2018 Kimia Farma Siapkan CAPEX Rp3 Triliun

by

PT Kimia Farma (Persero) Tbk siap melanjutkan ekspansi bisnis 2018 dengan menyiapakan belanja modal / Capital Expenditure (capex) sebesar Rp3 Triliun. Menurut Sekretaris Perusahaan, Ganti Winarno, anggaran belanja modal Kimia Farma di 2018 tersebut lebih besar jika dibandingkan CAPEX pada tahun lalu yang hanya sebesar Rp1.7 Triliun.

CAPEX tersebut nantinya akan digunakan untuk melakukan pengembangan bisnis Kimia Farma. Pengembangan tersebut, lanjutnya, tidak sebatas pada core business tetapi juga dari non core business.

Baca Juga: Phapros Siap bangun pabrik hidroksiapatit

“Pendanaan belanja modal tersebut diambil dari kas perusahaan. Selain nantinya juga akan mempertimbangkan pendanaan dari sektor perbankan,” ujarnya.

Segera Rampungkan Akuisisi Dwaa

Upaya Kimia Farma dalam mengakuisisi PT Dwaa Medical Ltd dipastikan akan segera rampung. Ganti Winarno mengatakan bahwa perseroan sudah sampai proses pengurusan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan akusisisi tersebut.

“Karena dokumen yang diperlukan sesuai dengan regulasi di Arab Saudi. Kami targetkan rampung pada tahun ini juga dan tahun 2018 bisa fokus operasionalnya,” terangnya.

Baca Juga : Bio Farma Pastikan Kebutuhan Vaksin untuk Difteri

Adapun pendanaan Akuisisi tersebut diambil dari belanja modal tahun ini dan diproyeksikan akan menambah kontribusi bagi Kimia Farma hingga 10% dari penjualannya ke luar negeri pada awal tahun 2018. Meskipun tidak diketahui berapakah nilai akuisisi tersebut,namun dipastikan Kimia Farma akan menguasai 60% saham Dwaa Medical. []ct

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *