Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Bank BRI Luncurkan Aplikasi BRISPOT

Published

on

Bank BRI

Bank BRI tidak mau ketinggalan oleh berbagai aplikasi fintech yang bisa melayani pinjaman langsung cair. Dengan aplikasi BRISPOT, mengajukan pinjaman di BRI bisa dicairkan dalam hitungan jam di hari yang sama.

Padahal, biasanya pengajuan kredit bank perlu waktu yang lebih lama karena berbagai syarat administrasi dan analisa dari pihak bank. Tapi, sekarang proses pengajuan kredit bisa dilakukan lebih cepat bersama Bank BRI dengan aplikasi digitalisasi ini.

Terobosan Bank BRI untuk Kredit Mikro

BRISPOT adalah sebuah terobosan digital dari Bank BRI untuk mempermudah proses kredit mikro yang lebih efisien, cepat, paperless dan digital base. Dengan aplikasi ini, peningkatan efektifitas tenaga pemasar mikro maupun mantri BRI bisa diminimalisir.

Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto mengatakan, bahwa rata-rata produktivitas tenaga pemasar saat ini meningkat sampai 30 persen. Namun, pengguna BRISPOT di segmen mikro oleh tenaga pemasar sendiri sudah mendekati 100 persen.

Aplikasi ini mengandalkan tingkat fleksibilitas untuk para mantri BRI, sehingga bisa leluasa melakukan fungsi pemasaran jemput bola. Proses pengajuan kredit pun bisa dilakukan tanpa harus datang ke kantor. Selain itu, prakarsa kredit dengan sistem end to end juga bisa dilakukan kapan dan di mana saja dengan BRISPOT karena bisa diakses melalui smartphone.

BRISPOT juga telah menerapkan mitigasi risiko yang memadai. Antara lain, fitur geotagging yang berfungsi untuk mendokumentasikan titik lokasi nasabah dengan akurat saat proses kredit dilakukan.

Teknologi tersebut jelas memudahkan pemutus kredit setiap saat untuk bisa melakukan pengecekan berdasar informasi yang ada di sistem. Ini dilakukan sebagai fungsi dual control serta pengawasan untuk memastikan kebenaran proses kredit itu.

Kinerja segmen mikro Bank BRI yang didorong kesuksesan digitalisasi ini berdampak pada proses bisnis lainnya. Salah satunya adalah turut berkontribusi dalam pencapaian kredit di segmen mikro ini. Hal tersebut dilihat dari pertumbuhan kredit mikro yang mencapai 14,5 persen setelah implementasi BRISPOT.

Ke depannya, BRI akan terus mengembangkan teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan bisnis perseroan. []

Asuransi

Gerak Cepat Jasa Raharja Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Korban Pejalan Kaki Tertabrak Truck Di Kec.Sumbersari Jember

Published

on

Di Kec.Sumbersari Jember

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Kantor Cabang Utama Jawa Tengah telah menyerahkan santunan kepada ahliwaris korban kecelakaan yang terjadi di Jalan raya Yos Sudarso Km 4 tepatnya depan toko TIRTA 88 JAYA masuk Kel. Kranjingan Kec. Sumbersari Kab. Jember Desa/Kel. Kranjingan Kec. Sumbersari Kab. Jember., pada tanggal 15 September 2022. Kecelakaan tersebut melibatkan antara kendaraan truck   dengan pejalan kaki. Akibat dari kejadian tersebut, mengakibatkan korban an. Muryadi  usia 48 Tahun beralamat di kecamatan ungaran Barat Kab.Semarang   – Jawa Tengah mengalami luka serius dan sempat dirawat di Rumah Sakit,namun akhirnya meninggal dunia.

Kepala Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Tengah Sigit Harismun mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada Pihak Keluarga dan mengatakan bahwa santunan korban meninggal dunia sudah diserahkan oleh Jasa Raharja Kantor Cabang Utama Jawa Tengah kepada Ahliwaris korban yaitu istri korban an. Tri Sumaryati melalui transfer bank ke rekening penerima langsung pada tanggal, 19 September 2022.

Berdasarkan hasil survey petugas Jasa Raharja, korban memiliki ahliwaris sesuai UU. 34 Tahun 1964 Jo PP Nomor 18 Tahun 1965, sehingga dapat diberikan santunan berupa santunan meninggal dunia sesuai Peraturan Menteri Keuangan No. 16/PMK.010/2017 sebesar Rp. 50.000.000,- kepada istri korban sebagai ahli waris yang sah. Hal ini sebagai wujud Negara Hadir bagi Korban Kecelakaan lalulintas Jalan maupun Kecelakaan Angkutan Umum dan Jasa Raharja terus berupaya Proaktif dalam penyelesaian santunan Jasa Raharja kepada setiap korban yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas dengan cepat dan tepat”, ujar Sigit pada keterangannya.[]

Continue Reading

Asuransi

Petugas Jasa Raharja Pelaihari Kalimantan Selatan “Gerak Cepat” Kunjungi Ahliwaris Korban Kecelakaan Di Kabupaten Tanah Laut

Published

on

PT. Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Korban kecelakaan yang terjadi di Jl. A Yani Rt 03 Desa Padang Kecamatan Bati-bati Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 1 Oktober 2022, sekitar pukul 08.15 WITA, Ahliwarisnya langsung didatangi petugas Jasa Raharja samsat Pelaihari Cabang Kalimantan Selatan untuk menindaklanjuti proses santunanya. Kecelakaan yang melibatkan dua unit kendaraan sepeda motor tersebut mengakibatkan 1 orang pengendara sepeda motor bernama Karhani meninggal dunia.

Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan, Benyamin Bob Panjaitan menyampaikan “Kami turut rasa prihatin dan juga belasungkawa atas musibah kecelakaan ini. Petugas kami langsung menuju ke tempat kejadian kecelakaan dan juga rumah Ahliwaris korban untuk menindaklanjuti kelengkapan pembayaran santunan,” ungkapnya.

Sejalan dengan peraturan menteri keuangan Nomor 16/PMK.010/2017, besarnya santunan untuk korban kecelakaan yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas jalan adalah sebesar Rp 50 juta, penggantian biaya perawatan sebesar maksimal Rp 20 juta, biaya ambulans paling banyak Rp 500 ribu dan biaya P3K paling banyak Rp 1 juta.

Lebih lanjut Bob Panjaitan menjelaskan untuk korban kecelakaan melalui Petugas Samsat Pelaihari yaitu Triyono, S. M telah melakukan kunjungan jemput bola ke rumah duka untuk melakukan survey keabsahan ahli waris untuk proses pembayaran santunannya.

PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan turut menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dalam berkendara dan senantiasa jarak aman antar kendaraan. Selalu menjaga kecepatan dan selalu waspada, tuturnya. []

Continue Reading

Asuransi

Jasa Raharja Tanjungpinang Serahkan Santunan Meninggal Dunia Korban Kecelakaan Di Jalan Raya Tanjungpinang – Tanjung Uban Lintas Barat, Kec. Teluk Bintan, Kab. Bintan

Published

on

Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Jasa Raharja Tanjungpinang menyerahkan santunan meninggal dunia kepada ahli waris korban kecelakaan lalu lintas di rumah ahli waris yang beralamat di jalan Nusantara km 19, Kel. Sei Lekop, Kec. Bintan Timur, Kab. Bintan pada tanggal 27 September 2022. Penyerahan santunan secara simbolis kepada Bapak Kandung korban dilakukan oleh Sdr. Lambang Priantono Putra, Petugas Jasa Raharja Samsat Kijang dan disaksikan oleh Bpk. AKP. Khapandi, Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Bintan dan anggota Polisi Unit Gakkum Satlantas Polres Bintan. Kecelakaan terjadi karena terjadi tabrakan antara mobil Kia Visto dengan sepeda motor yang dikendarai korban WS. Pengendara sepeda motor mendapatkan luka yang cukup parah dan dinyatakan meninggal dunia ketika sampai di UGD RSUP Ahmad Tabib, Kota Tanjungpinang.

Korban berinisial WS mengalami kecelakaan pada hari Minggu, 25 September 2022 di jalan raya Tanjungpinang – Tanjung Uban Lintas Barat (dekat RM Pondok Desa), Kec. Teluk Bintan, Kab. Bintan sekitar pukul 00.30 WIB dini hari. Dari informasi yang didapatkan dari tempat kejadian, kejadian bermula saat korban WS yang mengendarai sepeda motor Yamah Jupiter datang dari arah Tanjung Uban menuju ke arah Tanjungpinang. Sesampainya di RM Pondok Desa korban hendak menyalip kendaraan yang ada di depannya dan melewati marka tengah jalan, dari arah berlawanan datang mobil Kia Visto yang dikendarai DK. Korban WS yang tidak melihat adanya mobil yang melintas, tidak memperlambat laju kecepatan sepeda motornya sehingga terjadilah tabrakan dengan mobil tersebut. Korban WS mengalami cidera kepala berat serta patah tulang paha kanan kemudian dibawa ke RSUP Ahmad Tabib untuk mendapatkan perawatan di Ruang IGD. Namun korban WS dinyatakan meninggal dunia ketika sampai di UGD RSUD Ahmad Tabib pada pukul 01.56 WIB dini hari tanggal 25 September 2022. Ahli waris korban yang sah adalah orang tua korban yaitu Bpk MS sebagai bapak kandung korban, dan berhak atas santunan kematian sesuai PMK No. 15 tahun 2017 sebesar 50 juta rupiah.

Petugas Jasa Raharja, Lambang Priantono Putra, menyampaikan ucapan turut berduka cita atas musibah kecelakaan yang menimpa korban WS, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. “Kami langsung melakukan jemput bola untuk survey ahli waris korban kecelakaan serta menjelaskan hak dan kewajiban pengajuan santunan kematian kepada ahli waris yang sah” ujar Lambang. “Bapak MS telah melengkapi beberapa persyaratan administrasi santunan telah memenuhi persyaratan dan santunan dapat diserahkan segera kepada ahli waris lalu kelengkapan berkas administrasi santunan sudah terpenuhi semua dan akan segera diproses penyerahan santunannya” jelas Lambang. Untuk santunan meninggal dunia akan diserahkan segera melalui mekanisme transfer ke rekening ahli waris sebesar Rp. 50.000.000 tanpa ada potongan sama sekali”, tambah Lambang.

Bpk. AKP Khapandi, Kasatlantas Polres Bintan menyampaikan bahwa Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang telah bersinergi dan berkolaborasi dengan Satlantas Polres Bintan untuk membantu korban kecelakaan. “Info kecelakaan yang diterima dari masyarakat kami tindaklanjuti dan kami informasikan ke petugas Jasa Raharja, lalu Laporan Polisi yang dibuat oleh penyidik Unit Gakkum Satlantas dilakukan pengentryan secara online ke sistem IRSMS (Integrated Road Safety Management System)” jelas Khapandi. “Dari IRSMS petugas Jasa Raharja bisa menerima Laporan Kecelakaan dan melihat detail data kecelakaan yang dialami oleh korban” tambah Khapandi. Kecepatan dan ketepatan proses penyerahan santunan ini tidak lepas dari kerja sama dan koordinasi antar instansi terutama dengan pihak Kepolisian melalui IRSMS dan proses komunikasi yang intensif dengan pihak Rumah Sakit. RSUP Ahmad Tabib adalah salah satu Rumah Sakit yang telah bekerja sama dengan Jasa Raharja sehingga memudahkan dan mempercepat pemberian jaminan biaya perawatab luka-luka bagi para korban.

PT Jasa Raharja Perwakilan Tanjungpinang telah menyerahkan 2,20 milyar rupiah santunan bagi korban kecelakaan alat angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan selama periode bulan Januari s.d September 2022. Jumlah pembayaran santunan ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021 yaitu sebesar 4,20% atau Rp. 89,14 juta. Jumlah korban kecelakaan yang mengajukan santunan kecelakaan pada tahun 2022 adalah 105 orang dimana jumlah korban yang mengajukan santunan meninggal dunia sebanyak 23 orang dan 82 orang yang mengajukan santunan luka-luka. Jumlah ini mengalami kenaikan jika dibandingkan periode sampai dengan bulan September tahun 2021 yaitu sebanyak 83 orang yang mengajukan santunan. Jumlah korban kecelakaan yang meninggal dunia berkurang sebesar 20,69% atau sebanyak 6 orang jika dibandingkan tahun 2021. Namun jumlah pengajuan santunan korban luka-luka mengalami kenaikan dimana tahun 2021 jumlah korban yang mengajukan klaim santunan luka-luka sebanyak 54 orang dan pada tahun 2022 mengalami kenaikan menjadi 82 orang dengan jumlah santunan luka-luka sebesar 1,01 milyar rupiah (naik 37,80%). Namun rata-rata pengajuan klaim luka-luka mengalami penurunan sebesar 9,25% pada tahun 2022 yaitu rata2 pengajuan santunan luka-luka sebesar 12,4 juta rupiah per korban.

Seperti yang kita ketahui, santunan yang diserahkan merupakan dana yang dikelola oleh Jasa Raharja dari pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) oleh masyarakat, yang pembayarannya dilakukan bersamaan dengan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama SAMSAT. Mengingat pentingnya dana tersebut dan pengelolaannya untuk kepentingan bersama, diharapkan masyarakat tertib dan taat dalam melakukan pembayaran kewajiban tersebut. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!