BNI Bidik Nasabah Milenial Hadirkan Produk Fintech

by

Perubahan zaman dari pola konvensional ke pola digital berdampak besar terhadap industri di tanah air, tidak terkecuali perbankan. Bukan hanya berharap-harap cemas, kehadiran teknologi seolah menjadi ancaman bagi industri yang tidak mengikuti perkembangan zaman di era milenial saat ini.

Menurut Direktur Bisnis Menengah BNI Putrama Wahju Setyawan, pihaknya tengah melakukan antisipasi terhadap kehadiran financial technology (Fintech). Menurutnya, kehadiran Fintech menjadi ancaman besar bagi sektor perbankan.

“Lebih dari 62 persen nasabah BNI merupakan kaum milenial yang sangat akrab dengan teknologi. Dengan demikian kami harus menyesuaikan perkembangan tersebut sehingga para nasabah tetap nyaman menggunakan layanan dan fasilitas perbankan kami hadirkan,” ujarnya.

Baca Juga : KPR BTN Telah Mengalir Sebesar Rp230.2 Triliun

Putrama menyebut salah satu fintech yang menjadi ancaman bagi perbankan adala kehadiran fitur Go-Pay yang dihadirkan oleh Go-Jek. Dengan adanya fitur tersebut masyarakat dengan mudah melakukan transaksi pembayaran apa saja, seperti layanan pembelian token listrik, pengisian pulsa, transaksi transportasi, dsb.

“Perusahaan tersebut semula didesain sebagai penyedia jasa transportasi namun seiring berkembangnya layanan tersebut maka perusahaan tersebut pun menghadirkan fitur-fitur layanan keuangan. Ini menurut saya adalah ancaman bagi perbankan,’ paparnya.

Baca Juga : Bank Mandiri Tawarkan Rp350 Miliar Untuk Capex Pelindo I

Tantangan tersebut, lanjutnya, akan dijawab oleh BNI dengan menghadirkan produk fintech yang menurutnya fitur tersebut lebih baik dari pada Go-Pay. Namun demikian, manajemen BNI masih merahasiakan detail dari produk fintech yang akan diluncurkan tersebut.

“Kami siap launching sebagai bentuk menjawab tantangan. Fitur fintech BNI akan menjadi yang pertama di Indonesia dari segi teknis karena kebih mudah digunakan dan friendly,” ujarnya. []ct

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *