Connect with us
PERTAMINA

Perbankan

bank bjb Wujudkan Impian Ratusan Nasabah Setia ke Tanah Suci

MediaBUMN

Published

on

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kendala finansial jadi salah satu alasan sebagian umat Muslim Indonesia urung menjalankan ibadah umrah. Terlebih, sejak 1 Januari 2020 pihak Kerajaan Arab Saudi telah memberlakukan aturan baru terkait biaya umrah dengan menambahkan government fee dan asuransi yang semakin memberatkan.

Padahal kesadaran masyarakat Muslim Indonesia untuk menjalankan umrah semakin meningkat karena dipengaruhi adanya experience spending. Fenomena ini terbentuk akibat meningkatnya minat beribadah serta gaya hidup.

Di sisi lain, Provinsi Jawa Barat hadir sebagai daerah dengan basis jemaat umrah terbesar di Indonesia. Hal tersebut dinilai wajar mengingat Jabar merupakan daerah dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di Indonesia.

Serangkaian fakta tersebut yang kemudian menggerakan nurani bank bjb untuk kembali menggelar program Travel Gift Reward Perjalanan Religi dan Nasabah Setia pada tahun 2019. Total sebanyak 140 debitur untuk program bjb Perjalanan Religi dan 15 debitur untuk program Nasabah Setia diberangkatkan ke Tanah Suci pada periode ini.

“Saya apresiasi langkah bank bjb terkait program ini. Alhamdulillah saya mendapat kesempatan untuk menjalani wisata religi. Saya senang dan terima kasih bank bjb,” ujar salah seorang debitur bank bjb Cabang Semarang Haris Yulian Firdaus.

Adapun tujuan program ini adalah untuk meningkatkan customer loyalty para nasabah setia bank bjb. Di sisi lain, program ini merupakan bentuk apresiasi dan rasa terima kasih atas loyalitas nasabah bank bjb yang hadir sebagai mitra setia, khususnya para debitur bjb Kredit Guna Bhakti (KGB) serta bjb Kredit Pra Purna Bhakti (KPPB).

“Kami menyadari, gerak langkah perseroan dalam menentukan langkah usaha dan mencapai tujuan terasa semakin mudah dengan kehadiran nasabah setia yang menjadi mitra bagi bank bjb untuk bertumbuh dan berkembang bersama,” ujar Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi saat melepas debitur di Ballroom Hotel Aryaduta Bandung pada Selasa (10/12/2019).

Selain Yuddy, turut hadir dalam acara pelepasan Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini, PJ Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Daud Achmad, dan Asisten Administrasi Provinsi Jawa Barat Dudi Sudrajat Abdurachim.

bjb Perjalanan Religi merupakan program kegiatan undian berhadiah bank bjb yang rutin digulirkan sejak tahun 2015. Artinya program ini telah lima kali diselenggarakan bank bjb dengan total memberangkatkan 639 pemenang. Sementara program Nasabah Setia telah memasuki tahun keempat penyelenggaraan dengan total 98 pemenang yang telah diberangkatkan.

Adapun kesempatan ziarah suci melalui bjb Perjalanan Religi ini tidak hanya diberikan kepada debitur pemeluk Islam, tapi juga penganut non Muslim. Debitur Muslim diberangkatkan umrah ke Tanah Suci Mekah dan pemeluk non Muslim menuju Hollyland.

Periode program bjb Perjalanan Religi 2019 dimulai dari tanggal 1 Januari hingga 30 November 2019. Pengundiannya diadakan pada tanggal 10 Desember 2019. Untuk tahap pertama, bank bjb memberangkatkan umrah sebanyak 137 pemenang pada tanggal 31 Januari hingga 8 Februari 2020.

Pemberangkatan pada tahap pertama digelar bersamaan dengan pemberangkatan pemenang program penghargaan Nasabah Setia 2019 sebanyak 15 orang. Sementara pemberangkatan tahap kedua akan memberangkatkan tiga debitur non Muslim ke Hollyland.

Dari segi bisnis, kedua program tercatat mampu mendongkrak pendapatan Bunga dan Dana Pihak Ketiga (DPK) khususnya Kredit Konsumer bank bjb secara keseluruhan. “Program bjb Perjalanan Religi ini mampu mendongkrak pendapatan dan membuat pertumbuhan bank bjb semakin positif untuk menghadapi tahun 2020,” ujar Yuddy.

Portofolio Kredit Konsumer bank bjb senantiasa tumbuh dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018, total Kredit Konsumer yang disalurkan oleh bank bjb mencapai Rp51,4 triliun, tumbuh sebesar 9,3% dibandingkan portofolio Kredit Konsumer pada tahun 2017. []

Perbankan

BNI Mobile Banking, Bisa Tarik Tunai ATM Tanpa Pakai Kartu

Alfian Setya Saputra

Published

on

BNI Mobile Banking

MEDIABUMN.COM, Jakarta – BNI Mobile Banking meluncurkan satu fitur terbaru untuk meningkatkan layanan keuangan di masa new normal. Fitur baru ini adalah Mobile Tunai yang dapat memudahkan nasabah untuk melakukan penarikan uang tunai di ATM BNI (Setor/Tarik Tunai) dan ATM Link (BNI) tanpa perlu membawa kartu debit BNI.

Direktur Bisnis Konsumer PT Bank Negara Indonesia (Persero), Corina Leyla Karnalies mengatakan, fitur Mobile Tunai di BNI Mobile Banking ini diluncurkan guna mendukung nasabah untuk semakin mudah bertransaksi digital di era new normal yang akan datang.

Mobile Tunai, imbuhnya, merupakan cara bertransaksi yang baru secara cashless dan cardless.

“Kelebihan bertransaksi dengan Mobile Tunai yaitu bisa digunakan untuk diri sendiri maupun untuk mengirimkan dana tunai ke orang lain. Caranya juga sangat mudah, nasabah hanya perlu membuka aplikasi BNI Mobile Banking dan memilih menu Mobile Tunai,” jelas Corina di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Menurut Corina, fungsi smartphone saat ini bukan lagi sekadar alat komunikasi, tapi juga sebagai alat transaksi digital.

Masyarakat pun kian mengandalkan smartphone untuk memenuhi keperluan sehari-hari melalui aplikasi Mobile Banking milik perbankan dan e-wallet.

Mulai dari membeli pulsa, pembukaan rekening tabungan, membayar tagihan, dan berinvestasi.

Selain itu, pandemi Covid-19 yang menuntut masyarakat untuk menjalankan social distancing semakin meningkatkan penggunaan transaksi digital.

“Itu merupakan salah satu pertanda dunia tengah memasuki fase new normal. Karena itu BNI menghadirkan fitur Mobile Tunai yang aman, dilengkapi dengan sistem pengamanan yang baik dan berlapis,” jelas Corina.

Inovasi BNI Mobile Banking

Untuk pengamanan tahap 1, nasabah memasukkan kode transaksi di ATM saat melakukan tarik tunai tanpa kartu ini.

Kode pengaman ini hanya berlaku selama 2 jam. Di tahap 2, yaitu dengan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone yang dituju.

Kedua tahap pengamanan ini kami terapkan demi memaksimalkan keamanan transaksi seluruh nasabah melalui BNI Mobile Banking.

“Fitur ini juga bisa digunakan untuk mengirim uang kepada orang lain. Caranya tinggal memasukkan nomor HP penerima uang lalu berikan kode transaksi yang dihasilkan pada penerima dana dan dia akan mendapatkan kode OTP pada nomor HP yang dituju,” jelasnya.

Nominal uang yang dapat ditarik dengan Mobile Tunai adalah kelipatan Rp 50.000, hingga maksimal Rp 1.250.000 untuk transaksi diri sendiri.

Sementara untuk tarik tunai untuk orang lain dibatasi hanya maksimal Rp 500.000.

“Pengaturan besaran nominal ini demi keamanan nasabah BNI. Maka kedepannya, BNI akan kembangkan transaksi cashless dan cardless untuk setor tunai ke tabungan dan transaksi digital lainnya,” tandasnya. []

Continue Reading

Perbankan

Inovasi bank bjb dan Tim Pembina Samsat, Setor Pajak Kendaraan di Kepri Bisa via Bukalapak dan Indomaret

MediaBUMN

Published

on

samsat

MEDIABUMN.COm. Jakarta – bank bjb bekerja sama dengan Tim Pembina Samsat Kepulauan Riau (Kepri) mengembangkan inovasi cara pembayaran pajak tahunan kendaraan dengan membuka layanan pembayaran via Indomaret dan Bukalapak. Inovasi ini menambah channel pembayaran pajak yang selama ini telah dimiliki Samsat Kepri.

Dengan hadirnya format layanan baru ini, para wajib pajak dapat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), serta registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor di daerah hukum Kepolisian Daerah Kepulauan Riau secara elektronik melalui aplikasi bayar pajak Kepri, website Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, gerai Indomaret dan Bukalapak.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto menuturkan inovasi tersebut sengaja dilakukan sebagai bentuk dukungan bank bjb terhadap optimalisasi pendapatan daerah. Dengan akses pembayaran pajak yang semakin mudah dan praktis, diharapkan akan semakin banyak wajib pajak yang memanfaatkan layanan hasil inovasi ini sehingga pendapatan daerah ikut terdongkrak.

“Telah sejak awal bank bjb hadir dan ikut serta membangun sistem elektronifikasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di berbagai daerah di Indonesia. Sebagai agen perubahan nasional, kami telah berhasil merevolusi sistem pembayaran pajak sehingga berjalan lebih mudah dan efisien. Kami berharap inovasi-inovasi yang kami persembahkan ke depan, khususnya di sektor pembayaran pajak, dapat semakin mengakselerasi kinerja perolehan pendapatan daerah yang menjadi modal penting bagi pemerintah untuk menjalankan agenda-agenda pembangunan demi kesejahteraan masyarakat,” ujar Widi.

Selama ini, bank bjb memang senantiasa melakukan langkah inovasi demi menghadirkan layanan yang semakin mempermudah bagi publik dan nasabah sebagai penerima manfaat. Selain E-Samsat, beberapa hasil inovasi elektronifikasi pembayaranm pajak yang telah dilakukan bank bjb antara lain Tabungan Samsat (T Samsat), Samsat Jawa Barat Ngabret (Samsat J’bret), dan Samsat Banten Hebat (Sambat). Inovasi juga dilakukan untuk sistem setoran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang dapat secara online melalui aplikasi bjb DIGI. Pembayaran pajak dapat dilakukan melalui seluruh channel bank bjb antara lain Teller, Automated Teller Machine (ATM), dan Electronic Data Captured (EDC). Pembayaran juga dapat dilakukan di channel layanan yang sudah bekerjasama dengan bank bjb dan Pemerintah Daerah setempat melalui Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, PT Pos Indonesia.

Pembayaran PKB di Bukalapak dan Indomaret dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi E-Samsat KEPRI yang tersedia di Google Play Store untuk memperoleh kode bayar. Kode bayar ini diperlukan sebagai syarat pembayaran pajak di Indomaret dan Bukalapak.

Langkah pertama untuk mendapatkan kode bayar pada aplikasi E-Samsat KEPRI yakni dengan memilih pembayaran melalui bank bjb pada opsi menu. Setelahnya, masukkan nomor polisi kendaraan. Lalu, Masukkan enam digit terakhir nomor rangka. Selanjutnya kode bayar akan muncul.

Setelah kode bayar diperoleh, pembayaran PKB dapat dilanjutkan melalui aplikasi Bukalapak maupun Indomaret. Setelahnya, Wajib Pajak akan memperoleh bukti pembayaran. Simpanlah bukti pembayaran kendaraan bermotor untuk mencetak Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) dan pengesahan STNK pada layanan Samsat yang tersebar di Kepri berlaku selama dua bulan setelah pembayaran dilakukan. []

Continue Reading

Perbankan

Lebaran Seru #DiRumahAja, bank bjb Sebar Promo Idulfitri 2020

MediaBUMN

Published

on

bjb

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Berbagai kemudahan terus dipersembahkan bank bjb kepada nasabah setianya, masih dalam semarak hari ulang tahun ke-59 tahun serta menjelang Hari Raya Lebaran Idulfitri 2020. bank bjb memberikan kado istimewa kepada para nasabah setianya dengan menggelar program promosi Idulfitri 1441 Hijriah.

Penawaran-penawaran promo ini merupakan program rutin yang diselenggarakan perseroan. Tujuannya, tidak lain untuk memanjakan nasabah loyal yang selama ini telah menjadi mitra bank bjb. Promo ini juga bertujuan untuk memeriahkan perayaan momen lebaran yang kental dengan suasana ingar-bingar.

“bank bjb mencoba memberikan Tandamata lebaran sebagai wujud ungkapan penghargaan dan apresiasi yang diberikan perusahaan kepada nasabah yang selama ini sudah menjadi nasabah setia kami dalam bertumbuh serta berkembang bersama. Semoga dapat dimanfaatkan oleh nasabah agar dapat menambah suasana kemeriahan Hari Raya Idulfitri kali ini,” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Digulirkannya promo lebaran ini ikut dimaksudkan untuk mendukung gerakan lebaran #DiRumahAja di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih menyelimuti dunia. Promo ini dapat dinikmati nasabah melalui layanan e-channel bank bjb.

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kategori promo yang diberikan oleh perseroan. Nasabah dapat memanfaatkan promo menarik ini secara optimal. Berikut rinciannya:

Zakat Fitrah

bank bjb juga menyediakan promo Bayar Zakat Fitrah #DiRumahAja melalui QRIS bank bjb. Nasabah yang melakukan pembayaran zakat kepada Baznas via QRIS bank bjb (dengan aplikasi uang elektronik bjb DIGIcash, OVO, GOPAY, LinkAja, Dana) bisa mendapatkan e-voucher Indomaret senilai Rp25.000 hingga 24 Mei 2020 pukul 06.00 WIB. Promo berlaku bagi 200 user pertama yang melakukan pembayaran Zakat.

Food & Beverage

Pada kategori food & beverage, ada sejumlah merchant kuliner yang menawarkan promo, antara lain Ina Cookies, Raacha, Gokana, BMK, Omiyago, dan Marugame Udon.

bank bjb menawarkan merchandise cantik bagi nasabah yang membeli produk Ina Cookies dengan minimum transaksi sebesar Rp150.000 menggunakan bjb DIGI dan bjb DIGICash. Syaratnya dengan menunjukan bukti transfer dan bjb DIGICash dengan melakukan Scan QRIS yang dibawakan oleh kurir. Promo berlangsung pada 20 Mei-20 Juni 2020. Berlaku bagi transaksi menggunakan bjb DIGI dan bjb DIGICash di area Bandung Raya.

Promo di Raacha, Gokana, dan BMK berlaku untuk transaksi minimal Rp200.000 per hari menggunakan bjb Debit Card dan bjb Credit Card akan mendapatkan voucher 25.000 khusus delivery order. Promo berlangsung pada 18 Mei-18 Juni 2020 di outlet Sukajadi, Piset Square, Cimahi Mall dan Jatinangor Town Square.

Promo di Omiyago berlaku pemesanan via home page omiyago.com. Nasabah dapat memperoleh voucher Rp80.000 untuk minimal transaksi Rp400.000. Caranya, masukkan kode voucher bjbTHR sat pemesanan. Promo berlangsung pada 18 Mei-31 Mei 2020. Berlaku untuk 500 transaksi pertama.

Di Marugame Udon, promo diberikan berupa free delivery fee sebesar Rp10.000 dengan minimum transaksi Rp100.000 untuk maksimum pengantaran 7 km. Promo berlaku untuk transaksi menggunakan bjb Credit Card jenis Platinum. Pemesanan dilakukan dengan melakukan telepon langsung ke outlet dan melakukan konfirmasi untuk jenis pembayaran menggunakan bjb Credit Card. Promo berlangsung pada 18 Mei-31 Mei 2020 di outlet Kalideres, Jatiwaringin, Danau Sunter Utara, Jalan Riau Bandung, Buah Batu, Jalan Semeru Malang, Jalan Teuku Umar Bali, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Marketplace

Pada kategori marketplace, ada sejumlah merchant yang menawarkan promo, antara lain Indomaret, Shopee, Tokopedia, Blibli, iLOTTE, JD.ID.

Promo di Indomaret berlaku untuk pembelian produk Festive Pilihan pada halaman promo Klik Indomaret. Nasabah dapat beroleh tambahan diskon potongan Rp15.000 dengan minimal belanja Rp100.000 menggunakan kupon BJBLEBARAN khusus pembayaran dengan Kartu bjb Credit Card. Periode promosi 20 Mei-30 Juni 2020.

Di Shopee, Tokopedia, iLOTTE, JD.ID nasabah dapat memperoleh diskon sebesar Rp25.000 dengan minimal transaksi Rp250.000. Masukkan kode voucher BJBLEBARAN untuk transaksi di Shopee, dan BJBRAMADAN di Tokopedia, dan BJB-RAMADHAN di Blibli.

Promo berlaku untuk metode potongan langsung dengan menggunakan bjb Credit Card di seluruh marketplace. Promo berlaku untuk 25 transaksi/hari. Periode promosi 22 Mei-31 Mei 2020.

Provider

Pada kategori provider, tiga provider yang menawarkan promo, antara lain Indosat, XL Axiata, Telkomsel.

Promo di Indosat menawarkan tambahan pulsa bagi nasabah terpilih sebesar 5.000 untuk denominasi 100.000 dan 10.000 untuk 150.000. Periode program berlangsung 24 Mei-2 Juni 2020 dan berlaku pukul 12.00-15.00 WIB untuk transaksi menggunakan bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS, dan bjb ATM.

Promo di XL Axiata menawarkan double voucher Grabfood hingga 150.000 untuk pembelian Paket Xtra Combo dan Xtra Combo VIP melalui ATM bank bjb, bjb SMS, bjb NET dan Mobile Banking bank bjb. Periode program pada 22 Mei-31 Mei 2020.

Promo di Telkomsel menawarkan tambahan pulsa reguler 20.000 setiap pembelian pulsa internet 200.000 periode 23 Mei 2020 berlaku pukul 00.00 s.d 23.59 WIB.

Promo diberikan khusus bagi nasabah yang melakukan isi ulang pulsa internet melalui e-channel bank bjb (bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS, bjb ATM). Info lebih lanjut kunjungi www.bankbjb.co.id atau hub. bjb Call 14049. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM