bank bjb Lakukan Kerjasama dengan Perkumpulan Gerakan OK OCE

by

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penopang perekonomian nasional, oleh karenanya pengembangan UMKM terus digalakkan. Sejalan dengan program pemerintah tersebut, bank bjb sebagai bank berskala nasional turut berperan serta dalam mendorong dan memajukan UMKM. Bentuk dukungan yang dilaksanakan oleh bank bjb diimplementasikan melalui dua program, yaitu penyaluran pembiayaan sebagai sumber permodalan usaha dan program pemberdayaan pelaku usaha dengan nama program PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu).

Program PESAT merupakan wujud dari misi bank bjb sebagai penggerak dan pendorong laju perekonomian di daerah sekaligus menjawab tantangan yang dihadapi pelaku UMKM. Ahmad Irfan menambahkan “saat ini banyak Pengusaha UMKM muda tidak hanya membutuhkan modal, namun mereka juga membutuhkan pendidikan, training, dan pelatihan, serta pembinaan saat mereka berusaha. Dalam program tersebut bank bjb juga memberikan berbagai pengetahuan seperti cara pemasaran produk, sistem keuangan yang baik, kemasan produk yang bisa membuat produk menjadi menarik, manajerial dan lainnya guna mendukung usaha para UMKM itu bisa lebih maju.” tutup Irfan.

Perkembangan teknologi, diakui atau tidak mempermudah para pelaku usaha memasarkan produknya. Salah satunya melalui e-Commerce, mengingat dengan maraknya perdagangan melalui e-Commerce, menuntut para pelaku UMKM Indonesia untuk bisa bersaing dengan skala yang lebih luas yaitu pasar global. Oleh karenanya bank bjb melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PGO Tentang Penggunaan Produk, Jasa dan Layanan Perbankan yang bertempat di Ruang Balai Agung & Ruang Media – Balaikota DKI Jakarta (25/4) yang ditandatangi oleh CEO Regional 2 bank bjb Muhammad Mufti dan Feran Jaya Selaku Ketua PGO.

Turut disaksikan oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta H. Sandiaga Salahuddin Uno. B.B.A.M.B. beserta Jajaran SKPD DKI Jakarta, Ketua Kadin PB SHIA Sapto Kashariyanto, Head e-Commerce Tigers Global Logistic & e-Shop Mr. Jiun Jye, CEO Global Trade Logistik Network Siswandi, Representation Global SME Alliance Mr. Michael The & Mr. Lewi Lim, Representation EBS China Ms. Huang Xiaoli & Ms. Ou Xiaoling serta Para Pimpinan bank bjb.

Adapun ruang lingkup Nota Kesepahaman terkait :
1. Funding
2. Lending
3. Transaksi, yaitu Sarana layanan perbankan yang membantu dan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan, meliputi :
a. Penggunaan Layanan Informasi Keuangan Perbankan
b. Payroll Service
c. Sistem Pembayaran dan penerimaan yang terintegrasi misalnya Host To Host (H2H)
d. Jasa layanan Perbankan lainnya sesuai dengan kesepakatan kedua pihak.

Kemudian akan dilakukan sinergi dengan SME (Small Medium Enterprise) Indonesia dengan menghadirkan export via e-Commerce yaitu OK OCE EXPORT untuk memfasilitasi “Layanan End to End Worldwide e-Commerce“ bagi para pelaku UMKM yang ingin melakukan kegiatan Export via e-Commerce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *