Bertemu Anies Baswedan, Karyawan Tuntut Dirut PT Transjakarta Lengser!

by
PT Transjakarta

Persoalan hubungan antar karyawan dan pimpinan di PT Transjakarta kian memanas. Karena dianggap tidak mampu menyelesaikan persoalan internal, karyawan PT Transjakarta yang tergabung dalam Serikat Pekerja Transportasi Jakarta (SPTJ) pun bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kepada Anies, SPTJ menyampaikan 9 pokok permasalah yang harus diselesaikan, salah satunya yaitu meminta Budi Kaliwono untuk mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama.

Menurut Ketua SPTJ Budi Marcelo, pimpinan PT Transjakarta saat ini dianggap tidak mampu menyelesaikan masalah hubungan industrial di PT Transjakarta sehingga berbuntut penderitaan para pekerja karena tidak pernah memperoleh hak dan kesejahteraannya.

Kepada Anies, SPTJ memaparkan 9 pokok persoalan yang terjadi di PT Transjakarta antara lain yaitu:

1. Persoalan 1.827 karyawan kontrak yang belum diangkat menjadi karyawan tetap.
2. Meminta agar ratusan karyawan yang diberhentikan (PHK) sejak September 2017 silam dipekerjakan kembali.
3. Menginginkan adanya penetapan dan sosialisasi struktur serta skala upah di PT Transjakarta
4. Penetapan ketentuan pasal 15 ayat (1) peraturan pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 2015 tentang Batas Usia Pensiun Karyawan.
5. Tidak dimasukkannya pasal kesalahan berat di peraturan perusahaan PT Transjakarta sesuai putusan MK No.012/ PUU-I/ 2003
6. Dilakukan pembuatan perjanjian kerja bersama (PKB)
7. Pemenuhan kebutuhan tenaga kerja lapangan di PT Transjakarta.
8. Pemberian sanksi atas pejabat di PT Transjakarta yang memeberlakukan kebijakan sewenang-wenang dan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kebijakan manajemen PT Transjakarta.
9. Menuntut Pemberhentian Direktur Utama dan Jajaran Direksi yang tidak menjalankan tugas yang menyebabkan lingkungan kerja tidak kondusif.

Secara teratur ratusan Pramudi Bus Transjakarta menyerahkan surat yang berisi tuntutan tersebut kepada Anies Baswedan di Balaikota DKI Jakarta. Anies pun menyambut hangat kedatangan SPTJ dan menerima perwakilan dari mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *