Perluas Lingkup Bisnis, bank bjb Lakukan MoU dengan Al Rajhi Bank

by

Bank bjb senantiasa terus melakukan upaya perluasan segmen bisnis dengan membangun sinergitas dengan berbagai instansi/lembaga baik dari Pemerintah maupun swasta. Hal tersebut sejalan dengan strategi perbankan yang terus bergerak maju mewujudkan visi menjadi 10 bank terbesar di Indonesia.

Dalam rangka memperluas lingkup bisnisnya termasuk kepada segmen bisnis komunitas pengelola Pilgirm dan Expatriat khususnya dalam hal pengiriman uang, bank bjb melakukan kerjasama dengan Al Rajhi Banking & Investment Corporation (Malaysia) Berhad yang tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Operasional bank bjb Fermiyanti dan Chief Operating Officer (COO) Al Rajhi Bank Zarir Bin Mohd Rawi bertempat di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta (16/5). Adapun ruang lingkup MoU meliputi General Banking Services’s Project.

Melalui kerjasama ini bank bjb berharap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah, khususnya bagi Para Pelancong Spiritual/Religious Tourism (Pilgrim) dan para pahlawan devisa (Expatriat) dengan memberikan solusi direct payment ke Kingdom of Saudi Arabia (KSA) yang selama ini dirasakan menjadi kendala dalam pengelolaannya.

Pengelolaan bisnis komunitas Pilgrim dan Expatriat memiliki potensi yang sangat besar, khususnya di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki popupasi penduduk terbesar ke-4 di dunia, dimana 85% penduduknya beragama Islam yang berpotensi melaksanakan Haji dan Umroh sebagai perjalanan spiritual dengan kuota Haji dan Umroh yang terus meningkat setiap tahunnya (Tahun 2017 sebesar 221.000 jemaah).

Kemudian berdasarkan data dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Indonesia merupakan negera yang terbanyak dalam menempatkan tenaga kerjanya di luar negeri, khususnya di wilayah Timur Tengah setelah ASEAN.

Dari model bisnis ini diharapkan dapat meningkatkan fee based income bagi bank bjb, memperluas segmen pasar sesuai captive market bank bjb yang potensial khususnya masyarakat yang akan melakukan Haji dan Umroh serta Pilgrim, dapat manambah daya saing produk Debit Card bank bjb yang pada akhirnya hal tersebut akan membawa bank bjb untuk dapat memberikan pelayanan terbaiknya bagi nasabah. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *