Posisi Likuiditas Semakin Baik, Asuransi ASEI Kian Optimis Menatap Kinerja

by

Asuransi ASEI kini semakin percaya diri menapaki core kompetensi bisnisnya sebagai asuransi keuangan. Penguatan struktur keuangan yang baik semakin memupuk kepercayaan manajemen untuk melesatkan kinerja yang lebih baik di tahun 2018. Sempat terseok-seok di awal spin off menjadi anak perusahaan, namun berkat kekuatan keuangan, SDM, infrastruktur serta jaringan bisnis yang lebih solid, perusahaan yang mengalami masa emas di tahun 2013 lalu, kini semakin optimis mampu membidik premi mencapai Rp800 Miliar di tahun ini.

Menurut Direktur Pengembangan PT Asuransi Asei Indonesia, M. Syamsudin Cholid, selama fase 3,5 tahun pasca spin off menjadi anak perusahaan dari holding PT Indonesia Re (Persero), dari sisi kinerja harus diakui bahwa dimasa lalu bisa dikatakan sangat sulit. Dari sisi produksi yang dirasakan sangat berat, pun demikian dari sisi keuangan. Hal yang sama dari sisi ekuitas! dimana portofolio yang dikembangkan dengan nilai ekuitas pada waktu itu sekitar Rp880 Miliar dan dipangkas menjadi Rp550 Miliar dengan portofolio yang sama setelah dilakukan spin off sehingga keseimbangannya pun sangat terganggu.

Hingga pada akhir 2017 lalu adanya aksi korporasi yang sangat baik menjadi angin segar bagi manajemen untuk menapaki bisnis yang lebih optimis. Dimana Asuransi Asei mendapatkan pinjaman subordinasi dari perusahaan holding sebesar Rp257 Miliar yang sudah cair semuanya, dan diharapkan dengan dana segar tersebut dapat memulihkan kembali ekuitas yang dulu sempat terpangkas.

“Dengan penguatan likuiditas yang cukup besar yaitu Rp257 Miliar tersebut, tahun ini Asuransi Asei telah memposisikan jatidirinya jauh menjadi lebih baik,” jelas pria yang akrab disapa Syam tersebut.

Seperti diketahui bahwa Asuransi Asei kini telah kembali kepada core kompetensinya yaitu sebagai asuransi keuangan. Bagaimana perusahaan mampu meyakinkan pasar sekaligus menggenjot kinerja di sektor tersebut? Selain adanya penguatan modal dengan pinjaman subordinasi yang mencapai seperempat triliun tersebut, Syam memaparkan bahwa Asuransi Asei kini telah memiliki manajemen bisnis yang jauh lebih solid. Dengan dukungan SDM yang mumpuni berkompetensi tinggi di sektor asuransi keuangan yang sejatinya memang menjadi spesialisasi perusahaan selama berpuluh-puluh tahun bergelut di bidang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *