Connect with us
PERTAMINA

Finansial

BNI Multifinance Catat Pembiayaan Double Digit

MediaBUMN

Published

on

BNI Multifinance

BNI Multifinance nampaknya memperlihatkan keunggulan perusahaan di bidang pembiayaan multifinance. Meski secara industri pembiayaan ini hanya tumbuh satu digit saja, tapi BNI dan beberapa pemain lain mampu mencatat pertumbuhan dobel digit.

Data dari OJK mencatatkan bahwa per Juni 2019, pembiayaan perusahaan multifinance naik sampai 4,29 persen yoy. Hasilnya menjadi Rp445,64 triliun.

Lini Bisnis BNI Multifinance Tumbuh

BNI Multifinance adalah salah satu perusahaan yang berhasil mencatat pertumbuhan dobel digit ini. Dirut BNI Multifinance Hazan Gazali Palungan mengatakan bahwa sampai paruh pertama tahun ini, pembiayaan sudah tercatat Rp644 miliar.

Nilai dari BNI Multifinance ini mengalami kenaikan sebesar 23,61 persen yoy dari posisi yang sama di tahun lalu. Nilai untuk tahun ini menjadi Rp521 miliar.

Komposisinya antara lain dari pembiayaan operating lease yang mencapai Rp33 miliar. Juga modal kerja sebanyak Rp185 miliar, investasi Rp385 miliar, serta multiguna Rp42 miliar. Komposisi di semester dua pada tahun ini masih sama dengan semester I 2019. Hal tersebut disebabkan beberapa nasabah yang sudah diberi plafon baru merealisasikan di semester II ini, sesuai kontrak para customer.

Perusahaan juga mengakui sektor produktif akan selalu menjadi andalan perusahaan. Sedang untuk sektor konsumtif, pihaknya akan masuk dengan selektif, khususnya untuk perusahaan yang karyawannya mempunyai payroll di BNI.

Hasan memaparkan bahwa alasan BNI Multifinance lebih menuju pada sektor produktif lantaran lebih sustainable. Selain untuk menunjang sektor riil, ini juga sejalan dengan sinergi dengan debitur induk perusahaan BNI.

Bisnis lain yang tumbuh dobel digit adalah PT Cimb Niaga Auto Finance (CNAF). Presdir CNAF Ristiawan Suherman mengatakan bahwa realisasi penyaluran pembiayaan telah naik sampai 70 persen dari Juni 2018. Ini bernilai sebesar Rp840 miliar menjadi Rp 1,431 triliun pada Juni 2019.

Ristiawan mengaku walaupun penjualan kendaraan roda empat sedang surut, tapi CNAF optimis bisa mengejar pembiayaan untuk tahun ini. Hal tersebut disebabkan, CNAF akan memperluas kerjasama penjualan produk channeling dengan Bank Cimb Niaga. Peningkatan dari segi digitalisasi juga dilakukan.

Perusahaan ini juga membidik pembiayaan hingga senilai Rp4 triliun sepanjang tahun ini. Nilai ini akan tumbuh sebanyak 81,82 persen yoy jika dibanding tahun lalu yang mencatat realisasi sampai Rp2,2 triliun. Ristiawan menyebut bahwa ini adalah dampak baik dari digitalisasi yang semakin meningkatkan pembiayaan tumbuh lebih cepat. []

Perbankan

Bandung bjb Tandamata Siap Ukir Prestasi Terbaik di Proliga 2020

MediaBUMN

Published

on

Bandung bjb

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Tim voli putri kesayangan warga Jawa Barat, Bandung bjb Tandamata memasang target juara dalam musim kompetisi Proliga 2020. Target yang dicanangkan tersebut terbilang realistis mengingat komposisi pemain yang dimiliki Bandung bjb Tandamata yang terbilang mumpuni.

Selain mengubah nama dari Bandung bank bjb Pakuan, pada musim kompetisi Proliga 2020 kali ini, Bandung bjb Tandamata juga mengganti hampir seluruh anggota skuadnya. Hanya tersisa quicker Tasya Nur Rochmani yang masih dipertahankan. Sisanya diisi oleh muka-muka baru dengan performa yang lebih teruji dan menjanjikan.

Beberapa nama mentereng yang direkrut manajemen antara lain Aprilia S Manganang dan Tri Retno Mutiara yang berstatus pemain andalan timnas Indonesia. Seperti diketahui, nama Aprilia S Manganang sudah menjadi garansi bagi setiap klub yang diperkuatnya. Ia selalu berhasil membawa klub yang dibelanya keluar sebagai juara Proliga.

Sedangkan Tri Retno Mutiara merupakan setter andalan timnas yang telah memperkuat Indonesia di berbagai ajang internasional sejak 2015. Komposisi pemain lokal lainnya yang diisi pemain junior dan senior juga tak bisa disepelekan.

Sementara untuk legiun asing, Bandung bjb Tandamata mendatangkan Nikoleta Perovic asal Montenegro dan Rosir Calderon Diaz dari Kuba. Kedua pemain asing ini patut diperhitungkan mengingat mereka adalah pemain andalan sekaligus berpengalaman di negara masing-masing.

Calderon yang berposisi sebagai open spike pernah memperkuat Kuba di Olimpiade 2004 dan 2008, sedangkan Perovic yang berposisi allround spiker tersebut tercatat sebagai pemain Timnas Montenegro dan pernah meraih sejumlah penghargaan individu ketika mentas di Liga Hungaria musim 2018/2019.

Manager Bandung bjb Tandamata Ayi Subarna mengatakan tim telah melakukan sejumlah persiapan sejak bulan November guna menyambut putaran perdana Proliga 2020. Ia mengaku optimis menghadapi musim kompetisi 2020 dengan materi pemain yang kompetitif yang diharapkan bisa saling berkolaborasi secara maksimal.

Dengan komposisi skuad yang ada, Bandung bjb Tandamata lebih optimis mengarungi musim kompetisi Proliga 2020. Bandung bjb Tandamata siap menghadapi kompetisi voli tertinggi di tanah air yang dibuka di Kota Pekanbaru ini.

“Kita punya percaya diri, lebih optimis dibanding musim kemarin. Kalau (musim) ini optimis banget. Kita punya keyakinan lah. Tetap harus ikhtiar, cuma intinya untuk persiapan kita antara musim kemarin dan sekarang, kita lebih optimis ini untuk menjadi finalis,” kata Ayi.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengaku bangga dengan materi pemain yang dimiliki Bandung bjb Tandamata. Dia berpesan kepada seluruh anggota tim agar senantiasa menjaga kekompakan dan semangat saat mengikuti pertandingan. Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, diharapkan Bandung bjb Tandamata bisa meraih hasil maksimal.

“Tetap jaga kekompakan dan sportivitas baik di dalam maupun di luar lapangan. Kami berharap agar Bandung bjb Tandamata bisa mempersembahkan hasil terbaik dengan usaha sekeras-kerasnya demi menjaga prestasi sekaligus kehormatan sebagai tim voli kebanggaan warga Jawa Barat,” kata Yuddy. []

Continue Reading

Perbankan

bank bjb Peduli, Berikan Bantuan Untuk Korban Longsor Bogor

MediaBUMN

Published

on

longsor

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bank bjb menunjukkan kepeduliannya atas sejumlah bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya longsor di Desa Urug, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Kepedulian tersebut ditunjukkan bank bjb dengan langsung turun tangan memberi bantuan kepada korban bencana.

Bantuan ini merupakan lanjutan penanganan bencana dari program Pemda bersama bank bjb di Kabupaten Bogor.

Dalam pelaksanaannya, bank bjb telah mendirikan posko bantuan yang berfungsi sebagai lokasi pemberian sejumlah bahan makanan, kesehatan dan penampungan sementara korban longsor yang belum tertangani dengan baik.

“Posko bantuan bank bjb berfungsi sebagai dapur umum yang memenuhi kebutuhan makanan. Selain itu berperan juga untuk posko penampungan korban bencana dan tim sukarelawan, pos kesehatan, serta pos evakuasi,” jelas Pimpinan Wilayah II bank bjb, Mohammad Mufti pada Selasa (22/1/2019).

Sementara itu, Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi, menerangkan jika kondisi darurat masih berlangsung dan bantuan dibutuhkan masyarakat. Tidak menutup kemungkinan posko bantuan akan terus berlanjut.

“Bantuan ini kami berikan sebagai bentuk keprihatinan dan simpati kami kepada seluruh masyarakat yang terdampak bencana, khususnya di wilayah Bogor dan Banten. Bank bjb mencoba berkontribusi setulus hati demi meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang memerlukan bantuan,” kata Yuddy.

Di satu sisi, Yuddy berharap uluran tangan dari bank bjb tersebut bisa memberi kekuatan serta disambut baik dengan harapan kondisi ini segera dilewati.

“Diharapkan bantuan ini memberi manfaat sebanyak-banyaknya. bank bjb mengajak semua pihak saling berpegangan tangan agar kita semua senantiasa diberi kekuatan dalam menghadapi bencana alam ini,” ujar Yuddy. []

Continue Reading

Asuransi

Catat! Kementerian BUMN Bakal Cicil Dana Nasabah Jiwasraya

CHRIESTIAN

Published

on

nasabah Jiwasraya

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dana nasabah Jiwasraya bakal dikembalikan oleh Kementerian BUMN dengan cara dicicil. Hal ini ditegaskan Staff khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

“Dana gagal bayar nasabah Jiwasraya bakal dicicil mulai awal Maret 2020 mendatang,” ujarnya.

Menurutnya Menteri BUMN Erick Thohir, telah menyampaikan bahwa untuk pembayaran bertahap ini diperkirakan mencapai Rp2 triliun untuk beberapa nasabah prioritas terlebih dahulu.

“Ada nasabah Jiwasraya prioritas yang didalam daftarnya sangat membutuhkan dananya,” pungkas Arya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dana tersebut diperoleh dari investasi yang akan masuk ke holding asuransi BUMN yang saat ini akan dibentuk.

“Dana yang masuk mencapai sampai Maret ini sekitar Rp3 triliun. kemudian masuk di kuartal II menjadi Rp5 triliun. Awal Maret depan diharapakan sudah bisa mulai dibagi-bagi,” ujarnya.

Saat ini Kementerian BUMN, jelas Arya, tengah mengejar pembentukan holding BUMN di sektor asuransi. Prosesnya saat ini masih menggarap Peraturan Pemerintah untuk mengubah status perusahan asuransi Jamkrindo menjadi perusahaan terbuka (PT) dari yang sebelumnya berstatus Perusahaan Umum atau Perum.

“Ini dilakukan harus agar Jamkrindo bisa masuk ke dalam holding asuransi. Setelah itu, kementerian akan menggarap PP untuk membuat holding asuransi BUMN,” parap Arya.

Kemudian, Arya memaparkan pihaknya membentuk anak perusahaan untuk menampung dana investasi yang akan digunakan untuk membayar dana nasabah Jiwasraya. Dia menjelaskan urusan landasan hukum bakal selesai di bulan Februari.

“Selanjutnya, kami bikin anak perusahaan, kami harapkan anaknya ini bisa dapat investasi dari luar. Kami bidik kuartal pertama bisa masuk langsung berjalan, urusan surat-surat kertas (landasan hukum) bisa beres bulan 2,” tutup Arya. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM