Connect with us
PERTAMINA

Transportasi

Apa Kabar Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

CHRIESTIAN

Published

on

Proyek kereta

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi megaproyek yang sangat dinanti oleh masyarakat. Namun dalam proses pembangunannya, proyek tersebut justru mengalami kendala klasik yaitu pembebasan lahan.

Sebagai kontraktor proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk / WIKA tahun ini menargetkan proyek tersebut sudah 70 persen rampung. WIKA optimis lantaran saat ini progres pembangunan proyek tersebut sudah hampir setengah dari target.

Menurut Corporate Secretary WIKA, Mahendra Vijaya, realisasi pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini telah mencapai progres 41 persen.

“Tahapan konstruksi beberapa pilar sudah beres. Selanjutnya akan dilakukan pekerjaan pemasangan girder beton di beberapa titik seperti di Halim Perdanakusuma dan Tol Cikampek. Untuk detailnya saya tidak hafal, yang jelas progres pembangunan proyek ini sudah 41 persen,” terang Mahendra.

Hingga progres saat ini, lanjut Hendra, WIKA telah menggelontorkan pengeluaran mencapai US$1,5 miliar. Diharapkan sampai dengan akhir tahun 2020 progres Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini bisa rampung 70 persen.

Adapun WIKA di tahun ini telah mengalokasikan belanja modal atau Capex mencapai Rp11,5 triliun. Dana tersebut diperoleh perseroan dari pinjaman perbankan dan IPO anak usaha yang nantinya akan menyesuaikan dengan kebutuhan investasi perseroan.

“Capex ini utamanya digunakan sebagai penyertaan modal di entitas anak dan pengembangan usaha di bidang energi, properti serta infrastruktur.

Seperti diketahui bahwa proyek kereta cepat Jakarta-Bandung digarap secara konsorsium bersama dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Adapun Entitas tersebut adalah gabungan antara PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dengan porsi saham sebesar 60 persen dan Beijing Yawan HSR Co. Ltd dengan kepemilikan sebesar 40 persen.

Adapun, WIKA masuk sebagai anggota PSBI dengan porsi saham sebesar 38 persen. Kemudian PT Kereta Api Indonesia (Persero) / PT KAI sebesar 25 persen, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII sebesar 25 persen, dan saham 12 persen adalah kepemilikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. []

Transportasi

ASDP Ferry Siap Dukung Perhelatan MotoGP 2021

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

ASDP

MEDIABUMN.COM, Jakarta – ASDP Ferry sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor transportasi penyeberangan menyatakan kesiapannya dalam mendukung kelancaran perhelatan MotoGP 2021 yang akan di gelar di Kawasan Mandalika Lombok.

Kepada MEDIABUMN dalam acara Ngopi BUMN di Kementerian BUMN (6/01), Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi menegaskan jika pihaknya sangat siap mendukung layanan transportasi khususnya penyeberangan dari Bali menuju kawasan Mandalika tempat berlangsungnya event olahraga balap motor terbesar dunia tersebut.

Selain itu, lanjut Ira, ASDP juga tengah menyiapkan rute penyeberangan dari Jawa Timur menuju Pulau Bali. Sehingga bagi mereka yang hendak menuju Kawasan Mandalika Lombok dari Jawa bisa terakomodir dengan baik.

“Tentunya kami mendukung perhelatan tersebut (MotoGP 2021). Kami siapkan pelayanan terbaik dari Ketapang-Gilimanuk karena ada pergerakan kendaraan yang signifikan dari Jawa-Bali-Lombok. Present kami lebih besar disitu,” ujar Ira.

Ira juga menegaskan bahwa akan melakukan sejumlah perbaikan fasilitas pelabuhan di Kupang. Salah satunya yaitu fasilitas ruang tunggu di pelabuhan yang pengerjaannya akan dikebut sebelum gelaran MotoGP berlangsung.

“Kupang ada lintasan baru. Fasilitas-fasilitas pelabuhan tentunya akan kita perbaiki kenyamanan ruang tunggu penumpang jadi fungsi kita semacam supporting,” tukas Ira.

Lebih lanjut Ira mengatakan bahwa ASDP akan terus berkordinasi secara intensif dengan BUMN ITDC sebagai pengelola kawasan di Mandalika.

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui peran apa yang akan diberikan kepada perusahaan penyeberangan ini dalam penyelenggaraan MotoGP. []

Continue Reading

Transportasi

Irfan Setiaputra Resmi Jadi Dirut Garuda Indonesia

CHRIESTIAN

Published

on

Irfan Setiaputra

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Irfan Setiaputra resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia menyusul hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) maskapai pelat merah.

Kementerian BUMN telah memastikan nama Irfan Setiaputra sebagai Dirut Garuda menggantikan Ari Askhara yang sebelumnya telah dicopot Menteri BUMN Erick Thohir karena skandal penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton.

Hasil dari RUPSLB juga telah menetapkan nama Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama menggantikan Komisaris Utama sebelumnya Sahala Lumban Gaol.
Berikut adalah susunan komisaris dan direksi Garuda Indonesia:

Komisaris
1. Komisaris Utama: Triawan Munaf
2. Wakil Komisaris Utama: Chairal Tanjung
3. Komisaris Independen: Yenny Wahid
4. Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan
5. Komisaris: Peter F Gontha

Direksi
1. Direktur Utama: Irfan Setiaputra
2. Wakil Direktur Utama: Dony Oskaria
3. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Fuad Rizal
4. Direktur Operasi: Tumpal Manumpak Hutapea
5. Direktur Human Capital: Aryaperwira Adileksana
6. Direktur Teknik: Rahmat Hanafi
7. Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan IT: Ade R. Susardi
8. Direktur Niaga dan Kargo: M. Rizal Pahlevi

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

73 Tahun Perum Damri, Terus Berinovasi Hadirkan Layanan Terbaik

MediaBUMN

Published

on

Perum

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Perum DAMRI tahun ini genap berusia 73 tahun. Berbekal pengalaman panjang sebagai perusahaan penyedia jasa transportasi bus, tentunya semakin mengasah kemampuan perusahaan dalam menghadirkan layanan yang optimal bagi para pelanggan

Terlebih di era digital saat ini yang semakin mendisrupsi pola-pola konvensional yang sudah banyak ditinggalkan masyarakat. Namun di tengah tantangan tersebut, perum DAMRI terus merelevankan seluruh layanannya sehingga perusahaan terus hadir dalam memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Dalam acara perayaan HUT ke-73 Perum DAMRI di kantor Kemayoran Jakarta (1/12), Direktur Utama Perum DAMRI Milatia Kusuma Moemin Mengatakan bahwa pihaknya akan terus menghadirkan inovasi yang terbaik sesuai dengan kebutuhan zaman yang berorientasi terhadap kepuasan pelanggan.

“Kami tidak akan berhenti disini. DAMRI akan terus membuat terobosan dan inovasi yang meningkatkan pelayaan sesuai dinamika dan permintaan pelanggannya,” ujarnya.

Menurutnya seluruh personel DAMRI berkomitmen tinggi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada peanggan.

“Di DAMRI kini tak ada lagi penumpang, tapi pelanggan. Konsekuensinya, mereka harus dilayani sebaik mungkin karena pelanggan adalah raja,” ujar wanita yang akrab disapa Mila tersebut.

Dalam perayaan HUT ke-73 tersebut, DAMRI meluncurkan aplikasi DAMRI Apps, yang merupakan aplikasi layanan DAMRI yang ditujukan kepada seluruh pelanggan di tanah air.

“Aplikasi ini bisa di unduh melalui Play Store. Melalui aplikasi tersebut nantinya para pelanggan kami bisa melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan kebutuhan akan transportasi DAMRI seperti pemesanan tiket, dsb,” ujarnya.

Dalam momentum HUT tersebut, DAMRI juga meluncurkan trayek baru bandara Soekarno Hatta – Bandung dan trayek trans jawa (Jakarta – Surabaya).

Rangkaian perayaan HUT DAMRI sudah dilakukan sejak beberapa lama, termasuk di beberapa kantor cabang DAMRI. Puncaknya pada minggu (1/12), yang diawali dengan jalan sehat (fun walk), senam bersama serta panggung gembira di lapangan parkir kantor pusat DAMRI Kemayoran Jakarta.

Rangkaian Acara HUT Perum DAMRI

Pantauan di lapangan, ribuan pegawai DAMRI dan keluarganya ikut hadir dan jalan sehat bersama di skitar Jalan Benyamin Syueb, Kemarian Jakarta.
Start dan finish mengambil tempat di Gerbang Kantor DAMRI Kemayoran Jakarta.

73 Tahun

Hadir Dirut DAMRI Milatia Kuuma Moemin, jajaran Direksi Perum DAMRI, pejabat serta karyawan dan keluarganya. Selain itu, tampak hadir para pejabat seperti Sekditjen Hubdat Cucu Mulyana, perwakilan dari Kementerian BUMN. Serta, mitra kerja dan rekanan Perum DAMRI baik di pusat atau daerah.

Yang tak kalah menarik adalah panggung gembira dengan mendatangkan beberapa artis ibukota Jakarta. Dan saat itulah dilakukan flashmop seluruh karyawan termasuk Dirut Perum DAMRI ikut melantai bersama karyawannya. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM