Connect with us
PERTAMINA

Transportasi

Apa Kabar Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung?

CHRIESTIAN

Published

on

Proyek kereta

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi megaproyek yang sangat dinanti oleh masyarakat. Namun dalam proses pembangunannya, proyek tersebut justru mengalami kendala klasik yaitu pembebasan lahan.

Sebagai kontraktor proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk / WIKA tahun ini menargetkan proyek tersebut sudah 70 persen rampung. WIKA optimis lantaran saat ini progres pembangunan proyek tersebut sudah hampir setengah dari target.

Menurut Corporate Secretary WIKA, Mahendra Vijaya, realisasi pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini telah mencapai progres 41 persen.

“Tahapan konstruksi beberapa pilar sudah beres. Selanjutnya akan dilakukan pekerjaan pemasangan girder beton di beberapa titik seperti di Halim Perdanakusuma dan Tol Cikampek. Untuk detailnya saya tidak hafal, yang jelas progres pembangunan proyek ini sudah 41 persen,” terang Mahendra.

Hingga progres saat ini, lanjut Hendra, WIKA telah menggelontorkan pengeluaran mencapai US$1,5 miliar. Diharapkan sampai dengan akhir tahun 2020 progres Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini bisa rampung 70 persen.

Adapun WIKA di tahun ini telah mengalokasikan belanja modal atau Capex mencapai Rp11,5 triliun. Dana tersebut diperoleh perseroan dari pinjaman perbankan dan IPO anak usaha yang nantinya akan menyesuaikan dengan kebutuhan investasi perseroan.

“Capex ini utamanya digunakan sebagai penyertaan modal di entitas anak dan pengembangan usaha di bidang energi, properti serta infrastruktur.

Seperti diketahui bahwa proyek kereta cepat Jakarta-Bandung digarap secara konsorsium bersama dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Adapun Entitas tersebut adalah gabungan antara PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dengan porsi saham sebesar 60 persen dan Beijing Yawan HSR Co. Ltd dengan kepemilikan sebesar 40 persen.

Adapun, WIKA masuk sebagai anggota PSBI dengan porsi saham sebesar 38 persen. Kemudian PT Kereta Api Indonesia (Persero) / PT KAI sebesar 25 persen, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII sebesar 25 persen, dan saham 12 persen adalah kepemilikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. []

Transportasi

Produksi Ribuan Masker, ASDP Berdayakan UMKM di Sekitar Pelabuhan

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

ASDP

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) secara serentak Program Gerakan 15.000 Masker Kain. Yakni pembuatan masker kain secara massal dengan memberdayakan Ikatan Istri Karyawan ASDP (IIKA) dan UMKM penjahit lokal di seluruh lingkungan pelabuhan penyeberangan yang dikelola perusahaan pelat merah ini dari Sabang sampai Merauke.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini mengatakan, Gerakan 15.000 Masker ini merupakan wujud wujud tanggung jawab sosial perusahaan dalam mengantisipasi pandemi Covid-19 lebih meluas lagi di Indonesia. Yang dilaksanakan divisi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan melalui program Senyum Peduli.

“Gerakan 15.000 masker ini juga merupakan bentuk kontribusi dan solusi dari ASDP dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19 saat ini,” jelas Imelda, Selasa (7/4/2020).

Dijelaskannya, melalui 29 kantor cabang yang mengelola 35 pelabuhan di Indonesia membuat masker kain secara massal untuk dibagikan kepada masyarakat, karyawan dan keluarganya melalui produk penjahit lokal. Kontribusi perseroan ini diharapkan dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat terutama di lingkungan kerja pelabuhan.

“Gerakan ini juga sejalan dengan arahan pemerintah, bahwa masyarakat wajib menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah. Terutama ketika menggunakan akses ruang publik dan transportasi umum,” tutur Imelda.

Ia mengungkapkan, sejak pandemi Covid-19 mulai meluas, terjadi kelangkaan masker di Indonesia. Harga jual masker di pasaran pun menjadi mahal dan sulit didapat. Masker kain produksi ASDP ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan karyawan. Selain itu, masker kain ini dapat dicuci dan digunakan kembali, sehingga cukup efisien.

“Dengan gerakan 15.000 masker kain ini, kita tidak hanya membantu penyebaran virus lebih meluas lagi, tetapi juga membantu perekonomian para UMKM penjahit lokal tetap berjalan selama wabah Covid-19 terjadi. Tentu, kita semua berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir di Indonesia,” tandasnya.

Tak hanya menyediakan masker kain, melalui program Senyum Peduli, PT ASDP juga memberikan bantuan makanan bernutrisi kepada petugas kesehatan sebagai bentuk dukungan dalam penanganan wabah covid-19. Kegiatan ini diadakan oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni.

Manager Umum PT ASDP Cabang Bakauheni, Maryati mengatakan, pihaknya telah mendistribusikan berbagai bantuan makanan minuman bernutrisi, masker dan vitamin ke pusat layanan kesehatan yang ada di wilayah Lampung Selatan, salah satunya di RSUD Bob Bazaar. Maryati menyebut kegiatan bertajuk Senyum Peduli Tenaga Medis ini akan rutin dilakukan. Selain kepada tenaga medis, bantuan juga dilakukan untuk pengemudi dan penumpang kapal penyeberangan. []

Continue Reading

Transportasi

Aplikasi KAI Acces, Solusi Pembatalan Tiket Kereta Tanpa Antri

Alfian Setya Saputra

Published

on

Aplikasi KAI Acces

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Aplikasi KAI Acces adalah salah satu solusi bagi para penumpang yang akan membatalkan perjalanan tanpa harus datang ke Stasiun Kereta Api dan tanpa perlu ikut antri.

Lewat aplikasi KAI Acces ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberi kemudahan bagi para penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket secara online.

Cara ini juga dilakukan perusahaan transportasi BUMN dalam menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun.

Langkah tersebut jugalah yang diimbau PT KAI Daop 1 Jakarta kepada para calon penumpang untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengonfirmasikan pembatalan tiket perjalanan bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.

Tak hanya informasi pembatalan tiket, KAI Daop 1 juga melakukan pengurangan jadwal perjalanan kereta. Salah satunya dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Dilaporkan KAI Daop 1, terdapat 19 keberangkatan Kereta Api yang dibatalkan perjalanannya pada jadwal keberangkatan 23 Maret – 1 April 2020.

Kepala Humas KAI Daop 1 Eva Chairunisa, Rabu (25/03) menjelaskan, bagi para calon penumpang yang tidak berkenan KA-nya dialihkan ke KA yang lain, maka calon penumpang bisa dilakukan refund atau pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100 persen.

Untuk pengembalian bea 100 persen ini hanya berlaku pada calon penumpang KA yang keberangkatannya di masa tanggap darurat Corona, 23 Maret – 29 Mei 2020.

“Tercatat sejak 1 maret 2020 sampai saat ini kini ada sekitar 71.000 tiket keberangkatan sampai dengan 90 hari ke depan telah dilakukan proses pembatalan,” rinci Eva.

Pembatalan tersebut dilakukan lewat loket pembatalan di stasiun dan ada juga yang lewat jalur online di aplikasi KAI Acces.

Maka dari itu, ia mengimbau agar calon penumpang yang rencananya akan melakukan pembatalan tiket saat ini sebaiknya dilakukan secara online, lewat aplikasi KAI Access.

Pembatalan via KAI Acces ini bisa juga untuk melakukan pembatalan tiket lainnya yang satu rombongan dengan satu kode booking yang sama.

“Bagi para calon penumpang harus memastikan aplikasi KAI Acces yang dimiliki sesuai dengan versi terbaru atau versi paling update, sehingga pembatalan tiket dapat dilakukan pengembalian bea 100 persen,” imbaunya kembali.

Sementara untuk yang tak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Acces, calon penumpang bisa langsung datang ke loket pembatalan di stasiun.

Diketahui sampai saat ini ada 8 stasiun di wilayah Daop 1 yang melayani pembatalan tiket KA jarak jauh.

Setiap stasiun KA terdapat 3 loket untuk bisa melakukan pelayanan pembatalan tiket. Selain itu ada penambahan loket dalam menghindari antrian, seperti di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Sehingga sampai dengan saat ini ada 5 loket layanan untuk proses pembatalan tiket.

Adapun jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun bisa dilakukan di jam buka di setiap hari di jam berikut:

Stasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00 – 19.00 WIB
Stasiun Gambir: Pukul 07.00 – 22.00 WIB
Stasiun Pasar Senen: Pukul 07.00 – 22.00 WIB
Stasiun Serang: Pukul 09.00 – 19.00 WIB
Stasiun Cikampek: Pukul 07.00 – 22.00
Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00 – 16.00 WIB
Stasiun Bekasi : Pukul 07.00 – 22.00 WIB
Stasiun Bogor: Pukul 09.00 – 16.00 WIB

Continue Reading

Transportasi

Erick Thohir Ganti Dua Dewan Komisaris Pelni

EKO PRASETYO

Published

on

Dewan komisaris Pelni

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara resmi mengganti Dewan komisaris Pelni / PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Penggantian tersebut berdasarkan surat keputusan Kementerian BUMN Nomor SK-84/MBU/03/2020.

Dalam isi surat keputusan tersebut, Erick menyatakan memberhentikan dengan hormat dari jajaran Dewan Komisaris PT Pelni, Loto Srinaita Ginting dan Danang Parikesit.

Selanjutnya isi surat tersebut juga berisikan pergantian anggota dewan komisaris yang baru yakni Eddy Susanto Soepadmo serta Marwanto.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro, Jumat (20/03/20) di Jakarta mengatakan, bergabungnya Eddy Susanto dan Marwanto di Pelni harapannya dapat mendukung dan menyukseskan target perseroan di 2020 ini.

“Semoga target perusahaan tercapai dengan masuknya Bapak Eddy dan Bapak Marwanto,” tukasnya.

Diketahui saat ini jajaran Dewan Komisaris Pelni, untuk Komisaris Utama dijabat Ali Masykur Musa.

Lalu untuk keanggota Komisaris di isi oleh 5 orang anggota, di antaranya, Johanes Widodo H.M, Wahyu Adji Henpriarsono, Haryo Indratno, Eddy Susanto Soepadmo, dan Marwanto.

Diketahui, perombakan jajaran pimpinan adalah hal yang biasa. Di Pelni sendiri perombakan tak hanya terjadi kali ini saja.

Jika kali ini jajaran komisaris yang mengalami perubahan, sebelumnya Erick Thohir Desember 2019 lalu juga merombak dua direksi perusahaan plat merah yang bergerak di bidang transportasi laut tersebut.

Jabatan yang diganti adalah Direktur Keuangan yang sebelumnya dijabat Tri Andayani kini digantikan Ony Suprihartono.

Demikian Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut dari Harry Boediarto digantikan Masrul Khalimi.

Diketahui sampai dengan saat ini ada 26 kapal penumpang yang dioperasikan Pelni. Rinciannya 26 kapal singgah di 83 pelabuhan dan melayani 1.100 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga memiliki rute 45 trayek kapal perintis yang singgah di 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM