Connect with us
PERTAMINA

Asuransi

Asuransi Asei Jalin Sinergi & Langkah Kolaboratif

Published

on

Kolaboratif

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dalam mendorong upaya pemasaran, PT Asuransi Asei Indonesia (Asei) terus melakukan langkah kolaboratif dengan berbagai pihak strategis, salah satunya dengan Kementerian Perdagangan selaku regulator perdagangan. Seperti diketahui bahwa pemerintah terus mendorong kegiatan ekpor nasional khususnya bagi para pelaku UMKM yang selama ini memiliki potensi besar untuk bisa go global memasarkan produk-produknya.

Namun pemerintah pun menyadari berbagai kendala yang masih dihadapi oleh para UMKM, salah satunya yaitu terkait jaminan transaksi perdagangan (ekspor) untuk masuk ke pasar Global.

“Bagaimana jika terjadi gagal bayar oleh importir setelah barang di ekspor? Kekhawatiran inilah yang masih banyak dipertanyakan oleh para calon eksportir dalam hal ini adalah UMKM,” ungkap Direktur Pemasaran PT Asuransi Asei Indonesia, Robert Tampubolon.

Melihat kondisi tersebut, pemerintah pun mendorong agar para UMKM tersebut bisa memasarkan produknya ke mancanegara dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak strategis salah satunya berkolaborasi dengan Asuransi Asei.

Kerjasama dengan Asei sebagai pemberi perlindungan atas kegiatan ekspor memberikan berbagai manfaat bagi para eksportir. Asei hadir memberikan beragam perlindungan kepada para eksportir atas berbagai risiko kerugian atau gagal bayar dari importir yang disebabkan karena risiko komersil dan risiko politik.

Selain itu, jelas Robert, dengan memiliki perlindungan atas asuransi ekspor maka para calon eksportir juga akan mendapat beragam manfaat seperti:

(1) Mendorong eksportir untuk bisa melakukan ekspansi penjualan kepada potensi pasar yang baru atau negara lain.

(2) Meningkatkan penjualan ke buyer existing.

(3) Membantu eksportir dalam melakukan credit/buyer risk assessment (termasuk juga country risk assessment).

(4) Mengurangi/memitigasi risiko gagal bayar dari importir.

(5) Mengurangi piutang tak tertagih di dalam laporan keuangan, dan

(6) membantu dalam melakukan debt collection.

Komitmen kerjasama antara Kementerian Perdagangan dengan PT Asuransi Asei Indonesia tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama dan berlanjut dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) sinergisitas dalam rangka pengembangan UMKM ekspor melalui program asuransi yang ditandatangani oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag, dan Direktur Utama PT Asuransi Asei Indonesia (Asei), Arie Surya Nugraha.

“Surat kerjasama dengan Kementerian Perdagangan tersebut yang kita bawa kepada dinas-dinas Perdagangan di seluruh Kabupaten/Kota dan Provinsi yang menaungi jutaan UMKM di Indonesia,” ujar Robert.

 

GANDENG GPEI & SEKOLAH EKSPOR

Selain kolaborasi dengan Kementerian Perdagangan, belum lama ini Asei juga melakukan sinergi dengan Gabungan Perusahaan Ekspor Nasional Indonesia (GPEI). GPEI merupakan organisasi yang bergerak di bidang industri dan perdagangan berorientasi ekspor di mana di dalam organisasi ini tergabung para pelaku industri dan para eksportir dari berbagai lintas sektoral.

GPEI sendiri memiliki tujuan untuk meningkatkan realisasi ekspor terutama untuk produk-produk unggulan ke mancanegara diantaranya produk-produk yang berbasis industri agro, industri kreatif, industri maritim, dan industri padat karya yang memiliki nilai tambah.

Robert menjelaskan bahwa kerjasama yang dibangun Asei dengan GPEI antara lain meliputi, sosialisasi pengenalan produk asuransi ekspor, pelaksanaan kegiatan promosi bersama, pertukaran data dan informasi terkait perkembangan ekspor, menjadi bagian sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan, partisipasi pada event-event yang diselenggarakan GPEI terkait ekspor.

“Melalui GPEI tingkat provinsi dan Asosiasi Sektor, Asei diharapkan bisa masuk kepada anggota-anggota mereka yaitu para eksportir dan memastikan mereka menggunakan asuransi ekspor,” jelas Robert.

Kesamaan misi dalam upaya pengembangan ekspor nasional, baik dalam hal peningkatan daya saing eksportir maupun peningkatan jumlah eksportir baru menjadi dorongan untuk melaksanakan komitmen masing-masing secara efektif.

“Kami terus memainkan peran lebih aktif dalam upaya-upaya peningkatan kapasitas kepada para eksportir melalui berbagai kegiatan dengan menawarkan solusi proteksi terhadap risiko-risiko kegiatan ekspor,” pungkas Robert.

Dengan demikian, lanjut Robert, para pelaku ekspor diharapkan dapat terus bertumbuh baik dari sisi jumlah eksportir baru maupun bertumbuh dari sisi volume bisnisnya untuk terus melakukan ekspansi menembus pasar global dengan rasa aman.

“Upaya-upaya dalam mendongkrak ekspor Indonesia ke pasar global perlu terus dilakukan secara terstruktur dan berkelanjutan dengan melibatkan partisipasi berbagai pihak,” jelas Robert.

Selain itu, dari sisi literasi, Asei juga telah melakukan kolaborasi dengan Sekolah Ekspor, dimana Asei melakukan edukasi terhadap calon-calon eksportir tentang kegiatan ekspor.

“Bukan hanya soal ekspor saja, melainkan bagaimana membuat mereka para eksportir bisa tidur tenang dan nyaman bahwa risiko gagal bayar yang ditimbulkan oleh buyer nantinya akan diambil alih oleh Asei,” tutup Robert. []

 

 

Asuransi

Jasa Raharja Kepri Buka Pelayanan Samsat Di Perumahan Cendana Batam

Published

on

PT Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau buka pelayanan Samsat Jempol Sapri (Jemput Bola Samsat Kepri) di Perumahan Cendana Batam, Batam Kota. Kegiatan tersebut dilakukan bersama-sama dengan Tim Samsat dengan menggunakan mobil Samsat Bergerak pada sabtu pagi (24/09/2022)

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Bapak Jamaluddin selaku Ketua RT 03 Perum Cendana Batam dalam rangka meminimalisir terjadinya tunggakan di wilayah tersebut sehingga masyarakat akan selalu ingat untuk taat pajak, kegiatan tersebut di dukung penuh bahkan Bapak RT menyarankan untuk dilakukan sebulan sekali / pada saat event besar pada saat warga semua sedang berkumpul.

Toif Riyanto selaku Kepala Unit Operasional & Humas PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau mengatakan bahwa “Kami melakukan Jempol Sapri ini dalam rangka untuk meminimalisir terjadinya tunggakan yang ada di wilayah ini serta mempermudah masyarakat yang membayar pajak karena tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke samsat karena masyarakat disini tidak ada waktu luang untuk membayarkan pajaknya”.

“Saya mendukung penuh kegiatan ini, mungkin bisa dilakukan sebulan sekali agar masyarakat sini pada taat membayar pajak, dan kami menghimbau agar dilakukan sosialisasi tentang manfaat dari membayar masyarakat agar mereka mengerti sehingga bisa meningkatkan kesadaran pada masyarakat”. Ucap Jamal

Tujuan Jasa Raharja Jempol Sapri ini adalah sebagai upaya Jasa Raharja dalam meminimalisir tunggakan kendaraan yang mati pajak, karena sebagian besar pekerja tidak ada waktu untuk membayarkan pajak kendaraannya. Nantinya untuk kendaraan yang mati pajak di wilayah perumahan akan dikumpulkan secara kolektif oleh Ketua RT/RW masing-masing dan kemudian akan didatangkan samsat bergerak untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak di perumahan tersebut. []

Continue Reading

Asuransi

Pejalan Kaki Korban Kecelakaan Di Birobuli Utara Disantuni Jasa Raharja

Published

on

Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Insiden kecelakaan lalu lintas kembali terjadi pada hari Kamis (22/9) di Jl. Basuki Rahmat Kel. Birobuli Utara Kec. Palu Selatan antara SM dengan seorang pejalan kaki sekitar pukul 15:00 Wita. Akibat dari peristiwa tersebut, pejalan kaki an. Markus Patengke meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit Budi Agung Palu.

Setelah menerima informasi tersebut, petugas Mobile Service Jasa Raharja, Moh. Hidayat langsung bergerak cepat mendata ahli waris korban yang beralamat di Jl. Tanjung Harapan I No. 118 Palu dan membantu melengkapi kelengkapan dokumen ahli waris.

Kepala Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah, Hasjuddin menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga korban diterima di tempat terbaik disisi-Nya serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran, dan kekuatan.

“Korban memiliki ahli waris sesuai UU. 34 Tahun 1964 Jo PP Nomor 18 Tahun 1965, sehingga dapat diberikan santunan berupa santunan meninggal dunia sesuai Peraturan Menteri Keuangan No.16/PMK.010/2017 sebesar Rp 50 juta kepada isrti korban sebagai ahli waris yang sah, Jum’at (23/9). Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, cepat dan tepat kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas,” ungkap Hasjuddin.

“Santunan tersebut berasal dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan bersamaan pada saat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kantor Samsat. Jasa Raharja selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam memberikan hak santunan dengan cepat dan tepat kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menghimbau seluruh pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat berkendara, mengutamakan keselamatan, dan menaati rambu lalu lintas serta menatati jadwal pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. []

Continue Reading

Asuransi

Ahli Waris Korban Kecelakaan Lalu Lintas Di Purwodadi Kab.Purworejo Terima Santunan Jasa Raharja

Published

on

Purwodadi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja Kantor Perwakilan Magelang telah menyerahkan santunan kepada ahliwaris korban kecelakaan yang terjadi di jalan Krajan Jogoboyo kec.Purwodadi Kab.Purworejo. – Jawa Tengah, pada tanggal 10 September 2022 pukul … Wib. Kecelakaan tersebut melibatkan antara kendaraan bermotor sepeda motor dengan kendaraan bermotor lainnya. Akibat dari kejadian tersebut, mengakibatkan korban  an.  Suparmi usia 52 Tahun beralamat di kecamatan Purwodadi Purworejo – Jawa Tengah mengalami luka serius dan dirawat di Rumah Sakit Rizki Amalia namun akhirnya meninggal dunia .

Kepala Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Tengah Sigit Harismun melalui Kepala Jasa Raharja Kantor Perwakilan Magelang Nur Asnawi Azis Mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada Pihak Keluarga dan mengatakan bahwa santunan korban meninggal dunia sudah diserahkan oleh Jasa Raharja Kantor Perwakilan Magelang kepada Ahliwaris korban yaitu suami korban an. Sugeng Budi Prayitno melalui transfer bank ke rekening penerima langsung pada tanggal 12 September 2022.

Berdasarkan hasil survey petugas Jasa Raharja, korban memiliki ahliwaris sesuai UU. 34 Tahun 1964 Jo PP Nomor 18 Tahun 1965, sehingga dapat diberikan santunan berupa santunan meninggal dunia sesuai Peraturan Menteri Keuangan No. 16/PMK.010/2017 sebesar Rp. 50.000.000,- kepada suami korban sebagai ahli waris yang sah. Hal ini sebagai wujud Negara Hadir bagi Korban Kecelakaan lalu lintas Jalan maupun Kecelakaan Angkutan Umum dan Jasa Raharja terus berupaya Proaktif dalam penyelesaian santunan Jasa Raharja kepada setiap korban yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas dengan cepat dan tepat”, ujar Azis pada keterangannya (12/9/2022).

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!