Connect with us
PERTAMINA

Jasa Pelayanan & Logistik

Arus Bongkar Muat Pelabuhan Pelindo I Tumbuh 3 Persen

Alfian Setya Saputra

Published

on

Arus bongkar muat

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Arus bongkar muat peti kemas kapal di pelabuhan PT Pelindo I (Persero) mengalami pertumbuhan selama kuartal I/2020. Pertumbuhan ini ditunjang oleh momen bulan Ramadan dan persiapan jelang hari raya Idul Fitri.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo I, Imron Eryandy mengatakan arus bongkar muat peti kemas di pelabuhan Pelindo I hingga Maret 2020 tercatat sebanyak 265.755 box atau meningkat 2,82 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019 lalu sebanyak 258.462 box.

Meningkatnya kegiatan bongkar muat peti kemas di Terminal Peti Kemas (TPK) terutama untuk kegiatan peti kemas dalam negeri.

“Selain itu, kegiatan bongkar muat peti kemas ini sebagai persiapan memasuki Ramadan dan Idul Fitri di TPK Perawang yang berlokasi di Cabang Pekanbaru, Pelabuhan Dumai, dan Tanjungpinang,” jelasnya, Jumat (22/5/2020).

Dijelaskannya, peningkatan arus bongkar muat itu setara dengan 327.742 TEUs yang tumbuh 3,13 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang sebesar 317.808 TEUs. Sementara untuk arus kunjungan kapal naik 14,88 persen dibandingkan dengan pada kuartal I/2019, yaitu dari 15.331 call menjadi 17.613 call.

“Artinya ada pertumbuhan sebesar 30,26 persen, dimana pada periode yang sama sama di tahun lalu sebesar 30.025.908 Gross Tonnage (GT) menjadi 39.111.260 GT di tahun ini,” jelas Imron.

Namun trafik bongkar muat barang pada kuartal pertama di tahun 2020 turun 12,78 persen atau sebesar 9.479.541 ton dibandingkan tahun lalu sebesar 10,868 juta ton.

Hal ini karena dampak pandemi Covid-19 di sejumlah negara yang mengakibatkan berkurangnya bongkar muat general cargo di cabang Pelabuhan Belawan, Tanjungpinang, dan Pekanbaru.

Pandemi corona ini juga menyebabkan menurunnya permintaan ekspor komoditi minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO).

“Di beberapa terminal penumpang yang dikelola Pelindo I arus penumpang mengalami peningkatan. Untuk kuartal I ini sebanyak 1,319 juta orang atau naik 8,89 persen. Pada tahun sebelumnya dengan periode yang sama jumlah penumpang hanya sebanyak 1,211 juta orang,” kata Imron melanjutkan.

Peningkatan arus penumpang ini, menurutnya karena meningkatnya jumlah penumpang di cabang pelabuhan Tanjung Pinang dan Tanjung Balai Karimun.

Meski begitu Pelindo I mencatat ada kecenderungan penurunan arus penumpang dari bulan Januari hingga Maret 2020 akibat pandemi Covid-19.

Arus penumpang pada bulan Januari mencapai 530.771 orang, jumlah itu menurun dari Februari sebanyak 418.713 orang, dan Maret sebanyak 369.952 orang.

“Sejumlah terminal penumpang yang kami kelola saat ini tetap beroperasi dengan layanan terbatas. Tujuannya untuk mengurangi penyebaran virus corona sesuai dengan arahan dari pemerintah,” tandasnya. []

Jasa Pelayanan & Logistik

Okupansi Hotel Turun Drastis, Begini Strategi PT HIN

EKO PRASETYO

Published

on

Okupansi hotel

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Okupansi hotel atau tingkat hunian di berbagai hotel mengalami penurunan drastis selama pandemi covid-19.

PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN menyebut okupansi kamar hotel mengalami penurunan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT HIN Iswandi Said saat Ngopi BUMN di Jakarta, Kamis (23/9/2020).

Menurut Iswandi, tahun 2020 menjadi ‘tahun musibah’ bagi PT HIN.

“Karena tadinya kita berharap tahun 2021 akan menjadi tahun keemasan dengan target kinerja HIN meningkat tajam. Tapi di Februari 2020 terjadi pandemi Covid-19, sehingga okupansi hotel turun signifikan dibanding tahun lalu,” ujar Iswandi.

Berdasarkan data yang dipaparkan Iswandi, tingkat okupansi Hotel Indonesia Natour, di kuartal I 2020 hanya sebesar 38,9 persen, turun dibanding tahun lalu yang mencapai 61,6 persen.

Sementara di kuartal II, okupansinya sebesar 26 persen, turun dibandingkan kuartal II 2019 yang sebesar 66,1 persen.

Untuk kuartal III tahun ini, baru mencapai 27,3 persen atau turun dibandingkan periode yang sama 2019 yang sebesar 68,9 persen.

“Kondisi ini mengakibatkan pendapatan hotel yang berada di bawah naungan HIN di tahun ini turun sebesar 37 persen pada kuartal satu, di kuartal dua turun 65 persen dan kuartal ketiga turun hingga 70 persen, Jadi kita memang mengalami kerugian,” ungkapnya.

Adapun kunjungan tamu hotel selama pandemi ini, masih didominasi pemesanan dari online travel agent (OTA).

Beragam Cara Dorong Okupansi Hotel

Tamu dari OTA tercatat sebanyak 36,8 persen dari total pendapatan hotel, kemudian tamu dari pemerintah dan BUMN sebesar 13,3 persen.
Atas kondisi ini, PT HIN telah melakukan sejumlah upaya stategis dalam meningkatkan okupansi hotel.

Iswandi mengatakan, hotel yang dikelola PT HIN tidak pernah tutup selama pandemi dan terus beradaptasi dengan situasi terkini, termasuk dalam menerapkan SOP protokol kesehatan.

“Kita tidak mungkin kembali ke situasi normal sebelum Covid-19. Agar pegunjung merasa nyaman dan tetap percaya, kami buat aturannya sesuai new normal tentang kebersihan, kesehatan, dan keamanan di tiap hotel,” ungkapnya.

Selain itu, PT HIN juga memberikan program diskon hingga 45 persen kepada konsumen yang pemesanan kamar hingga tahun depan.

Hotel BUMN ini juga melakukan inovasi bisnis dengan melayani pemesanan makanan dan minuman secara online.

Bahkan sejumlah hotel milik PT HIN diYogyakarta, Medan, dan Bali juga telah menyediakan paket wisuda dan resepsi pernikahan dengan konsep drivethru.

“Jadi hotel-hotel kita terus dipacu untuk bisa menjual berbagai produk yang bisa diantar ke rumah pelanggan. Kita juga menjalin kerjasama dengan Gojek dan lainnya,” tandasnya. []

Continue Reading

Jasa Pelayanan & Logistik

Lagi! Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi BUMN, Kali Ini Giliran Pos Indonesia

CHRIESTIAN

Published

on

Pos Indonesia

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus melakukan sejumlah perubahan besar pada struktur pengurusan di perusahaan pelat merah.

Kali ini Pos Indonesia yang ke gilirannya! BUMN orange ini pada Kamis (24/9) secara resmi telah memiliki jajaran direksi yang baru mengganti wajah-wajah lama yang telah ikut membesarkan dan melakukan transformasi besar bagi perusahaan.

Melalui Keputusan Menteri BUMN No: SK-301/MBU/09/2020 menetapkan pengurus baru untuk melanjutkan transformasi bisnis yang secara fondasi telah terbangun dengan baik.

Adapun nama-nama pada Jajaran Direksi Pos Indonesia saat ini adalah:

1. Direktur Utama: Faizal Rochmad Djoemadi

2. Direktur SDM & Umum: Tonggo Marbun

3. Direktur Keuangan: Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman

4. Direktur Kelembagaan: Nezar Patria

5. Direktur Kurir & Logistik: Hariadi

6. Direktur Jaringan & Layanan Keuangan: Charles Sitorus

Penelusuran MEDIABUMN, nama Faizal Rochmad Djoemadi yang menjabat sebagai Direktur Utama menggantikan Gilarsi W. Setijono sebelumnya tercatat sebagai Direktur Digital Business PT Telkom Tbk.

Faizal juga pernah tercatat sebagai Direktur Utama Telekomunikasi Indonesia International atau lebih dikenal dengan nama Telin yang merupakan anak anak perusahaan BUMN Telkom yang fokus pada pengembangan lini bisnis di luar negeri.

Adapun wajah lama yang tetap dipertahankan pada jajaran direksi adalah Charles Sitorus yang kini menjabat sebagai Direktur Jaringan & Layanan Keuangan. Dimana sebelumnya Charles menjabat sebagai Direktur Komersial/Direktur Kurir dan Logistik

Dewan komisaris selaku wakil pemegang saham PT Pos Indonesia (Persero) mengucapkan terima kasih kepada beberapa anggota direksi lama yang sudah tidak bertugas lagi. Diharapkan Direksi berikutnya dapat menuntaskan agenda besar Pos Indonesia, dan oleh karenanya mohon restu dan kerjasama seluruh pihak yang ingin tumbuh bersama Pos Indonesia menuju potensi bisnis yang maksimal dan berkelanjutan.

PT Pos Indonesia (Persero) mempunyai jaringan yang sangat luas hingga 4.800 Kantor Pos online dengan jumlah titik layanan (point of sales) mencapai 58.700 titik dalam bentuk Kantor pos, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain-lain. Dengan adanya inovasi yang terus dikembangkan Pos Indonesia membuktikan bahwa Pos Indonesia memiliki jaringan yang dedicated, sistem distribusi yang handal sehingga membuat Pos Indonesia terus berkembang dari waktu ke waktu.

Namun perlu juga dikembangkan dengan semangat kekinian, memanfaatkan trend yang ada agar selalu bisa memikat pelanggan dan memaksimalkan pelayanan kepada para pelanggan pada masa kini dan mendatang. Diharapkan Pos Indonesia akan menjadi pusat jasa dengan jaringan distribusi yang unggul di Indonesia dengan berbagai inovasi baru lainnya. []

Continue Reading

Airport Services

Angkasa Pura I Raih Penghargaan Indonesia CSRxPKBL Award 2020

MediaBUMN

Published

on

CSRxPKBL Award 2020

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) meraih penghargaan “Best PKBL for Indonesia CSRxPKBL Award 2020” kategori “Transportation and Warehouse with Outstanding Program in Local Tourism Development Initiative” pada ajang Indonesia CSRxPKBL Award 2020 “Prosperity, Humanity, and Sustainability” yang diselenggarakan oleh Majalah Warta Ekonomi.

Penganugerahan penghargaan diberikan oleh CEO & Chief Editor Majalah Warta Ekonomi Muhamad Ihsan kepada Vice President Corporate Social Responsibility PT Angkasa Pura I (Persero) Nursapto Winoto secara virtual dan disaksikan oleh Founder dan Prescom Majalah Warta Ekonomi Fadel Muhammad pada Rabu 23 September 2020. Indonesia CSRxPKBL Award 2020 yang bertema “Prosperity, Humanity, and Sustainability” merupakan penghargaan dari Majalah Warta Ekonomi bagi perusahaan yang telah berhasil melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan yang sangat baik.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap komitmen Angkasa Pura I dalam berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di sekitar bandara-bandara kelolaan, khususnya yang terkait pengembangan kepariwisataan. Penghargaan ini juga merupakan salah satu alat ukur keberhasilan perusahaan dalam berkontribusi terhadap pengembangan pariwisata daerah,” ujar Direktur SDM dan Umum PT Angkasa Pura I (Persero) Adi Nugroho.

CSRxPKBL Award 2020

Angkasa Pura I berhasil meraih penghargaan pada kategori “Transportation and Warehouse with Outstanding Program in Local Tourism Development Initiative” yang berarti program tanggung jawab sosial Angkasa Pura I di bidang pariwisata dinilai cukup berkontribusi dalam pengembangan pariwisata daerah. Seiring dengan fokus Pemerintah untuk mengembangkan industri pariwisata, Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara juga berkepentingan untuk turut berkontribusi mengembangkan destinasi pariwisata sebagai atraksi untuk menarik masyarakat datang ke destinasi tersebut yang pada akhirnya dapat meningkatkan trafik penumpang yang melalui berbagai bandara Angkasa Pura I.

Adapun program tangung jawab sosial Angkasa Pura I yang terkait pariwisata pada 2019 dan tahun sebelumnya yaitu:

1. Pembangunan toilet umum dengan standar tinggi di 6 destinasi wisata yaitu Pantai Lasiana Kupang, Pantai Pulisan Minahasa Utara, Hutan Pinus Pengger Yogyakarta, Taman Satwa Taru Jurug Surakarta, Pura Besakih Bali, dan Taman Bantimurung Maros.

2. Pengembangan wisata di Pantai Saifuar Adoki Biak.

3. Peningkatan sarana ekowisata Pulau Menipo.

4. Pembangunan ruang produksi coklat di desa wisata Bigaran.

Penilaian bagi corporate social responsibility (CSR) BUMN pada ajang penghargaan ini dilakukan menggunakan metode desk research deskriptif kuantitatif dengan menganalisis kinerja Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) melalui berbagai laporan yang dipublikasi. Adapun kinerja PKBL diukur dari indikator efektivitas penyaluran dan tingkat kolektibilitas pengembalian pinjaman untuk kinerja Program Kemitraan, sedangkan indikator Program Bina Lingkungan yaitu accountability, transparency, ethical behaviour, rule of law. Kesuluruhan indikator tersebut kemudian diakumulasi menjadi indeks PKBL BUMN. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM