Citarum Harum, Inilah Bentuk Dukungan bank bjb!

oleh
Citarum Harum

Citarum Harum menjadi salah satu program strategis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dalam upaya merevitalisasi sungai terpanjang di Jawa Barat yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan. Hal ini tentunya mengundang banyak perhatian dari berbagai pihak. bank bjb sebagai bank pembangunan daerah di Jabar juga turut serta memberikan perhatian.

Salah satu bentuk dorongan yang dilakukan bank bjb ialah dengan turut serta menyelenggarakan Citarum Expo 2019 bersama Pemprov Jabar pada Selasa (19/02/19) yang menghasilkan lima rencana besar revitalisasi, di antaranya rehabilitasi lahan kritis, pengolahan limbah domestik, pengolahan limbah industri, penataan sungai (kaitan pemanfaatan ruang) dan penegakkan hukum lingkungan.

Citarum Harum

Lima rencana proyeksi yang dirumuskan dalam Citarum Expo ini akan menjadi panduan bagi tim di lapangan untuk menjalankan tugas sesuai dengan koridor kewenangannya.

Lebih lanjut, rencana aksi ini lalu dibuatkan menjadi sebuah buku sebagai blueprint rencana atau guideline untuk melakukan upaya pengendalian perusakan dan pencemaran sungai Citarum.

Baca Juga: bank bjb Raih Platinum Award Dalam Indonesian Corporate Secretary & Corporate Communications Award

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko yang melaksanakan tugas sebagai Direktur Utama bank bjb, Agus Mulyana menuturkan dukungan terhadap program Citarum Harum ini penting karena keberhasilan revitalisasi Citarum akan berdampak luas kepada warga.

“bank bjb akan terus mendukung program Citarum Harum Juara ini guna penyelarasan dukungan terhadap program pemerintah. Sebagaimana kita ketahui Citarum bagaikan nadi Jawa Barat yang menghidupi banyak masyarakat di Jawa Barat. Hal ini kelak akan menjadi penggerak roda perekonomian di masyarakat dan pastinya akan menjadi potensi bisnis bagi bank bjb,” kata Agus.

Citarum Harum

Dalam kurun satu tahun ini, Agus mengatakan berbagai langkah telah dilakukan untuk mengembalikan sungai Citarum kembali bersih, asri dan layak dikonsumsi oleh masyarakat.

“Untuk itu bank bjb akan menjadi yang utama mengawal dan turut melakukan perbaikan lingkungan hidup khususnya di DAS Citarum demi kehidupan masyarakat Jawa Barat yang lebih baik, hal ini semata-mata merupakan tandamata untuk negeri dari bank bjb,” katanya.

Dorongan terhadap gerakan Citarum Harum ini merupakan salah satu bukti komitmen bank bjb dalam menjaga kelestarian lingkungan. Selama ini, bank bjb memiliki fokus program Corporate Social Responsibility (CSR) yang selalu mengarah pada peningkatan kualitas lingkungan, pendidikan dan kesehatan.

Citarum Harum

Program CSR yang dilakukan di sektor lingkungan ini bertujuan mendorong peran serta masyarakat untuk menggali dan memanfaatkan potensi yang mereka miliki untuk meningkatkan kualitas hidup dengan memberikan edukasi untuk memberdayakan potensi setempat menjadi produk bernilai tambah. Bentuk CSR di sektor lingkungan ini telah didaratkan dalam sejumlah program, di antaranya inisiatif one customer one tree, bjb Lestari Bumi, greenschool, pemberian dan penanaman bibit pohon, dan lain-lain. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *