Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Catat Pertumbuhan Penumpang

oleh
Bandara I Gusti Ngurah Rai

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebagai bandara yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura I mencatat pelayanan penumpang. Per Juni 2019 lalu tercatat sebanyak 11 juta penumpang dan 74 ribu pergerakan pesawat udara telah terlayani selama periode enam bulan pertama tahun ini.

Terdapat sebanyak 11.165.161 jiwa penumpang yang keluar masuk Bandara I Gusti Ngurah Rai. Hal tersebut berarti ada kenaikan sebanyak 0,4 persen jika dibanding periode pencatatan di tahun 2018 silam. Sedangkan jika dilihat secara umum, maka jumlah kedatangan dan keberangkatan melalui terminal domestik mengalami penurunan. Angka ini masing-masingnya hanya mencapai 22 persen dan 15 persen.

Kebalikannya, PT. Angkasa Pura I mencatat adanya kenaikan dari jumlah kedatangan dan keberangkatan penumpang dari rute internasional. Masing-masingnya menyentuh angka 13 dan 8 persen.

Pergerakan Kapal Udara Bandara I Gusti Ngurah Rai

Beda halnya dengan pergerakan penumpang yang mencatat catatan positif, pergerakan kapal udara justru mengalami penurunan. Penurunan tersebut berkisar 5 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2018 silam. Pergerakan di tahun 2019 ini sebanyak 74.348 kali, sedangkan pada tahun 2018 lalu mencapai 78.054 kali gerakan.

PTS. General Manager PT. Angkasa Pura I (persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Sigit Hendriyanto memaparkannya. Menurutnya, meski selama enam bulan ini hanya 0,4 persen saja, tapi secara khusus di bulan Juni lalu ada catatan yang sangat positif. Pencatatan itu utamanya ada pada pergerakan penumpang, pesawat udara, yang khususnya ada pada rute domestik.

Jumlah penumpang Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Juni lalu mencapai 1,2 juta penumpang, jauh di atas rata-rata penumpang bulanan. Selama lima bulan sebelumnya, rata-rata jumlah penumpang hanya mencapai 1,8 juta saja. Terutama pada penumpang domestik yang mengalami kenaikan drastis mencapai 956.110 jiwa. Pertumbuhan ini cukup tinggi mencapai 29 persen.

Sedangkan untuk penumpang rute internasional, jumlahnya mencapai 1.190.510 jiwa. Angka ini berarti mencapai peningkatan sampai 12 persen lebih tinggi dibanding rata-rata jumlah penumpang lima bulan sebelumnya. Ini juga merupakan catatan tertinggi selama enam bulan pertama ini, pungkasnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *