak Condro tentunya akan saling melengkapi dan kemampuyan mereka sudah pasti ke arah penguatan dan pengawasan,” terangnya.

Maka dari itu, penunjukan ini bukan tanpa dasar, kemampuan pengawasan yang sangat baik diperlukan BUMN untuk membuat planning Pertamina ke depan agar lebih bersih lagi.

Tugas pertamina menurutnya berat, maka butuh orang-orang yang dapat amanah. Karena pertamina diharapkan dapat mengurangi kerugian dan kebocoran.

Dengan hal tersebut tujuan akhirnya adalah keuangan perseroan jauh lebih baik. Jadi, intinya apapun yang fraud tersebut, konsen utamanya akan tetap mengupayakan dapat mengurangi kerugian atau hal-hal yang membocorkan pertamina sehingga membuat pertamina merugi.

Diketahui penunjukan Mantan kakorlantas Mabes Polri dan kapolda Jawa Tengah ini disampaikan usai rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).

Condro dalam mengembang jabatannya di dewan pertamina ini menggantikan posisi mantan deputi bidang usaha jasa keuangan, jasa survei, dan konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo.

Gatot sendiri saat ini diketahui menjadi wakil direktur utama Perum Bulog. Penunjukan Condro adalah langkah pemerintah dalam memperkuat pengawasan di Pertamina.

Terlebih memang, Condro merupakan figur yang berpengalaman dalam persoalan penegakan hukum. Sehingga diharapkan ada tata kelola yang bersih di Pertamina. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *