Capex Kimia Farma Capai Rp4 Triliun

by
Capex Kimia Farma

Capex Kimia Farma (capital expenditure / belanja modal) pada tahun 2019 mencapai Rp4 triliun. adapun dana sebesar tersebut akan digunakan perseroan untuk mendanai kebutuhan eksternal sebesar 70 persen dan sisanya 30 opersen untuk mendanai Capex Kimia Farma.

Menurut Direktur Keuangan Kimia Farma IGN Suharta Wijaya perseroan tahun ini kembali akan menganggarkan dana investasi anorganik dalam Capex Kimia Farma tersebut. Karena selain akan melakukan ekspansi baru, perseroan berencana melakukan penyerapan capex termasuk investasi anorganik yang berlangsung sejak 2018.

Baca Juga: Prabowo Teriak BUMN Bangkrut, Menteri Rini: Mana Buktinya?

“Anggaran Capex  selain untuk kebutuhan investasi anorganik, juga akan dialokasikan untuk penambahan gerai baru yang ditargetkan sebesar 100 gera di tahun ini,” ternag Suharta.

Adapun anggaran Capex yang sebesar Rp4 triliun mengalami kenaikan seebsar 14,28 persen dibandingkan Capex Kimia Farma pada tahun 2018 yang sebesar Rp3,5 triliun, dimana dari nilai tersebut, sebesar Rp2,3 triliun dianggarkan perseroan untuk dana investasi anorganik.

Untuk Capex Kimia Farma 2019, lanjut Suharta, perseroan memastikan akan tetap mempertahankan skema 70-30 persen antara pendanaan internal dan eksternal.

“Oleh karena itu, kami berniat untuk menggalang dana melalui obligasi dan surat utang jangka menengah (medium term notes/MTN),” pungkasnya.

Baca Juga: Stabilitas Jasa Keuangan 2019 Positif

Namun, Suharta memperkirakan, pihaknya baru akan menerbitkan surat utang pada akhir kuartal II-2019 atau semester II-2019.

“Penerbitan obligasi atau MTN tergantung dengan akuisisi atau aksi pertumbuhan anorganik Kimia Farma. Sepertinya kami berpotensi menerbitkan surat utang selepas momen pemilihan umum,” paparnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *