bank bjb Berhasil Salurkan Kredit Rp71 Triliun Sepanjang Triwulan I/2018

by

sepanjang Triwulan I/2018 bank bjb berhasil menjaga kinerjanya dengan sangat baik ditengah sejumlah tantangan bisnis perbankan. Dari sisi penyaluran kredit, bank berkode BJBR tersebut berhasil mencatat penyaluran kredit sebesar Rp71 Trilun atau tumbuh 13,2% (year on year / y-o-y).

Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan mengatakan bahwa adalah kredit konsumer yang memiliki kontribusi besar terhadap penyaluran kredit tersebut yaitu sebesar Rp2.7 Triliun atau tumbuh 6,2% (y-o-y).

“Kredit konsumer merupakan captive market bank bjb,” ujarnya pada dihadapan awak pada saat kegiatan analyst meeting Q1/2018 di Glass House, Hotel Ritz Carlton Pacific Palace, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pendorong pertumbuhan kredit konsumer salah satunya yaitu kredit pensiunan yang mengalami meningkat yaitu sebesar Rp10.6 Triliun. Selain itu, pendorong pertumbuhan lainnya yaitu kredit korporasi dan komersial yang juga mengalami pertumbuhan mencapai Rp3.4 Triliun atau tumbuh 38% (y-o-y).

Ia menjelaskan, salah satu pendorong pertumbuhan Kredit Konsumer yaitu meningkatnya pertumbuhan Kredit Pensiunan yang naik menjadi Rp10.6 Triliun. Segmen lain yang memberikan kontribusi tinggi bagi bank bjb adalah Kredit Korporasi dan Komersial yang berhasil tumbuh Rp3,4 Triliun atau 38% (y-oy) hingga mencapai Rp12.6 Triliun.

“Total kenaikan kredit korporasi dan komersial ini sebagian besar merupakan kredit-kredit yang bersumber dari proyek pemerintah yaitu APBD dan APBN serta kredit lain yang tingkat risikonya relatif rendah dan terukur,” jelasnya.

Selain itu, imbuh Ahmad Irfan, segmen Mikro, berhasil tumbuh 32,5% (y-o-y) yang disalurkan melalui BPR dan LKM serta Mikro dengan model clustering sehingga kualitas kredit UMKM ini dapat terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *