Connect with us
PERTAMINA

HIGHLIGHT BUMN

Besok Ganjil Genap Bekasi-Jakarta Diberlakukan! Ayo Naik Bus Transjabodetabek Premium, Selain Wifi Simak Fasilitas Lainnya!

MediaBUMN

Published

on

Senin besok (12/03) Tol Bekasi menuju Jakarta akan mulai diberlakukan sistem ganjil genap. Seperti diketahui pada pekan sebelumnya hal tersebut telah disosialisasikan oleh Kementerian Perhubungan dalam hal ini Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) yang langsung dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di pintu tol Bekasi Barat.

Baca Juga : Luhut Panjaitan & Budi Karya Sosialisaikan Aturan Ganjil Genap Tol Bekasi Arah Jakarta

Untuk tetap mendukung mobilitas masyarakat Bekasi yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta, Perum PPD sebagai operator Transjabodetabek Premium siap menambah armadanya dari Bekasi Barat (Mega Mall) dan Bekasi Timur (Grand Dhika City) yang akan menuju ke Jakarta.

Menurut Manager Humas Perum PPD, Desi Puspita Sari, Perum PPD siap menambah armada Bus secara bertahap sebanyak 100 unit Bus. Sebelum aturan ganjil genap ini diwacanakan, jauh-jauh hari sebelumnya, lanjut Desi, Perum PPD telah memiliki trayek pada jalur tersebut namun jumlah armadanya hanya sebanyak 40 unit Bus.

“Adanya aturan ganjil genap ini maka kami secara bertahap akan menyiapkan Bus sampai dengan 100 unit. Hal ini sebagai dukungan Perum PPD dalam menyukseskan sistem ganjil genap tersebut. Kami sangat menyambut baik aturan ini dan kami menghimbau lebih baik masyarakat meninggalkan kendaraan pribadinya dan beralih menggunakan Bus (Transjabodetabek Premium) karena jauh lebih efektif, efisien dan jauh lebih nyaman,” ujar Desi.

Baca Juga : Perum PPD Hadirkan JA Connexion, Layanan Bus Bandara Soetta di Tamini Squere

Bus PPD Transjabodetabek Premium, imbuh Desi, memiliki interval keberangkatan setiap 10 menit sekali dengan didukung oleh fasilitas yang cukup mewah antara lain hanya berkapasitas 32 penumpang yang dilengkapi dengan wifi serta colokan listrik (charger) di setiap kursi, reclining seat (sandaran kursi yang bisa diturunkan) dan sudah pasti full AC.

“Tarif hanya Rp20 ribu per orang dan sudah dapat benefit tarif parkir flat untuk mobil hanya sebesar Rp10 ribu per hari dan Rp5 ribu untuk kendaraan sepeda motor. Tinggal tunjukan tiketnya saja maka sudah dapat fasilitas tarif parkir flat,” terang Desi.

Sistem ganjil genap merupakan salah satu upaya Kementerian Perhubungan mengurai kemacetan pada jam sibuk yang semakin hari semakin parah di tol Cikampek menuju Jakarta, khususnya kendaraan yang masuk melalui gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur imbas pembangunan jalur LRT dan Cikampek Elevated II.[]

HIGHLIGHT BUMN

Pemberdayaan UMKM, Perumnas Salurkan Bantuan Pinjaman

Alfian Setya Saputra

Published

on

Pemberdayaan UMKM

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) menjadi salah satu perhatian bagi Perum Perumnas. Salah satu langkah nyata yang dilakukan BUMN ini dengan menyalurkan bantuan pinjaman kepada para pelaku UMKM di berbagai daerah.

Hingga tahun 2020, Perum Perumnas telah mendukung pemberdayaan UMKM kepada 2.331 pelaku usaha melalui Unit Khusus Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro mengatakan pihaknya terus berupaya menyalurkan dana program kemitraan dan dana pembinaan kemitraan UMKM di berbagai daerah.

“Pemberdayaan UMKM yang kami laksanakan sesuai dengan arahan Kementerian BUMN tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan BUMN sebagai bentuk dukungan nyata bagi para pelaku usaha kecil dan menengah,” ujar Budi dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (3/7/2020).

Adapun Dana Program Kemitraan Perumnas ini berasal dari penyisihan sebagian laba bersih dan anggaran yang diperhitungkan sebagai biaya perseroan.

Sedangkan, Dana Pinjaman Program Kemitraan berasal dari dana Program Kemitraan untuk dipinjamkan kepada UMKM mitra binaan dengan pengembalian angsuran pokok dan jasa administrasi dengan jangka waktu tertentu.

Adapun dana Program Kemitraan ini disalurkan ke berbagai pelaku usaha dari berbagai sektor, seperti perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, infrastruktur, industri, perdagangan, jasa dan sektor lainnya.

“Salah satu usaha yang diberdayakan selaras dengan inti bisnis Perum Perumnas sebagai BUMN Infrastuktur perumahan adalah pembuatan batu bata. PKBL perumnas membina 25 pengrajin batu bata di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Garut,” ujarnya.
Menurutnya, penggunaan batu bata pada umumnya digunakan untuk perumahan, gedung, pagar, saluran dan pondasi.

Dengan pesatnya pembangunan di sektor perumahan dan properti menjadikan kebutuhan batu bata semakin meningkat, dan berpeluang ikut mendukung pembangunan di sektor perumahan dan properti.

“Sektor UMKM sangat besar kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia, yakni mencapai 60,3 persen. Jumlah UMKM yang kini mencapai 64,2 juta unit bisa menyerap 97 persen dari total tenaga kerja,” ungkapnya.

Dengan itu, Perum Pertamina berharap program pemberdayaan UMKM terus berjalan dan dalam mendukung peningkatan ekonomi nasional. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

Covid Ranger PPI Salurkan Bantuan APD dan Paket Pangan

EKO PRASETYO

Published

on

Covid Ranger PPI

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Covid Ranger PPI atau PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) kembali menyalurkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) dan paket pangan kepada RSUD Kota Bekasi.

Bantuan ini adalah dukungan bagi para tenaga medis yang masih berjuang mengobati dan merawat pasien Covid-19.

Bantuan yang diserahkan Covid Ranger PPI berupa alat pelindung diri (APD) coverrall suit yang terdiri dari baju pelindung standar medis, masker, faceshield (pelindung muka), dan sarung tangan, sebanyak 200 set.

Corporate Secretary PT PPI, Syailendra mengatakan, PT PPI memberikan bantuan APD dan paket pangan tahap ketiga sebagai rasa empati sosial untuk para tenaga medis.

“Sebelumnya Covid Ranger PII telah menyerahkan ke rumah sakit di Jakarta dan Depok, dan saat ini diserahkan lagi bantuan di RSUD Kota Bekasi karena termasuk dalam zona merah,” ujar Syailendra, Kamis (2/7/2020).

Setelah penyerahan bantuan ini, perusahaan pelat merah ini berencana untuk kembali mengirimkan bantuan APD ke berbagai rumah sakit lainnya.

Adapun, untuk paket bantuan pangan yang diberikan yaitu produk-produk milik PT PPI seperti Sarden Kiku, Beras Panganesia, Minyak Goreng Panganesia, dan lain-lain.

“Dalam waktu dekat, kami akan kembali memberikan bantuan APD dan pangan. Penyaluran ini adalah bukti keseriusan PT PPI membantu pemerintah di masa pandemi Covid-19. Kepada pihak RSUD Kota Bekasi, kami juga mengucapkan terima kasih karena telah menerima bantuan dan mendistribusikan kepada para tenaga medis,” ungkapnya.

Sinergi Covid Ranger PPI

Sebelumnya BUMN yang bergerak di sektor perdagangan ini telah membentuk Tim Covid Ranger PII yang terdiri dari karyawan Kantor Pusat dan Kantor Cabang.

Tim ini rutin melakukan koordinasi dengan Kementerian BUMN dalam hal pencegahan dan penanggulangan wabah covid-19.

BUMN ini juga menjalin kerjasama khusus dengan BUMN Klaster Pupuk dan Pangan dalam menjalankan skema New Normal dengan membuat timeline bersama hingga akhir tahun 2020.

Covid Ranger PII juga berkontribusi dalam pengembangan aplikasi Peduli Lindungi dan COSMIC sebagai bagian dari persiapan protokol New Normal di Kementerian BUMN.

Tim ini juga bersinergi dengan rumah sakit BUMN untuk mendukung kegiatan kesehatan di lingkungan kerja PPI dan menginisiasi sistem pemantauan kesehatan karyawan, pelaksanakan rapid test,dan mendorong kegiatan olahraga dilakukan secara rutin.

“Covid Ranger PII melengkapi berbagai kebutuhan di kantor seperti APD, faceshield, sarung tangan, hand sanitizer, penyemprotan disinfektan, klinik siaga, hingga pemberian vitamin,” tandasnya. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

Asuransi Asei dan Pos Indonesia Perkuat Kerjasama Bisnis

CHRIESTIAN

Published

on

Asei

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bisnis kurir dan logistik di tanah air terus mengalami pertumbuhan yang explosive seiring derasnya transaksi masyarakat dalam perdagangan online baik itu melalui marketplace maupun pasar e-commerce lainnya.

Seiring dengan hal itu, tentu ada risiko besar yang terjadi didalamnya. Dalam rangka memberikan perlindungan dalam transaksi tersebut, PT Asuransi Asei Indonesia bekerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang selama ini memiliki kompetensi dalam bidang kurir dan logistik di tanah air.

Adapun kedua BUMN ini bersepakat melakukan kerjasama yang tertuang dalam bentuk penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan di Kantor Pos Indonesia, Jakarta, Rabu (02/07/2020).

Dalam kesempatan tersebut PT Asuransi Asei Indonesia yang diwakili oleh Plt. Direktur Utama Erickson Mangungson mengatakan bahwa kerjasama dengan Pos Indonesia menjadi kerjasama yang sangat strategis bagi Asuransi Asei karena Pos Indonesia memiliki jaringan bisnis yang sangat luas yang tentunya sangat relevan dengan kebutuhan bisnis saat ini dimana jasa dan layanannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

“Dimana layanan proteksi Asuransi Asei yang didukung melalui sistem yang terintegerasi (host to host) nantinya akan terkoneksi dengan seluruh Jaringan bisnis Pos Indonesia,” ujar Erickson.

Asuransi Asei, lanjut Erickson yang memiliki kompetensi di bidang mitigasi risiko dan asuransi khususnya sangat berharap dengan adanya kerjasama strategis ini dapat berdampak positif dengan hasil yang optimal bagi keduabelah pihak.

“Semoga ini berjalan dengan baik dan dapat dikembangkan di masa-masa mendatang termasuk dalam kondisi new normal saat ini,” tambah Erickson.

Adapun kerjasama tersebut sekaligus sebagai bentuk perluasan saluran distribusi bagi Asuransi Asei untuk produk Asuransi Marine Cargo, dimana perusahaan akan memberikan perlindungan atas keterlambatan, kerusakan atau pun adanya kiriman hilang berupa dokumen, surat, kiriman paket yang didistribusikan melalui Pos Indonesia.

“Dengan adanya kerjasama ini diharapkan juga dapat saling memberikan manfaat dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Erickson.

Sementara PT Pos Indonesia (Persero) yang diwakili oleh Direktur Komersial, Charles Sitorus mengatakan bahwa Pos Indonesia sangat senang dengan kerjasama yang terjalin dengan Asuransi Asei, karena dapat semakin meningkatkan layanan yang diberikan oleh Pos Indonesia kepada seluruh pelanggan.

“Kami berharap nantinya apabila terjadi klaim maka prosesnya akan cepat terselesaikan dengan baik tanpa pelanggan merasakan kesulitan apapun, tentunya dengan menghadirkan ketepatan waktu dan kemudahan administrasi,” ujar Charles. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!