Connect with us
PERTAMINA

Perbankan

Aplikasi Mandiri Diupgrade Untuk Kembangkan Ekosistem Digital

Published

on

Aplikasi Mandiri

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Aplikasi Mandiri dari PT Bank Mandiri akan terus dikembangkan untuk membangun ekosistem digital bagi seluruh nasabah.

Bahkan bank BUMN ini sedang menyiapkan aplikasi Mandiri Livin 2.0 yang merupakan model upgrade dari aplikasi Livin 1.0.

Kepala Riset Henan Putihrai Sekuritas, Robertus Yanuar Hardy mengatakan, dari hasil riset terkai jasa keuangan, Bank Mandiri berencana meluncurkan aplikasi Livin 2.0.

Rencannya aplikasi Mandiri ini akan dilaunching pada kuartal empat tahun ini, yakni antara Oktober hingga Desember 2021.

“Livin 0.2 adalah model yang telah disempurnakan dari ‘Livin 1.0. Bank Mandiri melakukan pembenahan sehingga aplikasi ini memiliki fitur yang tidak terbatas hanya pada pembukaan tabungan, pembayaran QR, asuransi, investasi, pembiayaan, dan pendaftaran kartu kredit saja,” kata dia, Senin (10/5/2021).

Dalam aplikasi Mobile Mandiri yang baru ini, pihaknya telah melengkapi fitur Pay Later yang dapat dimanfaatkan oleh para konsumen untuk kemudahan transaksi.

Menurutnya, pengembangan Aplikasi Mandiri tersebut berpotensi meningkatkan efisiensi operasional perusahaan ke depan.

Bahkan diprediksi dapat meningkatkan marjin laba operasional sebelum pencadangan atau Pre Provision Operating Profit (PPOP).

Dimana pada kuartal I tahun ini, PPOP Bank Mandiri tumbuh menjadi 57.2 persen, sementara pada kuartal I tahun 2020 sebesar 56,1 persen.

Menurut Robertus, bank berkode BMRI memiliki big data yang tidak kalah unggul dengan layanan dari berbagai bank digital yang saat ini banyak bermunculan.

Ia melanjutkan, pinjaman berbasis payroll dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan 50 persen dari kredit segmen ritel perseroan adalah hasil dari pengembangan jaringan grup BMRI.

Grub BMRI terdiri dari 10 anak usaha, dengan puluhan BUMN dan korporasi swasta yang selama ini menjadi debitur perseroan.

Menurutnya, berbagai produk ini akan memiliki dampak yang lebih baik dengan dukungan tim khusus ‘Enterprise Data Management’ (EDM) Group.

Untuk diketahui, nilai transaksi melalui aplikasi Mandiri ‘Livin 1.0’ pada kuartal pertama tahun ini mencapai Rp 341 triliun.

Jumlah itu sudah melampaui nilai transaksi pada ATM Mandiri yang turun dari Rp280 triliun menjadi Rp200 triliun.

Selain itu, Bank Mandiri melalui anak usahanya Mandiri Capital Indonesia (MCI) juga telah berinvestasi di Bukalapak dan IPO Cashlez dengan market cap mencapai US$ 45 juta.

MCI kini memiliki investasi di sejumlah perusahaan rintisan di sektor teknologi keuangan yang dapat menumbuhkan ekosistem digital, seperti Amarta, Koinworks, dan Investree. []

Perbankan

BTN Bakal Meluncurkan Aplikasi Untuk Manjakan Nasabahnya

Published

on

aplikasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. kembali berinovasi akan meluncurkan aplikasi yang menghubungkan sekaligus mempermudah para pengelola dan penghuni rumah, perumahan, atau apartemen untuk membayar tagihan-tagihan termasuk iuran terkait hunian hingga menyampaikan keluhan dan pertukaran informasi lainnya.

Direktur Operation, IT, & Digital Banking Bank BTN Andi Nirwoto mengatakan sebagai bank terdepan di sektor perumahan, perseroan terus berupaya berinovasi untuk memberikan layanan perbankan yang terbaik untuk mempermudah dan melengkapi kebutuhan hidup para nasabahnya.

“Kami melihat ada kebutuhan yang tinggi untuk pembayaran iuran-iuran terkait hunian terutama pada nasabah techsavvy. Dengan menghadirkan aplikasi yang sedang kami siapkan ini, harapannya ke depan akan mempermudah para nasabah dalam membayar seluruh tagihan atau iuran baik di perumahan maupun apartemen melalui ponsel pintar nasabah,” jelas Andi di Jakarta, Kamis (2/12).

Andi menuturkan selain pembayaran iuran, nasabah sebagai pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan kepada pengelola perumahan atau apartemen. Sebaliknya, para pengelola perumahan atau apartemen juga dapat menyampaikan informasi-informasi penting bagi para pengguna fasilitas huniannya.

Nantinya, aplikasi ini akan ditawarkan bagi seluruh mitra pengembang Bank BTN hingga debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR)/Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) perseroan.

“Aplikasi ini akan kami tawarkan baik berbasis Android maupun iOS untuk pengguna, maupun berbasis web untuk pengelola rumah, perumahan, atau apartemen.”

Menurut Andi aplikasi tersebut secara resmi akan dilaunching bertepatan dengan HUT KPR BTN 10 Desember mendatang.

Andi yakin aplikasi yang sudah siap edar itu nantinya bakal semakin melengkapi layanan digital banking Bank BTN. Termasuk juga bakal mendukung visi BTN sebagai The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada tahun 2025 medatang.

Andi mengungkapkan Digital Mortgage Ecosystem BTN akan terus berkembang guna menjadi platform ekosistem perumahan yang akan melayani kebutuhan masyarakat dari hulu sampai dengan hilir, dimulai dari pencarian, pengembangan, pembelian dan penjualan properti / rumah, kontrakan rumah, renovasi rumah, interior rumah sampai dengan melayani kebutuhan utilities rumah secara rutin. []

Continue Reading

Perbankan

Batara Spekta BTN Tahap I Mulai Diundi

Published

on

Batara-Spekta

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (P ersero) Tbk (BTN) mencatat, sejak Januari hingga akhir November 2021 berhasil menggaet 1 juta nasabah baru. Perolehan tersebut salah satunya disumbang oleh program loyalti untuk nasabah BTN bertajuk Batara Spekta.

Direktur Distribution and Retail Funding BTN Jasmin mengatakan, pencapaian tersebut sejalan dengan target perseroan menjaga porsi dana murah (current account saving account/CASA) di level 43-44% hingga akhir tahun ini.

“CASA kami tahun ini targetnya sebenarnya di level 43-44% tetapi saat ini sudah 45% atau melebihi target. Mudah-mudahan kedepannya pelan tapi pasti kami dapat terus menaikkan CASA, sehingga kami bisa membangun CASA yang sustain, kuat, tetapi juga murah,” kata Jasmin di sela pengundian hadiah Batara Spekta Tahap I di Jakarta, Rabu (1/12).

Jasmin mengungkapkan, perseroan memang terus berupaya mengembalikan hakikat sebagai bank tabungan. Dengan visi tersebut, BTN agresif berinovasi untuk menyajikan berbagai program dan produk yang menyentuh kebutuhan transaksi harian nasabah.

“Kami harapkan dengan adanya program loyalti ini nantinya BTN kembali seperti namanya, yakni bank tabungan, karena selama ini BTN dikenal sebagai bank tempat nyicil, bukan bank tempat menabung. Dengan program ini kami harapkan balik lagi BTN sebagai tempat menabung sekaligus bank tempat memberikan pembiayaan perumahan,” jelas Jasmin.

Menurut Jasmin, dengan penguatan pada pendanaan khususnya dana murah atau CASA, diharapkan BTN akan bisa memberikan lebih banyak lagi KPR kepada nasabah dengan bunga yang lebih murah. “Kuncinya kan disitu, kalau cost of fund-nya murah tentu kami akan memberikan bunga yang lebih rendah,” ujar Jasmin.

Lebih lanjut Jasmin mengatakan, Program Batara Spekta yang diluncurkan pada bulan September 2020 lalu adalah program untuk meningkatkan loyalitas dan awareness nasabah dalam bertransaksi dan menabung dalam tabungan batara. “Pengundian Batara Spekta tahap satu sudah kami lakukan hari ini dengan memberikan berbagai macam hadiah yang luar biasa,” kata Jasmin.

Hadiah yang diundi pada pengundian Batara Spekta Tahap I kali ini yakni 2 Samsung Watch, 2 Cooking Ware Set, 2 Apple Watch Series 6, 1 Samsung Galaxy S 21, 1 Iphone 12 Pro, 2 Samsung Smart TV, 1 Macbook Pro, 1 Sepeda Brompton, dan 1 unit sepeda motor Yamaha Nmax. Untuk Undian Tahap II Batara Spekta yang akan digelar pada Februari 2022, Bank BTN akan memberikan hadiah berupa rumah dan mobil mewah.

Adapun, Program Batara Spekta merupakan program yang diracik BTN bagi para nasabah tabungan baik baru maupun existing. Melalui program anyar tersebut, nasabah baru tabungan BTN bisa mendapatkan Poin Spekta. Poin tersebut dapat dikumpulkan nasabah saat membuka rekening tabungan Batara.

Selain itu, nasabah juga dapat mengumpulkan Poin Spekta melalui transaksi menggunakan kartu debit atau mobile banking BTN. Nasabah juga dapat menambah Point Spekta dengan meningkatkan jumlah saldonya. Nantinya, poin dapat ditukar dengan berbagai produk menarik. Poin tersebut juga dapat diikutkan dalam pengundian yang berhadiah mulai gawai terkini, mobil mewah, hingga rumah senilai miliaran rupiah. []

Continue Reading

Perbankan

Bank BTN Gelar Akad Massal Kredit Rumah Pekerja

Published

on

akad massal

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menjelang HUT KPR BTN ke 45 yang jatuh pada tanggal 10 Desember mendatang, Bank BTN menggelar akad massal kredit rumah pekerja MLT Progam Jaminan Hari Tua (JHT) .

akad massal

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah (ketiga dari kiri) menyerahkan secara simbolis kunci rumah kepada peserta akad massal kredit  rumah pekerja Manfaat Layanan Tambahan (MLT) Program Jaminan Hari Tua disaksikan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Haru Koesmahargyo (kanan)  dan Direktur Pengembangan dan Investasi  BPJAMSOSTEK Edwin Ridwan (kiri) di Tangerang, Banten, Selasa (30/11).

Kredit rumah tersebut merupakan hasil kolaborasi Kementerian Ketenagakerjaan, Bank BTN dan BPJAMSOSTEK untuk memperluas fasilitas pembiayaan kepada pada pekerja diantaranya fasilitas kredit pemilikan rumah dan renovasi rumah.

akad massal

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Haru Koesmahargyo.

Tahun ini Bank BTN menargetkan realisasi kredit MLT tersebut mencapai Rp 100 miliar hingga akhir tahun 2021. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!