Connect with us
PERTAMINA

Perbankan

bank bjb Terapkan Protokol Khusus Cegah Penyebaran Virus Corona

MediaBUMN

Published

on

Penyebaran

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Penyebaran Virus Corona (COVID-19) yang terjadi di tanah air mengundang perhatian berbagai pihak. Virus Corona baru yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok ini, masih terus menjangkiti penderita-penderita baru hingga saat ini. Ratusan ribu orang telah dinyatakan positif COVID-19 di berbagai belahan dunia. Lebih dari setengahnya telah dinyatakan sembuh, namun tak sedikit pula yang harus rela meregang nyawa akibat tak kuasa melawan keganasan COVID-19.

Untuk mencegah penyebarluasan virus, pemerintah dari level pusat hingga daerah telah melakukan berbagai langkah yang diperlukan. Sebagai respons cepat, pemerintah melalui berbagai lembaga publik langsung menerapkan tindakan medis yang terukur dan diperlukan sesuai standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk menangani pasien positif COVID-19.

Pemerintah di berbagai level juga terus meningkatkan kualitas fasilitas kesehatan demi mendukung penanganan cepat. Di sisi lain, sebagai upaya antisipasi, diseminasi informasi terkait berbagai hal yang bersangkut-paut dengan Virus Corona senantiasa dilakukan untuk mengedukasi masyarakat sekaligus mencegah kepanikan.

Seturut dengan langkah antisipasi yang dilakukan pemerintah, bank bjb ikut mengambil langkah strategis guna meningkatkan kesiapsiagaan terhadap wabah Corona. Perseroan secara resmi menetapkan standar protokol khusus yang mengatur pergerakan dan perilaku insan bank bjb agar terhindarkan dari cengkeraman wabah Corona.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan standar protokol khusus ini diterapkan sejak perkembangan Virus Corona memperlihatkan gejala perluasan dan telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai Pandemi merujuk pada penyakit yang menyebar ke banyak orang di beberapa negara dalam waktu yang bersamaan. Jumlah penyebaran virus corona sendiri bertambah signifikan dan berkelanjutan secara global. Perseroan melakukan hal tersebut dengan tujuan menumbuhkan kesadaran kritis sekaligus melindungi sumber daya manusia (SDM) bank bjb dari ancaman yang berpotensi membahayakan.

“Penyebaran Virus Corona yang terjadi saat ini mengundang keprihatinan sekaligus perhatian tersendiri bagi perseroan. bank bjb bersimpati sekaligus mendoakan kepada mereka yang terjangkit agar segera diberi kesembuhan. Sebagai upaya antisipasi, bank bjb juga ikut mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kewaspadaan sekaligus menghindari kepanikan. Salah satunya dengan memberlakukan protokol khusus bagi seluruh insan perseroan untuk menjaga kondusivitas situasi kerja di tengah penyebaran Corona. Peraturan ini dirumuskan berdasarkan pertimbangan kesehatan insan perusahaan sebagai prioritas utama di atas segalanya,” kata Widi.

Dalam peraturan tersebut, terdapat sejumlah poin langkah proteksi yang ditetapkan perusahaan. Di antaranya dengan melakukan pengecekkan suhu tubuh kepada setiap orang yang memasuki wilayah kantor dengan membatasi suhu tubuh maksimal pengunjung yang diperkenankan memasuki kantor tidak lebih dari 37,5 derajat Celcius, jika suhu tubuh berada di atas batas tersebut, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter/fasilitas kesehatan terdekat untuk deteksi dan pencegahan dini, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat terutama di lingkungan kerja mencakup senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan serta menyiapkan alat berupa disinfektan, tisu kering, masker, tempat sampah dan termometer pada setiap ruang kerja, ruang rapat, ruang makan di masing-masing unit kerja.

Semua pegawai diminta pula memastikan kebersihan tempat kerja, serta menggiatkan kampanye pencegahan penyebaran virus dengan menjaga kebersihan tangan terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, maupun setelah memegang instalasi publik. Diingatkan pula untuk mencuci tangan secara benar dan teratur dan menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk dan pilek.

Selain itu, insan bank bjb beserta anggota keluarganya juga dihimbau untuk menghindari kunjungan ke negara dengan status berisiko tinggi maupun ke negara yang telah mengonfirmasi kasus COVID-19 sampai dengan imbauan perjalanan (travel advisory) kunjungan ke sejumlah negara tersebut dicabut pihak berwenang. Bagi pegawai atau keluarga yang terpaksa melakukan kunjungan diminta untuk meminta izin kepada pimpinan unit kerja dan melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan yang dianjurkan apabila mengalami gejala Virus Corona.

Langkah selanjutnya, insan perseroan diinstruksikan mengidentifikasi tamu dari luar negeri yang berkunjung ke jaringan kantor bank bjb dengan meminta mengisi buku tamu dilengkapi keterangan perjalanan di luar negeri 14 hari terakhir, melakukan pengecekan paspor dan sebisa mungkin menghindari menerima tamu dari negara-negara yang dalam 14 hari terakhir mengonfirmasi pasien COVID-19.

Perseroan juga telah menyusun Matriks Risiko Penyebaran COVID-19 di seluruh Jaringan Kantor bank bjb dengan berbagai lapisan status, status hijau yakni status operasional normal diberlakukan saat belum terdapat kasus virus di sekitar wilayah kantor, status kuning yakni status operasional normal dengan pencegahan tatkala terdapat informasi kasus COVID-19 di sekitar jaringan kantor, status jingga yakni status operasional normal dengan kewaspadaan jika pegawai atau keluarga diduga terjangkit Corona, dan status merah penanganan darurat/evakuasi ketika pegawai atau keluarga positif COVID-19.

“Berbagai langkah proteksi ini akan kami berlakukan sebagai protokol standar hingga penyebaran Virus Corona mereda dan otoritas yang berwenang memberikan instruksi lebih jauh. Kami berharap seluruh insan perseroan dapat menerapkan cara bertindak yang tepat untuk menghindari kepanikan tak perlu sekaligus menjadi agen yang mengedukasi dan memberi contoh langsung dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat guna menjauhi ancaman Corona,” ujar Widi. []

Perbankan

bjb DigiCash Jagoan Generasi Digital

MediaBUMN

Published

on

bjb DigiCash

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Penggunaan uang elektronik sebagai alat pemenuhan kebutuhan transaksi menjadi ihwal yang kian lazim di zaman kiwari. Kelebihan uang virtual ini terletak pada kepraktisannya. Pengguna bisa melakukan transaksi tanpa tatap muka atau menunggu waktu untuk mengambil sisa kembalian yang dapat terakomodasi melalui sistem otomatis.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan uang elektronik bagi masyarakat, bank bjb telah mengeluarkan produk electronic money server based bernama bjb DigiCash yang merupakan alat bayar virtual yang lahir sebaga buah inovasi dari bank bjb.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan bjb DigiCash ini hadir sebagai respon terhadap kebutuhan zaman akan alat transaksi yang lebih praktis dan efisien. Kehadiran bjb DigiCash juga dipersembahkan untuk mendorong lahirnya budaya transaksi nontunai demi mewujudkan cashless society.

“bank bjb berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi yang dapat dimanfaatkan secara luas demi memberikan kemudahan kepada nasabah dan masyarakat. Dengan hadirnya teknologi ini, diharapkan akan turut serta mendorong akselerasi budaya transaksi nontunai di Indonesia,” kata Widi.

Uang bjb DigiCash ini dapat dimiliki oleh masyarakat luas tanpa kecuali, baik yang berstatus sebagai nasabah bank bjb maupun bukan nasabah. Untuk dapat menggunakannya, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi bjb DigiCash yang terdapat di Play Store maupun App Store.

Proses pendaftaran bjb DigiCash terbilang mudah. Pengguna hanya perlu memasukkan data-data pribadi mencakup nama lengkap pemegang bjb DigiCash, nomor identitas pribadi/KTP, tanggal lahir, alamat domisili sesuai KTP, nomor ponsel, email, dan PIN yang akan digunakan untuk log in.

Setelahnya, pemegang bjb DigiCash harus melakukan aktivasi dengan memasukkan kembali nomor ponsel pada menu aktivasi untuk menerima OTP sebagai langkah akhir aktivasi. Apabila aktivasi berhasil, pemegang bjb DigiCash akan menerima notifikasi aktivasi berhasil.

Terdapat dua jenis pengguna bjb DigiCash, yakni yang berstatus registered dan unregistered. Perbedaan jenis pengguna ini menentukan kelengkapan fasilitas yang bisa dinikmati. Pengguna unregistered dapat mengakses fasilitas pembayaran transaksi, pembayaran tagihan, dan top up saldo. Sedangkan pengguna registered juga dapat menikmati fasilitas transfer dana dan penarikan uang dalam bentuk tunai.

Status registered dan unregistered ini juga menentukan batas maksimal saldo bjb DigiCash yang dapat disimpan. Pengguna registered dapat menyimpan saldo maksimal Rp2 juta sementara batas atas saldo pengguna registered sebesar Rp10 juta. Adapun batas maksimal incoming (top up, transfer, refund) dalam 1 bulan adalah Rp20 juta.

Sebagai alat bayar, bjb DigiCash dapat digunakan melakukan pembayaran kepada berbagai merchant dengan metode QR Code (QRIS), pembayaran tagihan pajak, transfer ke sesama pengguna, dan dikonversi menjadi simpanan di tabungan bank bjb dan transfer uang elektronik antar bank. bjb DigiCash juga dapat digunakan untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan PBB.

Untuk top up saldo, dapat dilakukan melalui Teller bank bjb, transfer via aplikasi bjb DIGI, atau dari bank lain. Top up dilakukan dengan menjadikan nomor ponsel sebagai nomor rekening tujuan. Untuk top up dari bank lain, pengguna dapat melakukannya dengan mekanisme transfer antar bank, pilih bank bjb (110), masukkan kode 0041 + nomor ponsel.

Selain untuk pengguna biasa, bank bjb juga menyediakan aplikasi bjb DigiCash Merchant untuk para merchant untuk penerimaan transaksi QRIS yang digunakan oleh merchant yang melakukan kerja sama dengan bank bjb. Merchant dapat melakukan aktivasi dengan memasukan nomor ponsel pada menu aktivasi untuk menerima OTP. Apabila aktivasi suksesl, merchant menerima notifikasi aktivasi berhasil.

Untuk log in pada aplikasi, merchant dapat melakukannya dengan memasukkan Pin yang didapatkan dari nomor sender 3373 pada saat merchant approved di aplikasi pocket web. Sedangkan untuk penerimaan transaksi QRIS dapat dilakukan dengan melakukan scan QRIS oleh uang elektronik di layar smartphone pada aplikasi bjb DigiCash Merchant dan pada media cetak yang menampilkan QRIS. []

Continue Reading

Perbankan

Transaksi Lebih Praktis via bjb DIGI, Yuk Daftar Sekarang!

MediaBUMN

Published

on

bjb DIGI

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kebutuhan akan medium transaksi yang cepat dan praktis menjadi sesuatu yang niscaya di zaman kiwari. Kebutuhan ini hadir merespons derap langkah perubahan zaman yang terus melaju kencang dan mengharuskan segala urusan dituntaskan dengan cara yang lekas dan tangkas.

Bagi Anda nasabah bank bjb, jawaban akan kebutuhan tersebut dapat terpenuhi melalui aplikasi mobile banking bjb DIGI. bjb DIGI merupakan aplikasi yang disediakan bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui ponsel pintar (smartphone) Anda di mana saja dan kapan saja.

Terdapat sejumlah fitur yang dapat digunakan dalam aplikasi ini. Fitur-fitur tersebut tersebar dalam 4 kategori menu utama, yakni bjb MOBILE, bjb SMS, bjb NET, dan bjb PROMO. bjb MOBILE memiliki sejumlah fitur antara lain informasi rekening, transaksi, pembelian pulsa dan electronic money (bjb DigiCash, OVO, PayTren & GOPAY), pembayaran (internet, kartu kredit, multifinance, pajak, PDAM, pendidikan, paket data, PSTN, dll.), setoran iuran bjb DPLK, hingga mutasi debit dan kredit. Sejumlah fitur transaksi tersebut juga bisa diakses melalui menu bjb SMS dan bjb NET. Sedangkan bjb PROMO berisi informasi terkini ihwal promosi-promosi menarik yang ditawarkan kepada nasabah.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan bjb DIGI merupakan rumah aplikasi yang didesain perseroan untuk menghadirkan pengalaman transaksi yang mudah, cepat, aman, dan praktis. bjb DIGI dapat diakses di mana saja dan kapan saja selama 24 jam nonstop alias tanpa jeda.

“bjb DIGI adalah aplikasi digital hasil inovasi perusahaan yang dibuat untuk menjadi solusi atas berbagai kebutuhan transaksi. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh nasabah terutama untuk mengimbangi tuntutan beraktivitas secara cepat dan efisien sesuai dengan laju perkembangan zaman,” kata Widi.

Persyaratan untuk dapat menggunakan aplikasi bjb DIGI ini terbilang sangatlah mudah. Langkah pertama adalah nasabah harus mengunduh aplikasi bjb DIGI di App Store atau Play Store. Selanjutnya lakukan validasi dengan memasukkan nomor handphone dan melakukan request kode aktivasi.

Langkah selanjutnya adalah proses registrasi dan aktivasi Mobile Banking di Customer Service bank bjb dan akan diarahkan untuk mengisi nomor rekening, nomor handphone, nomor kartu ATM, email serta OTP. Proses berlanjut pada pembuatan kode akses dan M-PIN bjb MOBILE di mana kode akses terdiri dari 6 digit alphanumeric, sedangkan M-PIN terdiri dari 6 digit numeric sebagai syarat log in.

Belum lama ini, bjb DIGI diperbaharui dan memiliki perubahan tampilan menjadi lebih elegan dan user friendly, serta pengembangan fitur yang lebih aksesibel dan fungsional. Sejumlah fitur baru yang dapat dimanfaatkan nasabah dalam bjb DIGI terbaru yakni transfer limit menjadi maksimal Rp10 juta, data mutasi rekening maksimal 3 bulan terakhir dan maksimal range 1 bulan, serta registrasi, pembayaran atau blokir E-Samsat. []

Continue Reading

Perbankan

KPR Tanpa Angsuran dan Bunga, Produk Baru BTN

Alfian Setya Saputra

Published

on

KPR tanpa angsuran

MEDIABUMN.COM, Jakarta – KPR tanpa angsuran dan bunga kini menjadi satu produk baru dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bekerjsama dengan PT Repower Asia Indonesia Tbk.

BTN dan PT Repower menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk menyalurkan pembiayaan property bagi masyarakat, Kamis (13/8/2020).

Executive VP Nonsubsidized Mortgage And Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN, Suryanti Agustinar mengatakan, kerjasama kedua belah pihak untuk dapat saling menguntungkan.

Dari kerja sama ini, PT Repower dan BTN menargetkan penjualan KPR tanpa subsidi dan bunga senilai Rp100 miliar.

Kerjasama ini juga untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen dan masyarakat yang melakukan akad kredit dengan Bank BTN.

“Salah satunya, dengan kerjasama pemberian subsidi angsuran pokok dan bunga kredit selama dua tahun pertama oleh PT Repower Asia Indonesia Tbk. Jadi debitur yang melakukan akad kredit di Bank BTN akan mendapat benefit bebas angsuran pokok berikut bunganya selama dua tahun,” kata Yanti dalam keterangan tertulis.

Menurutnya, selama dua tahun itu debitur bebas dari tagihan, karena kewajiban pembayaran itu sudah disubsidi oleh developer.

Selain itu, Bank BTN memberikan tambahan lain bagi pembeli KPR yaitu bebas biaya administrasi, provisi dan biaya appraisal.

“Program subsidi KPR tanpa angsuran pokok dan bunga selama dua tahun pertama ini adalah wujud kepedulian kami untuk membantu meringankan beban masyarakat menghadapi situasi ekonomi sulit akibat Pandemi Covid-19,” kata Yanti.

Program KPR tanpa angsuran dan bunga ini juga diluncurkan lantaran kebutuhan hunian secara nasional masih sangat besar seiring pertambahan jumlah penduduk.

KPR Tanpa Angsuran dan Bunga Jadi Solusi

Yanti yakin program subsidi KPR tanpa angsuran dan bunga selama dua tahun ini bisa menjadi solusi bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan rumah tempat tinggal.

Namun lantaran masih dalam situasi pandemi, banyak masyarakat masih memilih membatasi aktifitas di rumah dan bertransaksi secara online.

Untuk memberikan pelayanan itu, Bank BTN telah menyediakan aplikasi BTN Properti yang dapat diakses melalui HP atau website resmi.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memudahkan pelayanan transaksi bagi masyarakat, seperti pengajuan kredit, pembayaran booking fee, simulasi angsuran, dan tracking berkas.

Ada juga fitur 4D Tour Service untuk proyek-proyek besutan pengembang yang direkomendasikan.

Dengan fitur 4D calon pembeli bisa melihat detail unit hingga ke seluruh sudut ruangan secara online tanpa harus datang ke lokasi proyek. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!