2 BUMN Karya Siap Rampungkan Jalan Layang Maros

by

Proyek infrastruktur jalan layang Maros-Bone dengan panjang 2,8km dipastikan akan selesai sesuai dengan jadwal yaitu pada September 2018.

Pembangunan jalan layang tersebut dilakukan untuk mengatasi kondisi jalan yang sebelumnya memiliki tanjakan cukup curam sehingga sering terjadi kecelakaan dan kemacetan yang panjang.

Adapun pembangunan jalan layang tersebut dilakukan oleh 2 BUMN karya yaitu PT Wijaya Karya kerjasama operasi dengan PT Hutama Karya dengan biaya sebesar Rp169,74 Miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut proyek tersebut progres konstruksinya saat ini sudah mencapai 90%.

“Jalan layang ini akan meningkatkan kenyamanan serta keamanan lalu lintas khususnya angkutan logistik,” jelas Basuki.

Dengan adanya jalan layang ini maka angkutan logistik dari Makassar menuju Bone atau sebaliknya, bisa melewat jalan sepanjang 166 KM.

“Jaraknya lebih pendek jika harus memutar lewat jalan lintas Selatan Sulawesi yang jaraknya mencapai 350 KM.

Basuki menambahkan bahwa jalan layang Maros akan menjadi jalur wisata seperti Kelok 9 di Sumatera Barat. Kawasan tersebut, imbuh Basuki, terdapat objek wisata Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung yang dikenal dengan air terjun dan habitat kupu-kupu. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *