Connect with us
PERTAMINA

Industri

Baterai Kendaraan Listrik Masih Diimpor, MIND ID: “Butuh Roadmap Kemandirian”

Published

on

Baterai Kendaraan Listrik

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Baterai kendaraan listrik kini menjadi salah satu fokus pemerintah agar bisa diproduksi secara full di dalam negeri.

Namun saat ini komponen dalam pembuatan baterai kendaraan listrik masih diimpor dari luar negeri, yaitu sekitar 20 persen dari total kebutuhan.

Hal ini disampaikan Direktur Hubungan Kelembagaan Holding BUMN Tambang (MIND ID), Dany Amrul Ichdan saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Senin (19/9/2022).

Atas kekurangan ini, Dany menekankan pentingnya integrasi roadmap untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen baterai kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara.

Menurutnya, integrasi roadmap kemandirian ini perlu dilakukan Indonesia Battery Corporation (IBC) agar Indonesia bisa terlepas dari ketergantungan pada produk impor.

“Hal ini perlu dilakukan dalam mempekuat ketahanan dan kemandirian energi nasional, serta mewujudkan masa depan Energi Baru Terbarukan (EBT),” ujarnya.

Ia membeberkan, bahan baku baterai di Indonesia pasokannya masih disupport dari nikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) yang mencapai 80 persen.

Sisanya 20 persen lagi, seperti Lithium Hydroxide dengan jumlah kebutuhan 70 ribu ton per tahun masih diimpor dari Australia, China dan Chile.

Kemudian Graphite juga masih diimpor sebanyak 44 ribu ton per tahun, dan Mangan Sulphate serta Cobalt Sulphate masing-masing 12 ribu ton per tahun juga impor.

Dany mengatakan, IBC ditarget menjadi market leader di Asia Tenggara, maka roadmap kemandirian harus dilakukan.

“Hal itu bisa dilakukan dengan mengambil tambang lithium yang ada di luar negeri, atau melakukan langkah lainnya, karena IBC memang dibuat untuk investment company agar bisa cepat dalam melakukan aksi korporasi,” jejasnya.

Untuk diketahui, IBC merupakan perusahaan konsorsium yang terdiri dari MIND ID, PT Pertamina, PT PLN, dan PT Antam yang mendapat mandat khusus mengelola industri baterai kendaraan listrik.

Hadirnya IBC ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem, pertahanan, kemandirian EV baterai di Indonesia dan mengurangi emisi karbon, dan mengurangi subsidi bahan bakar.

Sementara terkait dengan tambahan modal untuk produksi baterai, Dirut PT Antam, Nicolas Kanter menyebutkan, pihaknya masih menghitung secara detail sumber daya yang dimiliki.

Nicolas mengaku tidak mau terlalu cepat menyetujui, karena, sumber daya ini harus dikalkulasikan yang nantinya akan diivestasikan 49 persen. []

Asuransi

Jasa Raharja Kepri Buka Pelayanan Samsat Di Perumahan Cendana Batam

Published

on

PT Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau buka pelayanan Samsat Jempol Sapri (Jemput Bola Samsat Kepri) di Perumahan Cendana Batam, Batam Kota. Kegiatan tersebut dilakukan bersama-sama dengan Tim Samsat dengan menggunakan mobil Samsat Bergerak pada sabtu pagi (24/09/2022)

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Bapak Jamaluddin selaku Ketua RT 03 Perum Cendana Batam dalam rangka meminimalisir terjadinya tunggakan di wilayah tersebut sehingga masyarakat akan selalu ingat untuk taat pajak, kegiatan tersebut di dukung penuh bahkan Bapak RT menyarankan untuk dilakukan sebulan sekali / pada saat event besar pada saat warga semua sedang berkumpul.

Toif Riyanto selaku Kepala Unit Operasional & Humas PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau mengatakan bahwa “Kami melakukan Jempol Sapri ini dalam rangka untuk meminimalisir terjadinya tunggakan yang ada di wilayah ini serta mempermudah masyarakat yang membayar pajak karena tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke samsat karena masyarakat disini tidak ada waktu luang untuk membayarkan pajaknya”.

“Saya mendukung penuh kegiatan ini, mungkin bisa dilakukan sebulan sekali agar masyarakat sini pada taat membayar pajak, dan kami menghimbau agar dilakukan sosialisasi tentang manfaat dari membayar masyarakat agar mereka mengerti sehingga bisa meningkatkan kesadaran pada masyarakat”. Ucap Jamal

Tujuan Jasa Raharja Jempol Sapri ini adalah sebagai upaya Jasa Raharja dalam meminimalisir tunggakan kendaraan yang mati pajak, karena sebagian besar pekerja tidak ada waktu untuk membayarkan pajak kendaraannya. Nantinya untuk kendaraan yang mati pajak di wilayah perumahan akan dikumpulkan secara kolektif oleh Ketua RT/RW masing-masing dan kemudian akan didatangkan samsat bergerak untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak di perumahan tersebut. []

Continue Reading

Asuransi

Pejalan Kaki Korban Kecelakaan Di Birobuli Utara Disantuni Jasa Raharja

Published

on

Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Insiden kecelakaan lalu lintas kembali terjadi pada hari Kamis (22/9) di Jl. Basuki Rahmat Kel. Birobuli Utara Kec. Palu Selatan antara SM dengan seorang pejalan kaki sekitar pukul 15:00 Wita. Akibat dari peristiwa tersebut, pejalan kaki an. Markus Patengke meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit Budi Agung Palu.

Setelah menerima informasi tersebut, petugas Mobile Service Jasa Raharja, Moh. Hidayat langsung bergerak cepat mendata ahli waris korban yang beralamat di Jl. Tanjung Harapan I No. 118 Palu dan membantu melengkapi kelengkapan dokumen ahli waris.

Kepala Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah, Hasjuddin menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga korban diterima di tempat terbaik disisi-Nya serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran, dan kekuatan.

“Korban memiliki ahli waris sesuai UU. 34 Tahun 1964 Jo PP Nomor 18 Tahun 1965, sehingga dapat diberikan santunan berupa santunan meninggal dunia sesuai Peraturan Menteri Keuangan No.16/PMK.010/2017 sebesar Rp 50 juta kepada isrti korban sebagai ahli waris yang sah, Jum’at (23/9). Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, cepat dan tepat kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas,” ungkap Hasjuddin.

“Santunan tersebut berasal dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan bersamaan pada saat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kantor Samsat. Jasa Raharja selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam memberikan hak santunan dengan cepat dan tepat kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menghimbau seluruh pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat berkendara, mengutamakan keselamatan, dan menaati rambu lalu lintas serta menatati jadwal pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. []

Continue Reading

Perbankan

BNI Dukung UMKM Ini Tembus 10 Negara Lebih

Published

on

BNI Dukung UMKM

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kinerja UMKM ekspor tidak hanya mampu membuktikan pembukaan lapangan kerja yang lebih baik bagi tenaga kerja di dalam negeri. Produk UMKM lokal justru mampu bersaing dan menjadi merek yang prestisius yang mampu membuat bangga Indonesia.

Sebagai bank dengan mandat Go Global dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI (kode saham: BBNI) terus memperkuat komitmennya untuk mendorong kinerja pelaku UMKM untuk tak sekadar naik kelas tetapi juga menembus pasar ekspor dan menjadi kebanggaan bangsa.

Wiracana Handfan adalah UMKM Binaan sekaligus nasabah setia BNI sejak 20 tahun lebih. UMKM kriya ini merasa amat sangat terbantu dengan bimbingan dan binaan dari tim BNI yang menggunakan segala channel untuk membantu ekspansi UMKM.

Dengan sinergi yang apik antara perbankan dan pelaku UMKM ini, CEO Wiracana I Wayan Wiraperdhana merasa bangga karena telah mampu menembus setidaknya lebih dari 10 negara seperti Spanyol, Jepang, Amerika, Meksiko, Fiji, Prancis, Jerman, Australia, Italia, serta beberapa negara di Asia Tenggara.

Berkat BNI, dia pun menyampaikan Wiracana dapat ikut mengisi di Sarinah Department store yang mana kipas tangan Wiracana berada di ground floor sebagai produk favorit dan unggulan di shopping center.

“Saya nasabah lama, ada 20 tahunan dengan BNI. BNI itu berbeda cara me-maintain nasabah-nasabahnya kalau ada hajatan pasti cepat sekali (diajak), orang-orangnya yang membantu profesional. Membantu nasabah-nasabahnya benar-benar untuk berkembang,” sebut Wiraperdhana yang akrab disapa Wira di Sesetan Bali, Minggu (25/9/2022).

Dalam masa pemulihan ekonomi ini, Wira menyampaikan Wiracana telah memulai ekspansi dengan kinerja ekspor mencapai 50% dari kemampuan pada kondisi normal lalu. Beberapa buyer internasional sudah mulai berani datang ke pusat produksi Wiracana di Bali untuk memastikan ketersediaan kipas tangan Wiracana.

“Tentunya dengan pelajaran berharga dari masa pandemi, kami juga merambah pasar ritel online. Dengan demikian kami bisa menyentuh lebih banyak pelanggan yang sulit dijangkau dengan store-store fisik,” katanya.

Adapun, Wiracana sudah mampu menghasilkan 1.000 kipas per hari dengan bantuan teknologi canggih, yaitu berupa laser engraver. Penerapan mesin ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk. Hasil kipas terbaik juga dijamin dengan dilibatkannya lebih dari 70 seniman lokal, yang rupa desainnya sangat anggun.

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!