Connect with us
PERTAMINA

Perbankan

bank bjb Wujudkan Impian Ratusan Nasabah Setia ke Tanah Suci

MediaBUMN

Published

on

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kendala finansial jadi salah satu alasan sebagian umat Muslim Indonesia urung menjalankan ibadah umrah. Terlebih, sejak 1 Januari 2020 pihak Kerajaan Arab Saudi telah memberlakukan aturan baru terkait biaya umrah dengan menambahkan government fee dan asuransi yang semakin memberatkan.

Padahal kesadaran masyarakat Muslim Indonesia untuk menjalankan umrah semakin meningkat karena dipengaruhi adanya experience spending. Fenomena ini terbentuk akibat meningkatnya minat beribadah serta gaya hidup.

Di sisi lain, Provinsi Jawa Barat hadir sebagai daerah dengan basis jemaat umrah terbesar di Indonesia. Hal tersebut dinilai wajar mengingat Jabar merupakan daerah dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di Indonesia.

Serangkaian fakta tersebut yang kemudian menggerakan nurani bank bjb untuk kembali menggelar program Travel Gift Reward Perjalanan Religi dan Nasabah Setia pada tahun 2019. Total sebanyak 140 debitur untuk program bjb Perjalanan Religi dan 15 debitur untuk program Nasabah Setia diberangkatkan ke Tanah Suci pada periode ini.

“Saya apresiasi langkah bank bjb terkait program ini. Alhamdulillah saya mendapat kesempatan untuk menjalani wisata religi. Saya senang dan terima kasih bank bjb,” ujar salah seorang debitur bank bjb Cabang Semarang Haris Yulian Firdaus.

Adapun tujuan program ini adalah untuk meningkatkan customer loyalty para nasabah setia bank bjb. Di sisi lain, program ini merupakan bentuk apresiasi dan rasa terima kasih atas loyalitas nasabah bank bjb yang hadir sebagai mitra setia, khususnya para debitur bjb Kredit Guna Bhakti (KGB) serta bjb Kredit Pra Purna Bhakti (KPPB).

“Kami menyadari, gerak langkah perseroan dalam menentukan langkah usaha dan mencapai tujuan terasa semakin mudah dengan kehadiran nasabah setia yang menjadi mitra bagi bank bjb untuk bertumbuh dan berkembang bersama,” ujar Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi saat melepas debitur di Ballroom Hotel Aryaduta Bandung pada Selasa (10/12/2019).

Selain Yuddy, turut hadir dalam acara pelepasan Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini, PJ Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Daud Achmad, dan Asisten Administrasi Provinsi Jawa Barat Dudi Sudrajat Abdurachim.

bjb Perjalanan Religi merupakan program kegiatan undian berhadiah bank bjb yang rutin digulirkan sejak tahun 2015. Artinya program ini telah lima kali diselenggarakan bank bjb dengan total memberangkatkan 639 pemenang. Sementara program Nasabah Setia telah memasuki tahun keempat penyelenggaraan dengan total 98 pemenang yang telah diberangkatkan.

Adapun kesempatan ziarah suci melalui bjb Perjalanan Religi ini tidak hanya diberikan kepada debitur pemeluk Islam, tapi juga penganut non Muslim. Debitur Muslim diberangkatkan umrah ke Tanah Suci Mekah dan pemeluk non Muslim menuju Hollyland.

Periode program bjb Perjalanan Religi 2019 dimulai dari tanggal 1 Januari hingga 30 November 2019. Pengundiannya diadakan pada tanggal 10 Desember 2019. Untuk tahap pertama, bank bjb memberangkatkan umrah sebanyak 137 pemenang pada tanggal 31 Januari hingga 8 Februari 2020.

Pemberangkatan pada tahap pertama digelar bersamaan dengan pemberangkatan pemenang program penghargaan Nasabah Setia 2019 sebanyak 15 orang. Sementara pemberangkatan tahap kedua akan memberangkatkan tiga debitur non Muslim ke Hollyland.

Dari segi bisnis, kedua program tercatat mampu mendongkrak pendapatan Bunga dan Dana Pihak Ketiga (DPK) khususnya Kredit Konsumer bank bjb secara keseluruhan. “Program bjb Perjalanan Religi ini mampu mendongkrak pendapatan dan membuat pertumbuhan bank bjb semakin positif untuk menghadapi tahun 2020,” ujar Yuddy.

Portofolio Kredit Konsumer bank bjb senantiasa tumbuh dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018, total Kredit Konsumer yang disalurkan oleh bank bjb mencapai Rp51,4 triliun, tumbuh sebesar 9,3% dibandingkan portofolio Kredit Konsumer pada tahun 2017. []

Perbankan

BTN Serius Tingkatkan Keuangan Digital

MediaBUMN

Published

on

keuangan digital

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk serius menggarap layanan keuangan digital sebagai salah satu fokus bisnis perseroan tahun 2021.

keuangan digital

Tampak Plt Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Nixon LP Napitupulu bersama jajaran Direksi dan Komisaris Bank BTN menyimak paparan Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko AS Abdurrahman mengenai layanan keuangan digital dan transformasi bisnis di tengah tantangan pandemic pada acara sharing seasion Rapat Kerja Bisnis Bank BTN 2021 di Jakarta, Rabu (27/1).

Tercatat jumlah transaksi digital banking perseroan dari moblie banking maupun internet banking naiik sekitar 45,05% atau setara dengan Rp 14,52 triliun pada tahun 2020. []

Continue Reading

Perbankan

Bos BRI Angkat Bicara Soal Holding dengan Pegadaian dan PNM

CHRIESTIAN

Published

on

bos BRI

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bos BRI / PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso ikut angkat bicara terkait rencana pembentukan holding BUMN untuk UMKM.

Dimana nantinya PT Permodalan Nasional Madani (Persero) dan PT Pegadaian (Persero) akan digabung bersama dengan Bank BRI.

Menurutnya, Perseroan tentunya akan patuh dan terus ikuti arahan dari pemegang saham dalam hal ini Kementerian BUMN terkait rencana holding tersebut.

“Terkait soal pembentukan holding UMKM dan pembiayaan ultra mikro tentunya kami akan ikut arahan dari pemegang saham,” ujar Sunarso kepada MEDIABUMN (25/01)

Pembentukan holding ultra mikro tersebut, jelas Sunarso, merupakan sesuatu yang sangat baik ke depannya bagi perekonomian. Namun, ia menambahkan rencana ini sepenuhnya menjadi domain pemegang saham.

“Sebagai perusahaan yang akan diholdong ya jawabannya kami serahkan ke pemegang saham dalam hal ini Kementerian BUMN. (tentu) ikut arahan,” tambah Sunarso.

Bos BRI ini mengatakan jika perusahaan akan berupaya mendorong dan membangkitkan UMKM agar mampu berkontribusi terhadap ekonomi nasional.

“Kami terus berupaya memacu kemampuan UMKM agar sektor ini mampu berkontribusi terhadap perekonomian,” jelasnya.

Lebih lanjut Sunarso memasang target pertumbuhan kredit BRI tahun ini sekitar 6 persen. Dimana perseroan, imbuhnya masih fokus terhadap sektor UMKM dan mikro.

“Tantangan di tahun ini yaitu mendorong partumbuhan kredit khususnya sektor mikro agar mampu berkontribusi terhadap ekonomi nasional,” tutup Sunarso yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Bos di PT Pegadaian (Persero). []

Continue Reading

Perbankan

Semarak Hut Ke-71, BTN Gelar Lomba Karya Tulis Dan Foto Jurnalistik

MediaBUMN

Published

on

Hut Ke-71

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. memproyeksikan sektor properti akan menunjukkan kebangkitan pada 2021. Sejalan dengan proyeksi tersebut, perseroan menggelar Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik sebagai wujud komitmen untuk terus mendukung sektor perumahan sekaligus menyemarakkan perayaan HUT ke-71 Bank BTN.

Plt. Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan memasuki tahun 2021 menjadi momentum bagi perseroan untuk bekerja lebih baik dan membawa hasil melebihi harapan.

“Kami memproyeksikan vaksinasi akan menjadi suntikan angin segar untuk sektor properti. Tahun ini, kami pun akan melanjutkan adaptasi dan transformasi menyesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru,” ujar Nixon di Jakarta, Sabtu (23/1).

Menurut Nixon, Bank BTN akan terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kinerja dan mewujudkan mimpi menjadi The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada tahun 2025. Untuk mencapai target tersebut, Nixon mengaku telah mengharmonisasikan langkah dan strategi, melipatgandakan perolehan dana murah, membuat akses pemilikan rumah kian mudah, dan membangun one stop financial solution untuk konsumen dan bisnis yang terkait perumahan.

“Selain itu BTN akan menjadi inovator digital dan home of Indonesia Best Talent dan juga membangun portofolio yang berkualitas tinggi dengan tingkat NPL yang rendah,” jelasnya.

Untuk bisa mengakselerasi dan mengkomunikasikan optimisme perseroan tersebut, Nixon mengakui butuh peran dari media massa. Sehingga dalam rangka HUT ke-71 BTN yang jatuh pada 9 Februari mendatang, Nixon mengajak seluruh insan media untuk ikut memeriahkan momentum ulang tahun tersebut dengan menggelar lomba karya tulis dan foto jurnalistik.

“Media massa merupakan partner kerja bagi BTN. Kami berharap media massa dapat terus berjalan beriringan bersama kami terutama dalam rangka mengkomunikasikan tentang apa yang sudah dan akan dilakukan oleh khususnya Bank BTN dalam pemulihan dan perbaikan ekonomi nasional,” ujar Nixon.

Adapun tema khusus yang diangkat dalam lomba tersebut adalah “71 Tahun BTN Melayani Pembiayaan Perumahan Sebagai Lokomotif Ekonomi Nasional”. Sementara sub tema yang bisa diangkat di antaranya: Transformasi BTN Sebagai Bank Tabungan di Era Digital, Pembiayaan Perumahan Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional, Sektor Perumahan Mampu Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 serta Peluang dan Tantangan BTN sebagai The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara 2025.

Sementara peserta yang dapat mengikuti lomba ini antara lain Jurnalis Cetak dan Online, Pewarta Foto, Umum/Non Jurnalis/Non Pegawai BTN.

Lomba karya tulis jurnalisitk ini akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp171 juta. Kompetisi jurnalistik ini secara resmi dimulai Senin 25 Januari dan berakhir 18 Februari 2021. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 25 Februari 2021.

Kita sudah umumkan kegiatan lomba tersebut secara nasional melalui saluran media online nasional dan media sosial BTN. Oleh karena itu kita mengajak media dan masyarakat ikut berpartisipasi dalam perlombaan tersebut, kata Nixon. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!