BUMN Dominasi Proyek Infrastruktur Jokowi? Ini Jawaban Bappenas!

by

Berbagai issue terkait proyek infrastruktur pemerintah Joko Widodo yang diborong oleh Badan Usaha Milik Negara, dibantah oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Beppenas, Wismana Adi Suryabrata, mengatakan bahwa secara tegas pihaknya telah membagi porsi pekerjaan serta pendanaan seluruh proyek infrastruktur pada 3 sumber yaitu Pemerintah, BUMN dan swasta.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menegaskan pemerintah telah membagi porsi pengerjaan dan pendanaan proyek infrastruktur menjadi tiga sumber, yakni pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan swasta.

“Ini sekaligus sebagai bantahan yang ditudingkan bahwa proyek infrastruktur yang massif ini dikerjakan sendiri oleh BUMN,” tegasnya.

Adapun, imbuh Wismana, sebagian besar pendanaan proyek infrastruktur atau 41,2% nya berasal dari anggaran pemerintah. Kemudian 36,7% nya berasal dari swasta serta BUMN dengan porsi 22,7%.

“Tentu sudah ada batas-batas aturannya,” jelasnya (02/7).

Batas pengerjaan proyek tersebut bisa terlihat dari nilai proyek yang ada. Sebagai contoh BUMN dilarang mengerjakan proyek dengan nilai di bawah Rp50 Miliar. Ia mengaku akan terus memantau ke beberapa kementerian dan lembaga akan hal tersebut sehingga telah sesuai dengan implementasi aturan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *