Connect with us
Pln

Asuransi

Cari Tahu Manfaat Pembayaran SWDKLLJ Di Kantor Samsat

Published

on

PT Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang asuransi sosial dan asuransi wajib dengan menjalankan Undang-Undang nomor 34 Tahun 1964.

Berdasarkan UU No. 34 tahun 1964, setiap pemilik kendaraan bermotor wajib membayar premi SWDKLLJ.

APA ITU SWDKLLJ?

SWDKLLJ adalah singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Premi SWDKLLJ dibayarkan bersamaan dengan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat setiap tahunnya. Jika diperhatikan pada notice pajak, SWDKLLJ tertera pada kolom setelah PKB. Besaran SWDKLLJ berbeda pada setiap jenis kendaraan, mulai dari RP 3.000/tahun sampai dengan RP 163.000/tahun.

APA MANFAAT SWDKLLJ?

Manfaat utama SWDKLLJ adalah untuk memberikan jaminan dasar santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas. Korban yang dimaksud adalah setiap orang yang menjadi korban kecelakaan kendaraan bermotor, baik itu pejalan kaki, pengendara sepeda, ataupun pengendara kendaraan bermotor lainnya. Dengan kata lain SWDKLLJ yang dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan adalah untuk pihak ketiga yang menjadi korban kecelakaan. PT Jasa Raharja tidak memberikan santunan kecelakaan lalu lintas apabila seseorang mengalami kecelakaan tunggal. Santunan yang diberikan oleh PT Jasa Raharja berupa biaya perawatan untuk korban luka-luka dan santunan meninggal dunia kepada ahli waris korban, serta biaya penguburan bagi korban yang tidak memiliki ahli waris.

Itulah pentingnya kita sebagai pemilik kendaraan bermotor yang memiliki risiko kecelakaan di jalan raya untuk taat membayar SWDKLLJ di Kantor Samsat, yakni untuk memberikan kepastian jaminan kepada korban kecelakaan. Namun demikian sebaiknya kita selalu berhati-hati di jalan, karena keselamatan lebih penting dari segalanya. PT Jasa Raharja dapat menjamin biaya perawatan luka-luka akibat kecelakaan lalu lintas namun luka mental atau trauma akibat dari kecelakaan lalu lintas akan selalu membekas pada setiap korban. []

Continue Reading

Label

Copyright © 2023 MEDIABUMN.COM