Aset BNI Tumbuh di Atas Rata-rata Industri

oleh
Aset BNI

Aset BNI / PT Bank Negara Indonesia Tbk sampai dengan periode Agustus 2019 mengalami pertumbuhan yang sangat gemilang dimana aset tumbuh 11,5 persen secara year on year (yoy).

Menurut Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta, pertumbuhan aset BNI pada per Agustsu 2019 tersebut tumbuh di atas rata-rata industri yang sebesar 8,7 persen maupun bank pesaing BNI di BUKU IV.

Terdapat beberapa faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan aset BNI pada periode tersebut. Antara lain, jelas Herry, kinerja dana pihak ketiga (DPK) yang dapat tumbuh 9,5 persen secara year on year.

Menurut Herry, besarnya kenaikan DPK di tengah perlambatan industri dinilai sangat membantu pertumbuhan kredit BNI sebesar 19,7 persen yoy.

Selain ditopang oleh kinerja DPK yang positif, lanjut Herry, pertumbuhan aset BNI tersebut juga ditopang dari funding non konvensional antara lain berupa deposit from other bank dan liabilitas repo serta pinjaman bilateral seperti bankers acceptance mengoptimalkan outlet Overseas BNI untuk mendukung ekspansi bisnis.

Namun demikian bank pelat merah ini mengakui di sisa tahun 2019 ini kondisi ekonomi dinilai masih penuh dengan tantangan khususnya dari sisi likuiditas.

“Kami masih optimistis aset tetap dapat tumbuh lebih deras lagi dibanding tahun lalu dan sejalan dengan industri,” tutup Herry. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *