Connect with us
PERTAMINA

Transportasi

Aplikasi KAI Acces, Solusi Pembatalan Tiket Kereta Tanpa Antri

Alfian Setya Saputra

Published

on

Aplikasi KAI Acces

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Aplikasi KAI Acces adalah salah satu solusi bagi para penumpang yang akan membatalkan perjalanan tanpa harus datang ke Stasiun Kereta Api dan tanpa perlu ikut antri.

Lewat aplikasi KAI Acces ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberi kemudahan bagi para penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket secara online.

Cara ini juga dilakukan perusahaan transportasi BUMN dalam menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun.

Langkah tersebut jugalah yang diimbau PT KAI Daop 1 Jakarta kepada para calon penumpang untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengonfirmasikan pembatalan tiket perjalanan bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.

Tak hanya informasi pembatalan tiket, KAI Daop 1 juga melakukan pengurangan jadwal perjalanan kereta. Salah satunya dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Dilaporkan KAI Daop 1, terdapat 19 keberangkatan Kereta Api yang dibatalkan perjalanannya pada jadwal keberangkatan 23 Maret – 1 April 2020.

Kepala Humas KAI Daop 1 Eva Chairunisa, Rabu (25/03) menjelaskan, bagi para calon penumpang yang tidak berkenan KA-nya dialihkan ke KA yang lain, maka calon penumpang bisa dilakukan refund atau pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100 persen.

Untuk pengembalian bea 100 persen ini hanya berlaku pada calon penumpang KA yang keberangkatannya di masa tanggap darurat Corona, 23 Maret – 29 Mei 2020.

“Tercatat sejak 1 maret 2020 sampai saat ini kini ada sekitar 71.000 tiket keberangkatan sampai dengan 90 hari ke depan telah dilakukan proses pembatalan,” rinci Eva.

Pembatalan tersebut dilakukan lewat loket pembatalan di stasiun dan ada juga yang lewat jalur online di aplikasi KAI Acces.

Maka dari itu, ia mengimbau agar calon penumpang yang rencananya akan melakukan pembatalan tiket saat ini sebaiknya dilakukan secara online, lewat aplikasi KAI Access.

Pembatalan via KAI Acces ini bisa juga untuk melakukan pembatalan tiket lainnya yang satu rombongan dengan satu kode booking yang sama.

“Bagi para calon penumpang harus memastikan aplikasi KAI Acces yang dimiliki sesuai dengan versi terbaru atau versi paling update, sehingga pembatalan tiket dapat dilakukan pengembalian bea 100 persen,” imbaunya kembali.

Sementara untuk yang tak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Acces, calon penumpang bisa langsung datang ke loket pembatalan di stasiun.

Diketahui sampai saat ini ada 8 stasiun di wilayah Daop 1 yang melayani pembatalan tiket KA jarak jauh.

Setiap stasiun KA terdapat 3 loket untuk bisa melakukan pelayanan pembatalan tiket. Selain itu ada penambahan loket dalam menghindari antrian, seperti di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Sehingga sampai dengan saat ini ada 5 loket layanan untuk proses pembatalan tiket.

Adapun jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun bisa dilakukan di jam buka di setiap hari di jam berikut:

Stasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00 – 19.00 WIB
Stasiun Gambir: Pukul 07.00 – 22.00 WIB
Stasiun Pasar Senen: Pukul 07.00 – 22.00 WIB
Stasiun Serang: Pukul 09.00 – 19.00 WIB
Stasiun Cikampek: Pukul 07.00 – 22.00
Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00 – 16.00 WIB
Stasiun Bekasi : Pukul 07.00 – 22.00 WIB
Stasiun Bogor: Pukul 09.00 – 16.00 WIB

Transportasi

Erick Thohir Ganti Dua Dewan Komisaris Pelni

EKO PRASETYO

Published

on

Dewan komisaris Pelni

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara resmi mengganti Dewan komisaris Pelni / PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Penggantian tersebut berdasarkan surat keputusan Kementerian BUMN Nomor SK-84/MBU/03/2020.

Dalam isi surat keputusan tersebut, Erick menyatakan memberhentikan dengan hormat dari jajaran Dewan Komisaris PT Pelni, Loto Srinaita Ginting dan Danang Parikesit.

Selanjutnya isi surat tersebut juga berisikan pergantian anggota dewan komisaris yang baru yakni Eddy Susanto Soepadmo serta Marwanto.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro, Jumat (20/03/20) di Jakarta mengatakan, bergabungnya Eddy Susanto dan Marwanto di Pelni harapannya dapat mendukung dan menyukseskan target perseroan di 2020 ini.

“Semoga target perusahaan tercapai dengan masuknya Bapak Eddy dan Bapak Marwanto,” tukasnya.

Diketahui saat ini jajaran Dewan Komisaris Pelni, untuk Komisaris Utama dijabat Ali Masykur Musa.

Lalu untuk keanggota Komisaris di isi oleh 5 orang anggota, di antaranya, Johanes Widodo H.M, Wahyu Adji Henpriarsono, Haryo Indratno, Eddy Susanto Soepadmo, dan Marwanto.

Diketahui, perombakan jajaran pimpinan adalah hal yang biasa. Di Pelni sendiri perombakan tak hanya terjadi kali ini saja.

Jika kali ini jajaran komisaris yang mengalami perubahan, sebelumnya Erick Thohir Desember 2019 lalu juga merombak dua direksi perusahaan plat merah yang bergerak di bidang transportasi laut tersebut.

Jabatan yang diganti adalah Direktur Keuangan yang sebelumnya dijabat Tri Andayani kini digantikan Ony Suprihartono.

Demikian Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut dari Harry Boediarto digantikan Masrul Khalimi.

Diketahui sampai dengan saat ini ada 26 kapal penumpang yang dioperasikan Pelni. Rinciannya 26 kapal singgah di 83 pelabuhan dan melayani 1.100 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga memiliki rute 45 trayek kapal perintis yang singgah di 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. []

Continue Reading

Transportasi

Tiket Kereta Api Lebaran 2020 Hampir Habis Terjual

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

tiket kereta

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) hingga awal Maret 2020 ini telah menjual 835.000 tiket kereta api lebaran 2020 ke berbagai rute perjalanan.

Bahkan tiket yang disediakan KAI hampir habis terjual. Tercatat saja untuk tiket Kereta Api (KA) jarak jauh saat ini telah mencapai 30 persen dari seluruh tiket yang KAI sediakan.

Dijelaskan VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan, hasil pantauan Rail Ticketing System Selasa (10/3/2020), penjualan tiket KA Jarak Jauh mencapai 30 persen dari seluruh tiket yang disediakan.

Rute rute yang paling banyak pesanan adalah ke berbagai wilayah kota besar di Pulau Jawa, seperti, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Malang.

Jumlah pemesanan tiket tersebut tentunya masih akan terus bertambah sampai pada masa mudik dan arus balik lebaran datang.

Dijelaskan Yuskal, jenis tiket KA yang paling banyak diburuh penumpang adalah tiket mudik di H-3 Lebaran.

“Untuk 21 Mei 2020 sudah ada 56.000 tiket terpesan. Demikian juga untuk tiket KA arus balik H+2 di 27 Mei 2020 sampai 58.000 tiket,” paparnya.

Dari data KAI, pemesanan tiket yang masuk yang paling favorit adalah KA Bengawan dengan tujuan Pasar Senen – Purwosari pp.

Selain itu ada Kereta Kertajaya dengan Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi pp, dan Tawang Jaya dengan tujuan Pasar Senen – Semarang Poncol pp.

Tak hanya itu saja, beberapa rute lainnya yang tak kalah favorit adalah Matarmaja untuk rute Pasar Senen – Malang pp, Kereta Kahuripan untuk rute Kiaracondong – Blitar.

Demikian juga untuk Kereta Pasundan untuk rute perjalanan Kiaracondong – Surabaya Gubeng, Progo untuk rute perjalanan Pasar Senen – Lempuyangan, Serayu untuk rute perjalanan Pasar Senen – Purwokerto, Kereta Tegal Ekspress untuk rute perjalanan Pasar Senen – Tegal) dan terakhir Sri Tanjung untuk rute perjalanan Surabaya Gubeng – Lempuyangan.

Diketahui, KAI telah membuat penjualan keberangkatan untuk H-10 sampai dengan H+10 Lebaran sejak 14 Februari 2020 lalu.

Bahkan mulai H-90 keberangkatan di seluruh saluran penjualan telah ada pemesanan 2,8 juta KA jarak jauh.

Disampaikan Yuskan hingga hari ini penjualan tiket berjalan lancar tanpa kendala. Selama ini pihaknya telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket dan melakukan penambahan kapasitas server dan bandwidth dua kali lipat dibandingkan pada hari biasa.

Yuskan menyatakan penumpang yang masih mencari tiket tak perlu khawatir kehabisan. Sebab ada banyak alternatif KA yang disediakan. Jumlah tiket yang disediakan pun cukup banyak.

“Cari tanggal, rute atau KA alternatif, jika nantinya KA yang diinginkan sudah habis tiketnya,” kata Yuskan yang juga menyatakan KAI akan menjalankan KA tambahan. []

Continue Reading

Transportasi

Ada Diskon Untuk Penumpang Garuda Indonesia dan Citilink, Ini Infonya

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Garuda Indonesia dan Citilink

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bagi penumpang Garuda Indonesia dan Citilink patut berbahagia. Pasalnya ada diskon cuma-cuma sebesar 20 persen yang bisa dinikmati dari Securitech Indonesia.

Securitech Indonesia merupakan perusahaan jasa wrapping bagasi. Diskon 20 persen tersebut tercipta atas kerja sama yang terjalin antara perusahaan tersebut dengan perusahaan maskapai penerbangan plat merah.

Disampaikan Joko yang didampingi rekannya Budi dan Kris selaku PIC Securitech Indonesia mengatakan, layanan diskon tak hanya berlaku bagi para penumpang Garuda Indonesia dan Citilink yang diberangkatkan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali saja.

Tetapi layanan diskon tersebut juga dapat dinikmati di beberapa bandara yang ada di wilayah Barat.

Misalnya saja seperti Bandara Internasional Lombok dan Bandara El Tari Kupang. Lalu, Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta.

Menurut Joko, Garuda Indonesia diketahui sebagai salah satu maskapai milik BUMN yang besar dan dikenal akan kenyamanannya.

“Selain Garuda ada juga Citilink, sebagai penerbangan anak usaha yang juga dikenal kenyamanan dan angkutan udara yang murah,” terangnya.

Sementara itu, dijelaskannya, baggage wrapping sendiri sebagai salah satu layanan untuk membungkus barang bawaan yang akan masuk kedalam bagasi pesawat.

Harapannya dalam penggunaan baggage wrapping adalah barang bawaan tidak terkena cairan ataupun dibongkar oleh oknum yang tak bertanggung jawab, yang menyebabkan kerusakan maupun kehilangan.

“Maka dari itu untuk penumpang setia Garuda atau Citilink tak perlu khawatir dengan barang bawaannya,” jelas Joko.

Apalagi, kata Joko, telah terjalin kerjasama antara Securitech Indonesia dengan Garuda Indonesia. Sehingga, keamanan penumpang maskapai BUMN ini tetap aman dengan layanan prima yang ditawarkan.

“Terutama keamanan dan kenyataman barang yang dibawa ketika naik pesawat,” katanya.

Maka dari itu, ada 20 persen diskon untuk penumpang Garuda Indonesia dan Citilink.

Bagaimana cara mendapatkan diskon tersebut? Dijelaskan Joko, para penumpang Garuda dan Citilink cukup menunjukan tiket pesawatnya di bandara.

“Nanti akan dapat harga spesial,” janjinya.

Maka dari itu, dijelaskannya lagi, para penumpang dengan keberangkatan domestik di bandara yang diberlakukan kerjasama hanya tinggal datang ke ke counter securitech yang ada areal chek in keberangkatan. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM