Connect with us
new year eve

Asuransi

Catat! Dua Tahun Tidak Perpanjang STNK, Data Kendaraan Bermotor Bakal Dihapus

Published

on

Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Tim Pembina Samsat Provinsi Bali melakukan sosialisasi penghapusan data regident (registrasi dan identifikasi) kendaraan bermotor, Kamis (29/9/2022).

Sosialisasi itu dihadiri Kasubdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Bali AKBP Hary Ardianto, Kepala Bapenda Bali I Made Santha, dan Kepala Jasa Raharja Cabang Bali Abubakar Aljufri.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan BPD Bali dan stakeholder terkait.

Kepala Bapenda Bali, I Made Santha menjelaskan, penghapusan data regident ranmor akan segera dibuatkan skemanya.

“Penghapusan regident ranmor ini merupakan implementasi pelaksanaan Pasal 74 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” katanya.

Dijelaskan, penghapusan regident ranmor ini diberlakukan terhadap pemilik kendaraan bermotor yang tidak melaksanakan registrasi lewat selama dua tahun.

“Jadi ini berlaku bagi wajib pajak yang tidak melakukan registrasi selama dua tahun setelah masa berlaku Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) berakhir,” tegasnya.

Kepala Jasa Raharja Cabang Bali, Abubakar Aljufri pada kesempatan tersebut mendukung kebijakan ini.

Ia berharap, implementasi Pasal 74 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 dapat meningkatkan kesadaran para pemilik kendaraan bermotor.

“Semoga setelah kebijakan ini berlaku, masyarakat selaku pemilik kendaraan bermotor lebih taat dalam menunaikan kewajibannya,” ungkapnya.

“Karena konsekuensi yang bakal dialami berupa penguhapusan data registrasi dan identifikasi ini akan membuat status kendaraan yang dimiliki menjadi bodong,” pungkas Abubakar Aljufri.

Pasal 74 Undang-Undang 22 Tahun 2009 tiga poin penting.

Poin pertama soal kendaraan bermotor yang telah diregristrasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 64 ayat (1) dapat dihapus dari daftar registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor atas dasar permintaan pemilik kendaraan bermotor atau pertimbangan pejabat yang berwenang melaksanakan registrasi kendaraan bermotor.

Poin kedua yakni penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dapat dilakukan jika kendaraan bermotor rusak berat sehingga tidak dapat dioperasikan atau pemilik kendaraan bermotor tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya dua tahun setelah habis masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

Poin ketiga mengamanatkan soal kendaraan bermotor yang telah dihapus sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dapat diregristrasi kembali. []

Asuransi

Tim Samsat Garut Mengadakan Talkshow Radio

Published

on

PT Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Tim Samsat Garut melaksanakan giat sosialisasi bersama melalui acara Talk Show di Radio MG 104.0 FM Garut. Kegiatan ini dihadiri Analis Kebijakan Ahli Muda P3D Wilayah garut Andri Wijaya, SPV Kantor Kas BJB Samsat Garut dan Penanggung Jawab Jasa Raharja Samsat Garut Susatria Sambasri.

Kegiatan talkshow ini dalam rangka mensosialisasikan layanan Kesamsatan Jawa Barat, dan juga program Penghapusan Data Ranmor sesuai Pasal 74 Undang-Undang No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sekaligus menghimbau kepada masyarakat untuk taat akan membayar Pajak Kendaraan Bermotor nya karena Pajakmu untuk Jawa Baratmu.

Dan tak lupa di penghujung acara Penanggung Jawab Jasa Raharja Samsat Garut Susatria Sambasri juga mengingatkan para pendengar untuk senantiasa menjaga keselamatan berlalu lintas dengan terus mematuhi aturan tertib berlalu lintas dan selalu berhati-hati dalam berkendara guna meminimalisir resiko kecelakaan.

PT Jasa Raharja sebagai Member of Indonesia Financial Group (IFG) senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat dan tepat sebagai wujud Negara hadir bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan lalu lintas jalan. PT Jasa Raharja sebagai Member of Indonesia Financial Group (IFG) senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat dan tepat sebagai wujud Negara hadir bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan lalu lintas jalan. []

Continue Reading

Asuransi

Jasa Raharja Perwakilan Tangerang Lakukan Kunjungan Rumah Sakit Guna Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Korban Laka Lantas

Published

on

PT. Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Sebagai perusahaan bidang asuransi sosial, PT. Jasa Raharja Perwakilan Tangerang berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu bentuk peningkatan pelayanan yakni dengan melakukan kunjungan ke rumah sakit, selain berkunjung ke pasien laka lantas kegiatan kunjungan ini juga bisa difokuskan dalam soialisasi dan edukasi tugas pokok Jasa Raharja kepada masyarakat dan juga kepada pihak Rumah Sakit.

Seperti halnya yang dilakukan Petugas Jasa Raharja Perwakilan Tangerang, Sdr Mulya Agung Minang Putra pada hari ini Senin tanggal 5 Desember 2022 di RS Hermina Ciledug, yang diterima langsung oleh Direktur RS Hermina Ciledug dr. E. Dyah Noviani, MARS. Kunjungan kali ini dilakukan guna mensosialisasikan tugas pokok dan peran Jasa Raharja dalam memberikan pelayanan terbaik bagi korban laka lantas.

Kepala PT. Jasa Raharja Perwakilan Tangerang Cabang Banten, Ibu Hastutu Retnowulan menyampaikan, saat ini Pelayanan Jasa Raharja telah menerapkan sistem pelayanan santunan yang terintegrasi secara digital dengan IRSMS (Integrated Road Safety Management System) Korlantas Polri, Rumah Sakit dan Ditjen Dukcapil, sehingga mempermudah dan mempercepat pelayanan santunan kepada setiap korban kecelakaan lalu lintas.

“Jasa Raharja sebagai penjamin pertama korban kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang umum terus mengoptimalkan dan berkomitmen memberikan kemudahan pelayanan setiap pengajuan santunan biaya perawatan bagi korban kecelakaan dengan menerbitkan surat jaminan biaya perawatan ke Rumah Sakit,” ucapnya.

Selain itu Ibu Hastuti Retnowulan menghimbau bagi seluruh pengguna jalan raya khususnya wilayah Tangerang Raya mari kita bersama – sama aktif dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dengan selalu mentaati peraturan lalu lintas, tertib dalam berkendara dan lengkapi surat – surat kendaraan. []

Continue Reading

Asuransi

Tingkatkan Pelayanan Penanganan Korban Laka Lantas, PT. Jasa Raharja Cabang Sumsel Kolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel

Published

on

PT. Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan Bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan terus berkolaborasi dalam rangka meningkatkan pelayanan dan penanganan korban kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang dan untuk mengurangi tingkat fatalitas cidera korban laka lantas. Pada kesempatan ini, Jasa Raharja Sumsel berkesempatan hadir dalam kegiatan JAMBORE PSC 119 dan Rapat Koordinasi Evaluasi SPGDT PSC 119 se Kab/Kota Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022 pada hari Sabtu tanggal 3 Desember 2022 bertempat di Wisma Atlit Jakabaring Palembang. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Kasie Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemkes RI, RSUP Moh. Hoesin Palembang, Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel, PPNI Provinsi Sumatera Selatan, dan PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Bagian Operasional M. Erwin Setia Negara.

Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan, Abdul Haris mendukung sepenuhnya kegiatan ini sebagai bentuk silaturahmi untuk meningkatkan sinergitas antar stakeholder dalam penanganan korban kecelakaan lalu lintas. Dalam kegiatan ini, Kepala Bagian Operasional M. Erwin Setia Negara memberikan penjelasan terkait tugas dan fungsi Jasa Raharja sebagai badan usaha yang diberikan amanah oleh pemerintah untuk memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas. Besaran dana santunan untuk korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum diberikan sesuai dengan PMK No. 15/PMK.010/2017, sedangkan dana santunan untuk korban kecelakaan lalu lintas jalan diberikan sesuai dengan PMK No. 16/PMK.010/2017 yaitu sebesar Rp 50 juta untuk korban meninggal dunia dan sebesar maksimal Rp 20 juta untuk penggantian biaya perawatan dan pengobatan bagi korban yang luka-luka.

Haris mengapresiasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan atas sinergi yang sudah terjalin baik. Dengan semakin meningkatkan hubungan yang harmonis diharapkan dapat menciptakan kolaborasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terlebih menekan fatalitas cidera bagi korban kecelakaan lalu lintas, tutup Haris. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM