BTN Kawal Layanan Perbankan Palu Tetap Berjalan

by
Layanan Perbankan Palu

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memastikan layanan perbankan Palu dan seluruh wilayah Sulawesi Tengah yang baru terguncang Gempa dan Tsunami segera pulih pada pekan ini.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan layanan perbankan, khususnya mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) diharapkan tetap dapat online. Hal itu sembari melakukan pemulihan gedung kantor cabang dan mempersiapkan kantor cabang khusus yang beroperasi melayani nasabah selama menanti pemulihan total dari outlet BTN yang terdampak.

“Kami ikut prihatin atas musibah bencana yang terjadi di Palu, Donggala, Mamuju dan daerah lain di Sulawesi Tengah. BTN turun langsung membantu para korban bencana serta berusaha semaksimal mungkin memulihkan layanan perbankan,” kata Maryono dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Pembangunan Infrastruktur dan SDM Menjadi Prioritas Pemerintah Saat Ini

Pasca bencana, tim gabungan BTN langsung diberangkatkan ke lokasi untuk memperbaiki sistem jaringan layanan perbankan agar kembali online. Selain itu, tim juga membawa bantuan bagi karyawan yang terkena musibah.

Dari pantauan tim gabungan, outlet BTN yang mengalami kerusakan bangunan antara lain, di Kantor Cabang Palu, termasuk Kantor Kas dan Kantor Cabang Pembantu Syariah. Sementara Kantor Cabang Pembantu di Luwuk tidak mengalami kerusakan.

Di sisi lain, mesin ATM Bank BTN mulai diperbaiki. Dari 13 ATM di Sulawesi Tengah, tim berhasil memulihkan fungsi ATM di dua lokasi, yaitu di Luwuk dan di KC Palu.

“Kami mempersiapkan Kantor Cabang Pembantu Syariah yang berlokasi di jalan Emmy Saelan di Tatura Utara, Palu Selatan untuk dioperasionalkan sebagai kantor darurat untuk melayani nasabah,” sambungnya.

Perseroan berkoordinasi dengan Bank Indonesia untuk memulihkan layanan perbankan. Selain itu, berkomunikasi pula dengan BMKG, Telkom, PLN, Kepolisian dan TNI.

Di Sulawesi Tengah, BTN melayani sekitar 36.000 nasabah, diantaranya ada sekitar 12.000 debitur dengan outstanding kredit sekitar Rp 1 triliun. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *