Connect with us
PERTAMINA

Finansial

BNI Multifinance Catat Pembiayaan Double Digit

MediaBUMN

Published

on

BNI Multifinance

BNI Multifinance nampaknya memperlihatkan keunggulan perusahaan di bidang pembiayaan multifinance. Meski secara industri pembiayaan ini hanya tumbuh satu digit saja, tapi BNI dan beberapa pemain lain mampu mencatat pertumbuhan dobel digit.

Data dari OJK mencatatkan bahwa per Juni 2019, pembiayaan perusahaan multifinance naik sampai 4,29 persen yoy. Hasilnya menjadi Rp445,64 triliun.

Lini Bisnis BNI Multifinance Tumbuh

BNI Multifinance adalah salah satu perusahaan yang berhasil mencatat pertumbuhan dobel digit ini. Dirut BNI Multifinance Hazan Gazali Palungan mengatakan bahwa sampai paruh pertama tahun ini, pembiayaan sudah tercatat Rp644 miliar.

Nilai dari BNI Multifinance ini mengalami kenaikan sebesar 23,61 persen yoy dari posisi yang sama di tahun lalu. Nilai untuk tahun ini menjadi Rp521 miliar.

Komposisinya antara lain dari pembiayaan operating lease yang mencapai Rp33 miliar. Juga modal kerja sebanyak Rp185 miliar, investasi Rp385 miliar, serta multiguna Rp42 miliar. Komposisi di semester dua pada tahun ini masih sama dengan semester I 2019. Hal tersebut disebabkan beberapa nasabah yang sudah diberi plafon baru merealisasikan di semester II ini, sesuai kontrak para customer.

Perusahaan juga mengakui sektor produktif akan selalu menjadi andalan perusahaan. Sedang untuk sektor konsumtif, pihaknya akan masuk dengan selektif, khususnya untuk perusahaan yang karyawannya mempunyai payroll di BNI.

Hasan memaparkan bahwa alasan BNI Multifinance lebih menuju pada sektor produktif lantaran lebih sustainable. Selain untuk menunjang sektor riil, ini juga sejalan dengan sinergi dengan debitur induk perusahaan BNI.

Bisnis lain yang tumbuh dobel digit adalah PT Cimb Niaga Auto Finance (CNAF). Presdir CNAF Ristiawan Suherman mengatakan bahwa realisasi penyaluran pembiayaan telah naik sampai 70 persen dari Juni 2018. Ini bernilai sebesar Rp840 miliar menjadi Rp 1,431 triliun pada Juni 2019.

Ristiawan mengaku walaupun penjualan kendaraan roda empat sedang surut, tapi CNAF optimis bisa mengejar pembiayaan untuk tahun ini. Hal tersebut disebabkan, CNAF akan memperluas kerjasama penjualan produk channeling dengan Bank Cimb Niaga. Peningkatan dari segi digitalisasi juga dilakukan.

Perusahaan ini juga membidik pembiayaan hingga senilai Rp4 triliun sepanjang tahun ini. Nilai ini akan tumbuh sebanyak 81,82 persen yoy jika dibanding tahun lalu yang mencatat realisasi sampai Rp2,2 triliun. Ristiawan menyebut bahwa ini adalah dampak baik dari digitalisasi yang semakin meningkatkan pembiayaan tumbuh lebih cepat. []

Perbankan

BJBR Terdaftar di Indeks Unggulan IDX Quality30

MediaBUMN

Published

on

bjbr

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bertepatan dengan peringatan 43 tahun diaktifkannya kembali pasar modal Indonesia, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) lewat pengumuman resminya menyampaikan daftar unggulan indeks IDX Quality30 atau IDXQ30 periode 10 Agustus 2020 hingga 21 Februari 2021.

bank bjb ditunjuk sebagai salah satu konstituen dalam jajaran 30 saham paling prospektif dalam negeri ini dilakukan merujuk pada kondisi fundamental perusahaan yang terjaga baik dan konsistensi dalam menunjukkan kinerja cemerlang dengan terus-menerus mencatatkan laba.

Kinerja bank bjb memang terbilang cukup baik selama periode Januari hingga Juni 2020. Walaupun harus menghadapi tantangan akibat pandemi COVID-19, bank bjb konsisten memperlihatkan kinerja positif dengan mencatatkan pertumbuhan. Merujuk pada catatan pembukuan, bank bjb berhasil mengumpulkan total perolehan laba Rp808 miliar pada Semester 1 2020. Pertumbuhan laba tersebut diikuti penambahan nilai aset sebesar Rp125,3 triliun atau tumbuh sebesar 3,8% year on year (y-o-y).

Sektor kredit yang menjadi salah satu penopang utama pertumbuhan laba tumbuh hampir menyentuh angka dua digit, yakni 9,8% y-o-y. Total jumlah kredit yang disalurkan mencapai Rp85,8 triliun. Pertumbuhan ini diikuti pula oleh terjaganya kualitas penyaluran kredit perusahaan dengan rasio kredit macet (Non Performing Loan/NPL) di angka 1,6% atau turun 14 basis poin y-o-y. Catatan NPL ini jauh lebih rendah ketimbang catatan kredit macet rata-rata bank nasional hingga April 2020, yakni 2,89%.

Catatan-catatan positif ini menjadi faktor yang membuat dimasukkannya emiten bank bjb ke dalam indeks IDXQ30. Indeks IDXQ30 oleh BEI diambil dari indeks IDX80 yang saham-sahamnya diseleksi dengan mempertimbangkan variabel-variabel kualitas fundamental seperti return on equity (ROE), debt to equity ratio (DER), dan earning variability (EV).

“bank bjb secara konsisten telah memperlihatkan kinerja yang baik meskipun dihadapkan pada situasi penuh tantangan. Catatan kinerja positif ini akan kami pertahankan beriringan dengan rencana ekspansi yang telah dipertimbangkan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian serta terus menjalankan Good Corporate Governance secara ketat dan terperinci agar perusahaan senantiasa mencatatkan pertumbuhan berkualitas dan berkelanjutan,” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Indeks IDXQ30 diharapkan dapat menjadi acuan bagi para investor dalam berinvestasi pada saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan berkapitalisasi besar. Dengan masuknya bank bjb ke index ini, BJBR diharapkan menjadi salah satu pilihan untuk berinvestasi di pasar modal.

Indeks IDXQ30 mendapatkan review sebanyak empat kali dalam satu tahun, dalam bentuk kali review mayor dan minor. Review mayor dilakukan setiap bulan Januari dan Juli dan bertujuan untuk mengevaluasi konstituen indeks serta bobot yang digunakan untuk penghitungan indeks. Sedangkan review minor pada Mei dan November dilakukan untuk mengevaluasi bobot indeks. []

Continue Reading

Perbankan

Event Sepeda bjb Cycling DigiCash V-Ride Series 1 “Gowes Berhadiah”

MediaBUMN

Published

on

bjb Cycling

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Event virtual riding bjb Cycling DigiCash V-Ride Series 1 telah selesai dilaksanakan pada Minggu (9/8/2020). Lebih dari 1.500 peserta ikut serta meramaikan ajang bersepeda sehat dan menyenangkan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 ini. Kabupaten Karawang yang menjadi tuan rumah seri pembuka event sukses menghadirkan suasana semarak penuh gelora.

Seturut dengan janji panitia, bank bjb sebagai penyelenggara turut membagi-bagikan door prize dalam berbagai bentuk. Door prize tersebut diberikan kepada peserta yang beruntung memenangkan undian dan memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan panitia.

Persyaratan utama yang wajib dipenuhi ialah peserta harus menempuh perjalanan bersepeda dengan jarak 25 kilometer pada hari perlombaan dalam rentang waktu pukul 06.00 WIB-11.00 WIB. Peserta juga wajib mengunggah foto di Instagram saat start dan finish dan harus menyertakan hastag #bankbjb #bjbdigicashdrive2020 #bjbvridestartNOMERPESERTA (contoh: #bjbvridestart10123) dan wajib memention minimal dua orang teman. Selain itu, peser mengunggah foto pada saat finish dengan hastag yang sama.

“bank bjb memberikan Tandamata berupa hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang sudah berpartisipasi dan menunjukkan antusiasme luar biasa dalam kegiatan ini. Diharapkan kehadiran Tandamata ini akan semakin menambah semangat dan menjadi daya pikat untuk menarik minat masyarakat dalam agenda yang disusun atas dasar inisiatif mengajak masyarakat bergerak adaptif dalam momen adaptasi kebiasaan baru (AKB),” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Peserta yang mendapatkan doorprize pada bjb Cycling DigiCash V-Ride Series 1 ini antara lain Budi Triharyanto Wibowo asal Palembang dengan nomor peserta V-Ride10647 mendapat hadiah TV 49′ inci, Rudi Toufik asal Karawang dengan nomor peserta V-Ride11037 mendapat sepeda Element FoldX, dan Tryssya Feby Andany asal Ciamis dengan nomor V-Ride10463 berhasil membawa pulang sepeda Pacific Noris.

Selain ketiga pemenang tersebut, terdapat pula peserta yang mendapat undian hadiah hiburan yakni Sayid Hasan (V-Ride10529) asal Banjar Baru Kalimantan Selatan, Apen Maulana (V-Ride10869) asal Bandar Lampung, Yudhi Fardia (V-Ride10644) asal Jakarta, Kadina (V-Ride10421) asal Karawang, Fareza Wisnu Aji Tama (V-Ride10473) asal Karawang, Dadang (V-Ride11292) asal Bandung, Syahrul Ramadhan (V-Ride10985) asal Cirebon, Wawan Junawan (V-Ride10870) asal Cirebon, dan Sani Mulya Ramdhani (V-Ride11319) asal Ciamis.

Doorprize tersebut diberikan berdasarkan hasil undian acak yang dilakukan panitia terhadap seluruh peserta yang memenuhi semua persyaratan. Undian dilakukan pada pukul 13.00 WIB selepas perlombaan dan disaksikan melalui siaran langsung di channel YouTube resmi bank bjb.

Semarak gebyar hadiah dari bank bjb ini tak cuma dibagikan melalui undian door prize, bank bjb juga membagi-bagikan hadiah lewat mini games photo contest antara lain kepada pemilik akun @chie_apt, @mbnichsan9, @gumilargengen_, @tubagus_hotib, dan @dodywk. Para pemenang mini games ini mendapatkan hadiah berupa top up saldo uang elektronik DigiCash.

Keseruan bjb Cycling DigiCash V-Ride ini akan berlanjut pada Series 2. Ajang ini sendiri direncanakan bakal dihelat dalam 5 Series. Seperti seri yang sudah rampung, semarak gebyar hujan hadiah juga akan tetap dipersembahkan pada seri-seri mendatang. Grand prize berupa sepeda Brompton juga sudah menunggu bagi peserta beruntung yang mengikuti keseluruhan seri dari awal hingga pamungkas. []

Continue Reading

Jasa Keuangan

Pendapatan KBI Tumbuh 24 Persen

EKO PRASETYO

Published

on

Pendapatan KBI

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pendapatan KBI atau PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) selama semester I tahun 2020 tercatat sebesar Rp81,4 miliar. Jumlah itu mengalami peningkatan pendapatan sebesar 24,5 persen dibandingkan semester I tahun 2019 yang nilainya Rp65,4 miliar.

Jika dibandingkan dengan target pendapatan di tahun 2020 sebesar Rp138,3 miliar, pencapaian ini sudah mencapai 58,9 persen.

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi mengatakan, dari total pendapatan KBI pada semester I 2020, senilai Rp 72,8 miliar berasal dari pendapatan operasional, dan Rp 8,6 miliar dari pendapatan non operasional.

Menurutnya, pendapatan KBI juga banyak didukung transaksi perdagangan berjangka komoditi di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) yang juga mengalami pertumbuhan.

“Untuk laba bersih KBI nilainya mencapai Rp31,2 miliar atau naik 19,1 persen dibandingkan semester I tahun lalu sebesar Rp26,2 miliar. Jika dibandingkan target laba bersih yang ditetapkan di tahun 200 yaitu Rp 51,3 miliar, jumlah ini setara dengan 60,9 persen,” kata Fajar Wibhiyadi kepada awak media, Senin (10/8/2020).

Menurut Wibhiyadi, situasi ekonomi nasional mengalami penurunan drastis akibat pandemi Covid-19.

Meski begitu, KBI masih bisa mencatatkan kinerja positif lantaran industri perdagangan berjangka komoditi tetap mengalami pertumbuhan.

Dengan pencapaian positif di semester I tahun, pihaknya optimis mampu mencapai target pendapatan dan laba bersih di tahun 2020.

Dari Data KBI, dari Januari hingga Juni 2020, volume transaksi perdagangan berjangka komoditi di Bursa Berjangka Jakarta tumbuh 31 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2019.

“Volume transaksi di sistem perdagangan alternatif tercatat 3.857.236,70 lot, tumbuh 29 persen dibandingkan tahun lalu yang yang tercatat 2.994.556,00 lot. Transaksi ini meliputi index, currency, dan komoditi Sistem Perdagangan Alternatif (SPA),” jelasnya.

Untuk transaksi multilateral, tercatat volume transaksi sebanyak 806.473 lot di semester I 200, tumbuh 45 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu sebanyak 558.001 lot.

PT KBI yang merupakan lembaga kliring penjaminan dan penyelesaian transaksi di BJK, juga memiliki bisnis sebagai lembaga kliring untuk transaksi di pasar fisik, serta Pusat Registrasi Sistem Resi Gudang. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!