Connect with us
PERTAMINA

Asuransi

Posisi Likuiditas Semakin Baik, Asuransi ASEI Kian Optimis Menatap Kinerja

MediaBUMN

Published

on

Asuransi ASEI kini semakin percaya diri menapaki core kompetensi bisnisnya sebagai asuransi keuangan. Penguatan struktur keuangan yang baik semakin memupuk kepercayaan manajemen untuk melesatkan kinerja yang lebih baik di tahun 2018. Sempat terseok-seok di awal spin off menjadi anak perusahaan, namun berkat kekuatan keuangan, SDM, infrastruktur serta jaringan bisnis yang lebih solid, perusahaan yang mengalami masa emas di tahun 2013 lalu, kini semakin optimis mampu membidik premi mencapai Rp800 Miliar di tahun ini.

Menurut Direktur Pengembangan PT Asuransi Asei Indonesia, M. Syamsudin Cholid, selama fase 3,5 tahun pasca spin off menjadi anak perusahaan dari holding PT Indonesia Re (Persero), dari sisi kinerja harus diakui bahwa dimasa lalu bisa dikatakan sangat sulit. Dari sisi produksi yang dirasakan sangat berat, pun demikian dari sisi keuangan. Hal yang sama dari sisi ekuitas! dimana portofolio yang dikembangkan dengan nilai ekuitas pada waktu itu sekitar Rp880 Miliar dan dipangkas menjadi Rp550 Miliar dengan portofolio yang sama setelah dilakukan spin off sehingga keseimbangannya pun sangat terganggu.

Hingga pada akhir 2017 lalu adanya aksi korporasi yang sangat baik menjadi angin segar bagi manajemen untuk menapaki bisnis yang lebih optimis. Dimana Asuransi Asei mendapatkan pinjaman subordinasi dari perusahaan holding sebesar Rp257 Miliar yang sudah cair semuanya, dan diharapkan dengan dana segar tersebut dapat memulihkan kembali ekuitas yang dulu sempat terpangkas.

“Dengan penguatan likuiditas yang cukup besar yaitu Rp257 Miliar tersebut, tahun ini Asuransi Asei telah memposisikan jatidirinya jauh menjadi lebih baik,” jelas pria yang akrab disapa Syam tersebut.

Seperti diketahui bahwa Asuransi Asei kini telah kembali kepada core kompetensinya yaitu sebagai asuransi keuangan. Bagaimana perusahaan mampu meyakinkan pasar sekaligus menggenjot kinerja di sektor tersebut? Selain adanya penguatan modal dengan pinjaman subordinasi yang mencapai seperempat triliun tersebut, Syam memaparkan bahwa Asuransi Asei kini telah memiliki manajemen bisnis yang jauh lebih solid. Dengan dukungan SDM yang mumpuni berkompetensi tinggi di sektor asuransi keuangan yang sejatinya memang menjadi spesialisasi perusahaan selama berpuluh-puluh tahun bergelut di bidang tersebut.

Laman: 1 2

Asuransi

ASABRI Lakukan Sosialisasi Program Untuk Divisi Infanteri III Kostrad, Kariango

MediaBUMN

Published

on

ASABRI

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT ASABRI (Persero) sebagai pengemban amanat dan pengelola program asuransi sosial berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 102 tahun 2015 melaksanakan fungsi tugas dalam memberikan perlindungan kepada prajurit TNI, anggota POLRI, dan ASN Kemhan/POLRI.

Pada Jumat (18/09) BUMN ini memenuhi undangan Pangkostrad untuk melaksanakan sosialisasi program ASABRI berdasarkan PP 102 tahun 2015 dalam kegiatan Apel Dansat (Komandan Satuan) jajaran Divisi Infanteri 3 Kostrad, Brigif Raider 3 Kostrad, Kariango, Maros Sulawesi Selatan.

Adapun melalui undangan tersebut, ASABRI melalui Direktur Investasi ASABRI Jeffry Hariyadi P Manulang bersama Simon P Semedi dan tim, diterima langsung oleh Panglima Divisi 3 Kostrad Mayjen TNI Wanti Waranei F. Mamahit dalam dan seluruh pejabat utama beserta jajaran.

Sementara itu Panglima Divisi 3 Kostrad Mayjen TNI Wanti Waranei F. Mamahit tidak dapat mengikuti kegiatan secara keseluruhan karena ada penugasan dan kegiatan sosialisasi dipimpin oleh Kepala Staf Divisi 3 Kostrad Brigjen TNI Refrizal.

Dalam sambutannya Brigjen TNI Refrizal memberikan pesan kepada seluruh peserta yang mengikuti. Ia mengatakan kepada seluruh anggota agar dapat memahami dan menyerap materi sosialisasi, kemudian diteruskan kepada sesama anggota mengenai manfaat program ASABRI.

ASABRI

Untuk pemateri sosialisasi Jeffry Haryadi dalam paparannya memberikan informasi mengenai pengelolaan potongan premi dari iuran peserta 8 % (THT dan Pensiun) dan iuran dari pemberi kerja/ Pemerintah 1,08 % (JKK dan JKM).

Akumulasi iuran ini dikembangkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya, hasil manfaat dari pengembangan akan dikembalikan kembali bagi peserta melalui pengembangan produk maupun besaran nilai manfaat program.

“Saat ini, ASABRI telah berkomitmen melaksanakan SMAP (Sistem Manajemen Anti Penyuapan) berdasarkan ISO 37001-2016, untuk menerapkan perusahaan yang bersih dari praktik suap serta penerapanan tata kelola perusahaan yang baik” ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Cabang ASABRI Makassar, Simon P Semedi memberikan penjelasan empat program utama ASABRI, yaitu Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm) dan Jaminan Pensiun (JP).

Pada kesempatan ini turut dijelaskan pengembangan layanan yang dilakukan ASABRI, baik informasi ASABRI link dengan metode office channeling dan peluncuran ASABRI Mobile App yang diperuntukkan untuk Peserta ASABRI guna memudahkan peserta mengakses informasi dan layanan ASABRI.

Selain itu, yang tak kalah penting mekanisme pengajuan, alokasi, dan realisasi Pinjaman Uang Muka (PUM) KPR juga menjadi bahan penjelasan kepada peserta sosialisasi. []

Continue Reading

Asuransi

Dewan Komisaris Asabri Dirombak! Ini Pilihan Erick Thohir

CHRIESTIAN

Published

on

Dewan Komisaris Asabri

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dewan Komisaris Asabri / PT Asabri (Persero) dilakukan perombakan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Adapun perubahan Dewan Komisaris Asabri tersebut tertuang dalam pembacaan salinan Surat Keputusan Nomor: SK 228/MBU/09/2020 pada 15 September 2020.

Pembacaan Salinan tersebut dilaksanakan secara daring oleh Anindita Eka Wibisono selaku Plt Asisten Deputi Bidang Asuransi dan Jasa Lainnya Kementerian BUMN.

Keputusan BUMN (Menteri Badan Usaha Milik Negara), Erick Thohir menyatakan pemberhentian secara hormat Komisaris Independen yaitu Achmad Syukrani Harry Susetyo Nugroho dan menggantinya dengan I Nengah Putra Winata.

Selain itu terdapat pula nama Ida Bagus Purwalaksana yang dipercaya mengisi posisi sebagai Wakil Komisaris Utama.

Menurut Direktur Utama Asabri, Wahyu Suparyono, perombakan Dewan Komisaris Asabri tersebut diharapkan akan terus memperkuat tata kelola dan komitmen perseroan sebagai pengelola Asuransi Sosial bagi TNI, Polri, serta ASN Kemhan/Polri.

“Kami pastikan tetap terus meningkatkan layanan dan memastikan pembayaran manfaat kepada para peserta terlaksana secara berkualitas,” tambahnya.

Berikut Susunan Dewan Komisaris Asabri:

1. Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen: Fary Djemy Francis

2. Wakil Komisaris Utama Ida Bagus Purwalaksana.

3. Komisaris Independen I Nengah Putra Winata

4. Komisaris Rofyanto Kurniawan.

Continue Reading

Asuransi

Klaim Santunan Jasa Raharja Kini Dilengkapi Dengan SiVERA

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Klaim santunan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Klaim santunan di PT Jasa Raharja kini dilengkapi dengan SiVERA atau Sistem Verifikasi Rawatan.

SiVERA merupakan integrasi serangkaian sistem dan prosedur antara Jasa Raharja dan TPA Admedika, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi korban kecelakaan.

Penerapan SiVERA ini remsi dilaunching oleh PT Jasa Raharja pada Senin (14/9/2020) secara virtual.

Acara launching ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Jasa Raharja, Direktur Utama PT Administrasi Medika, Direktur Keuangan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), dan sejumlah pejabat lainnya.

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahardjo mengatakan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi korban kecelakaan, perlu solusi melalui suatu sistem yang terintegrasi.

Untuk melakukan verifikasi biaya rawatan korban kecelakaan di rumah sakit secara lebih profesional, cepat dan tepat, sehingga dapat dipastikan biaya rawatan yang diberikan sesuai dengan indikasi medis.

“Hal itu dapat diwujudkan dengan penerapan SiVERA, mulai dari proses penjaminan hingga mendapatkan layanan perawatan selama di rumah sakit. Sistem ini juga didukung aplikasi yang dapat memonitor aktivitas rawat inap peserta dari admission hingga discharge,” jelasnya.

Manfaat Klaim Santunan

Budi menjelaskan, analisis dan verifikasi klaim santunan juga sesuai dengan indikasi medis dilakukan oleh Tenaga Ahli bidang medis, sehingga menghasilkan rekomendasi biaya yang valid.

Melalui penerapan SiVERA, diharapkan biaya rawatan yang diterima korban kecelakaan bisa berjalan secara optimal, efektif dan tepat guna.

“Hal ini sebagai upaya pemulihan korban kecelakaan yang merupakan tugas pokok utama dari Jasa Raharja. Penerapan SiVERA juga bagian dari transformasi bisnis Jasa Raharja untuk memperkuat lagi sistem tata kelola pelayanan santunan berbasis data analysis dan menyesuiakan perkembangan industri 4.0 dan konteks governance risk control,” ungkapnya.

Budi Rahardjo menambahkan, pihaknya senantiasa memastikan para korban kecelakaan yang terjamin Jasa Raharja mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, dan valid.

Dengan dilakukannya case monitoring setiap hari bagi para korban kecelakaan melalui aplikasi SiVERA, akan diperoleh laporan yang teraudit dari pengelolaan jaminan klaim kecelakaan dengan cepat.

Dengan data tindakan dan penggunaan obat yang akurat, akan mampu mencegah terjadinya kecurangan (fraud).

“Maka potensi terjadinya kesalahan dalam proses klaim santunan Jasa Raharja juga bisa ditekan. Jadi proses pelayanan santunan menjadi tertata lebih baik lagi,” ujarnya.

Diketahui, penerapan SiVERA akan dimulai di enam Kantor Cabang PT Jasa Raharja, yaitu Kantor Cabang Utama DKI Jakarta, Kantor Cabang Sumatera Utara, Kantor Cabang Utama Jawa Barat, Kantor Cabang Maluku, Kantor Cabang Sulawesi Selatan, dan Kantor Cabang Kalimantan Timur.

“Selanjutnya akan dilaksanakan evaluasi secara bertahap shingga bisa diterapkan secara menyeluruh di tiap kantor cabang,” tandasnya. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM