Antam Pastikan groundbreaking Smelter Menpawah Pada Oktober 2019

oleh
Antam

Antam / PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memastikan peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) di Menpawah, Kalimantan Barat ditargetkan akan dilaksanakan pada Oktober 2019 mendatang.

Menurut Direktur Operasi dan Produksi PT Aneka Tambang Tbk, Hartono, negosiasi terkait pelaksanaan rancangan konstruksi (Engineering, Procurement, and Construction/EPC) masih terus dilakukan dengan berbagai pihak terkait.

“Terdapat beberapa point pada kontrak yang mungkin perlu lebih detail lagi. Tapi dipastikan groundbreakingnya Oktober 2019,” ujarnya (19/9)

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa proyek tersebut memiliki tujuan untuk mengolah bauksit menjadi smelter grade alumina (SGA). Dalam hal ini, jelasnya, perusahaan bekerja sama dengan BUMN PT Pelindo II (Persero) dalam pengembangan pelabuhan Mempawah.

“Kami juga bersinergi dengan BUMN Inalum, 40 persen saham Antam dan 60 persen Inalum,” pungkasnya,

Antam menurut Hartono telah mendapatkan arahan dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro agar melakukan kerjasama dengan PLN dalam proses pembangunan smelter tersebut.

“Kami diarahkan Pak Bambang agar melakukan sinergi dengan PLN untuk menyokong listrik,” ujarnya.

Kapasitas produksi smelter tersebut, imbuhnya, ditargetkan mencapai 1 juta ton SGA. Ia juga mengklaim proyek itu akan menjadi smelter terbesar dibandingkan dengan proyek sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *