Tol Bakauheni – Terbanggi Besar Resmi Beroperasi, Menjadi Bukti Sinergi BUMN

by

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno terus mendorong peran BUMN sebagai agent of development untuk mendukung upaya pemerintah mewujudkan percepatan konektivitas darat dan pemerataan ekonomi. Hal tersebut diungkapkan Rini seusai mendampingi Presiden RI Joko Widodo meresmikan tol Bakauheni – Terbanggi Besar, di Bakauheni, Lampung, Minggu (21/1/2018).

Pembangunan jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 141 kilometer (km) ini merupakan bagian dari Program Strategis Nasional Tol Trans Sumatera. Pelaksanaan pembangunannya melibatkan 5 BUMN diantaranya PT Hutama Karya (Persero) sebagai pengembang dan operator, bersama PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, selaku kontraktor pembangunan proyek.

Baca Juga : Menteri BUMN Tunjuk Hutama Karya Jadi Induk Holding BUMN Infrastruktur

Sementara itu, Tol Bakauheni – Terbanggi Besar yang telah selesai dan diresmikan Presiden Joko Widodo adalah di Seksi 1 (Pelabuhan – Bakauheni) sepanjang 8,9 km dan Seksi 5 (Lematang – Kotabaru) sepanjang 5,64 km, sehingga total keseluruhan yang diresmikan adalah sepanjang 14,54 km. Pembangunan Seksi I dilakukan oleh PT PP (Persero) dan pembangunan Seksi 5 dilakukan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Rini menambahkan, sinergi antar BUMN dalam pembangunan Tol Bakauheni – Terganggi Besar telah memberikan hasil positif. Menurutnya, sinergi BUMN tersebut sebagai wujud nyata BUMN hadir untuk negeri dalam bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mendorong percepatan konektivitas darat dan peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional pada umumnya, serta secara khusus di Sumatera.

Baca Juga : Menteri Rini: “Tahun 2017, 13 BUMN Masih Merugi”

Menteri Rini optimis terwujudnya Tol Trans Sumatera dapat meningkatkan daya saing infrastruktur dan mendorong peningkatan perekonomian nasional. Selain memperlancar mobilitas penduduk, memperlancar arus barang, juga mampu menurunkan biaya logistik secara signifikan.

“Saya ucapkan selamat atas beroperasinya ruas tol Seksi I dan Seksi 5 jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar. Ini merupakan bukti sinergi di antara BUMN yang telah memberikan hasil terbaik dan sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *