Tingkatkan Pemberdayaan UMKM, bank bjb Jalin Sinergitas dengan Bank Sampoerna

by

Dalam rangka peningkatan pemberdayaan UMKM, bank bjb bersama PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) bersepakat untuk menjalin kerjasama dalam memberikan dana pinjaman bagi UMKM.

Kerjasama tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatanganan kerjasama antara bank bjb dan Bank Samperna yang diwakili oleh Agus Gunawan sebagai Direktur Mikro bank bjb dan Ong Tek Tjan sebagai Direktur UKM, Pendanaan, Financial Institutions & Jaringan Kantor Bank Sampoerna di Sampoerna Strategic Square – North Tower, Jakarta (26/2/18). Juga menjadi saksi masing-masing pihak yaitu Ali Rukmijah, Arief Setyahadi (Pimpinan Divisi Kredit UMKM bank bjb), dan Henky Suryaputra (Chief Financial Officer Bank Sampoerna).

Dalam kersempatan tersebut, Agus Gunawan mengatakan bahwa kerjasama tersebut merupakan bentuk komitmen bank bjb dan Bank Sampoeran dalam mewujudkan peningkatan pelayanan di sektor UMKM.

“Dengan adanya kerasama ini saya berharap ke depannya akan semakin memperkuat peran dan fungsi masing-masing dalam meningkatkan kesejahteraan Indonesia. kolaborasi yang terbangun menjadi sebuah awal dari sinergi yang berkelanjutan antara kedua belah pihak,” ujar Agus.

Pada tahun 2017 kredit yang disalurkan oleh divisi UMKM bank bjb tumbuh sebesar 21%. Sedangkan secara bank-wide, komposisi kredit UMKM dibandingkan dengan total kredit bank bjbadalah 17,1% atau di atas ketentuan Bank Indonesia di mana tahun 2017 komposisi kredit UMKM perbankan minimal adalah 15%.

Pada kurun waktu yang sama, kredit ke sektor UMKM yang disalurkan Bank Sampoerna tumbuh sebesar 23%. Kredit ke sektor UMKM ini membentuk 77,9% dari keseluruhan pinjaman yang disalurkan per akhir 2017.

Agus Gunawan menambahkan bahwa wujud komitmen bank bjb dalam mewujudkan visi menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Indonesia salah satu caranya adalah menjalin kemitraan dengan Bank Sampoerna. Selain itu adanya kesamaan fokus bisnis seperti pembiayaan bagi usaha mikro kecil dan menengah serta keinginan untuk memberdayakan masyarakat. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *