Connect with us
PERTAMINA

Airport Services

Angkasa Pura Logistik dan ITDC Nusantara Properti Jalin Kerja Sama Sukseskan MotoGP di Mandalika

MediaBUMN

Published

on

Mandalika

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura Logistik, salah satu anak perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero), menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT ITDC Nusantara Properti dalam rangka mendukung event internasional MotoGP yang akan diselenggarakan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada 2021 mendatang.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Direktur Utama ITDC Nusantara Properti Jo Eddy dan Direktur Utama Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah, di KEK Mandalika – Lombok, Kamis, 19 November 2020, yang disaksikan oleh Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero) Dendi T. Danianto.

“Kami berharap kerja sama ITDC dengan anak usaha kami ini dapat berjalan dengan baik dan menguntungkan bagi kedua belah pihak. MotoGP merupakan event internasional yang sangat besar dan spektakuler. Kami berupaya untuk dapat berkontribusi dan mendukung sepenuhnya kesuksesan penyelenggaraan event tersebut sehingga dapat membangkitkan kembali industri pariwisata Indonesia, khususnya di Lombok, pada 2021 mendatang setelah sempat terpukul akibat pandemi pada 2020 ini,” kata Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero) Dendi T. Danianto.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dimaksudkan sebagai landasan untuk menjajaki kerja sama lebih jauh terkait pengembangan usaha pergudangan dan logistik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Kami menyambut baik MoU antara PT ITDC Nusantara Properti dengan PT Angkasa Pura Logistik untuk menyediakan sarana dan prasarana yang tentunya akan mendukung event internasional yang akan dilakukan di Indonesia pada akhir tahun 2021. ITDC tidak hanya menyelenggarakan satu event di akhir 2021, selain MotoGP ada juga event SBK. Event ini adalah event-event internasional yang akan mendatangkan pengunjung di Mandalika setelah Covid-19. Dengan harapan ke depannya, hubungan sinergis atau kolaborasi antar BUMN ini merupakan salah satu bentuk komitmen untuk mengembangkan destinasi pariwisata dan dapat meningkatkan ekonomi destinasi yang bisa berdampak langsung kepada masyarakat,” ujar Ema Widiastuti, Direktur Pengembangan ITDC dalam sambutannya secara virtual.

“Dengan dukungan jaringan angkutan udara, laut, dan darat yang kami miliki, pengalaman cargo handling dan warehouse system kami yang handal, kami yakin Angkasa Pura Logistik dapat menjadi mitra terbaik yang ikut mennyukseskan perhelatan internasional MotoGP ini”, ujar Direktur Utama Angkasa Pura Logistik Danny P. Thaharsyah.

Saat ini Angkasa Pura Logistik merupakan salah satu perusahaan rantai pasok terbaik di Tanah Air dengan pelayanan, fasilitas, dan teknologi terbaik yang dimiliki. Dengan penandatanganan nota kesepahaman ini maka Angkasa Pura Logistik akan mendukung penyelenggaraan MotoGP yang akan digelar pada 2021 mendatang.

Sementara itu, ITDC Nusantara Properti adalah anak usaha Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau dikenal dengan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero). Kerja sama antar anak perusahaan BUMN ini merupakan wujud dari sinergi BUMN.

Penyelenggaraan kegiatan balap motor dan event entertainment kelas dunia ini akan dikelola oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA), unit usaha ITDC yang memiliki bisnis utama mengelola dan mengoperasikan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika). []

Airport Services

Hari Pertama Peniadaan Mudik, Operasional Bandara Angkasa Pura I Lancar dan Sesuai Prosedur

MediaBUMN

Published

on

peniadaan mudik

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan bahwa kegiatan operasional 15 bandara kelolaannya pada hari pertama masa peniadaan mudik (Kamis 6 Mei) berjalan lancar dan sesuai prosedur transportasi pada masa peniadaan mudik seperti yang tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Idul Fitri 1442 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, di mana hanya penerbangan yang dikecualikan yang dapat dilakukan.

Adapun penerbangan dikecualikan yang dapat dilakukan pada masa peniadaan mudik tersebut yaitu transportasi udara yang digunakan untuk pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu kenegaraan; perwakilan negara asing dan perwakilan organisasi internasional; operasional penegakan hukum dan pelayanan darurat; operasional kargo; operasional angkutan udara perintis; operasional angkutan udara untuk keperluan mendesak untuk kepentingan nonmudik seperti perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka keluarga meninggal, dan ibu hamil.

peniadaan mudik

“Kami pastikan bahwa penerbangan yang dilakukan pada masa peniadaan mudik ini adalah hanya penerbangan yang dikecualikan. Kami mendukung penuh kebijakan Pemerintah untuk mengimbau masyarakat #TidakMudikuntukIndonesiaLebihBaik. Kami mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan pada masa peniadaan mudik dan setelah masa peniadaan mudik. Hal ini penting untuk dilakukan agar pandemi dapat dikendalikan dan apa yang terjadi di negara-negara tetangga tidak terjadi di Indonesia,” ujar Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan.

Pada Kamis 6 Mei, hari pertama masa peniadaan mudik, hanya terdapat 6.853 pergerakan penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I. Jumlah tersebut jauh di bawah rata-rata trafik penumpang harian April lalu yang sebanyak 87.872 pergerakan penumpang atau atau minus (-) 92 persen. Sementara itu trafik pesawat pada hari pertama peniadaan mudik sebanyak 288 pergerakan pesawat dan 770.851 kg kargo. []

Continue Reading

Airport Services

Bandara Sam Ratulangi Manado Adakan Sosialisasi Pasar Digital (PaDi) UMKM

MediaBUMN

Published

on

Sam Ratulangi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dalam rangka mendukung dan mewadahi UMKM untuk semakin mudah dijangkau dengan memanfaatkan platform digital PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado mengadakan sosialisasi terkait pengenalan website Pasar Digital (PaDi) pada Rabu (05/05/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Piere Tendean Kantor PT Angkasa Pura I (Persero) Manado ini merupakan salah satu program dari Corporate Social Responsibility (CSR) bertujuan untuk memperkenalkan kepada pelaku UMKM bagaimana melakukan proses pendaftaran pada website PaDi serta bagaimana cara menggunakannya.

PaDi UMKM ini merupakan platform yang dibentuk untuk mempertemukan BUMN dan UMKM dengan harapan dapat mengoptimalkan, mempercepat serta mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM.

Dengan diadakannya sosialisasi tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualan apalagi pada masa pandemi saat ini. Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 17 di bidang kemitraan guna menguatkan ukuran implementasi dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan. Serta SDGs nomor 9 di bidang industri, inovasi dan infrastruktur dalam meningkatkan akses industri dan perusahaan skala kecil.

Yanti Pramono selaku Stakeholder Relation Manager mengharapkan kepada 12 pelaku UMKM yang hadir dalam sosialiasi, agar dapat memanfaatkan platform Pasar Digital (PaDi) UMKM ini.

“Dalam website ini konsumen atau pelanggan cenderung akan direkomendasikan pada lokasi atau jarak tempat tinggal yang sesuai dengan pelaku UMKM, diharapkan juga Pasar Digital (UMKM) ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha masing-masing dan tidak perlu takut untuk bersaing dengan harga barang ataupun jasa.”, ujar Yanti. []

Continue Reading

Airport Services

Angkasa Pura I Lakukan Penyesuaian Operasional Bandara pada Masa Peniadaan Mudik

MediaBUMN

Published

on

larangan mudik

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan penyesuaian kegiatan operasional 15 bandaranya pada masa larangan mudik 6 – 17 Mei 2021 mendatang sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Idul Fitri 1442 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Seperti diketahui, pada masa peniadaan mudik tersebut, Pemerintah melarang penggunaan atau pengoperasian seluruh transportasi, termasuk transportasi udara, untuk seluruh angkutan udara niaga dan bukan niaga, kecuali sarana transportasi udara yang dikecualikan seperti penerbangan untuk pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu kenegaraan; perwakilan negara asing dan perwakilan organisasi internasional; operasional penegakan hukum dan pelayanan darurat; operasional kargo; operasional angkutan udara perintis; operasional angkutan udara untuk keperluan mendesak untuk kepentingan nonmudik seperti perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka keluarga meninggal, dan ibu hamil.

Berbagai penyesuaian operasional yang dilakukan Angkasa Pura I yaitu menyiapkan Posko Pengendalian Transportasi Udara Masa Peniadaan Mudik Idul Fitri 1442 H sejak 6 hingga 24 Mei 2021 dengan memperhatikan protokol kesehatan, menyiapkan fasilitas konter atau meja kursi di area terminal keberangkatan serta terminal kedatangan untuk pelaksanaan verifikasi kriteria dan persyaratan pengecualian, dan melakukan penyesuaian jam operasional bandara.

“Penyesuaian kegiatan operasional di 15 bandara yang dimulai sejak 6 hingga 24 Mei ini terutama bertujuan untuk mendukung kebijakan Pemerintah terkait larangan mudik demi menekan laju penyebaran Covid-19. Selain itu, penyesuaian kegiatan operasional ini merupakan upaya Manajemen untuk melakukan efisiensi operasional bandara di tengah penurunan trafik yang cukup tajam pada masa larangan mudik ini. Adapun upaya efisiensi yang dilakukan yaitu pengurangan waktu operasional sebagian besar bandara dan pengurangan penggunaan utilitas,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Penyesuaian waktu operasional dilakukan di 11 bandara, sedangkan waktu operasional 4 bandara lainnya tetap. Empat bandara tersebut adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Lombok Praya, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Sentani Jayapura. Adapun waktu operasional 15 bandara Angkasa Pura I pada masa larangan mudik yaitu:

1. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali tetap beroperasi 13 jam sejak pukul 07.00 – 20.00 WITA.

2. Bandara Juanda Surabaya beroperasi 12 jam sejak pukul 06.00 – 18.00 WIB dari sebelumnya 14 jam (06.00 – 20.00 WIB)

3. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar beroperasi 12 jam sejak pukul 06.00 – 18.00 WITA dari sebelumnya 17 jam (14.00 – 21.00 WITA).

4. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan beroperasi 10 jam sejak pukul 08.00 – 18.00 WITA dari sebelumnya 12 jam (06.00 – 18.00 WITA).

5. Bandara Adisutjipto Yogyakarta beroperasi 4 jam sejak pukul 07.00 – 12.00 WIB dari sebelumnya 9 jam (pukul 07.00 – 16.00 WIB).

6. Bandara Internasional Yogyakarta – Kulon Progo beroperasi 4 jam sejak pukul 07.00 – 12.00 WIB dari sebelumnya 12 jam (pukul 07.00 – 19.00 WIB).

7. Bandara Adi Soemarmo Solo beroperasi 8 jam sejak pukul 09.00 – 17.00 WIB dari sebelumnya 9 jam (pukul 08.00 – 17.00 WIB).

8. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang beroperasi 6 jam sejak pukul 09.00 – 15.00 WIB dari sebelumnya 11 jam (pukul 07.00 – 18.00 WIB).

9. Bandara Lombok Praya tetap beroperasi 10 jam sejak pukul 07.00 – 17.00 WITA.

10. Bandara El Tari Kupang beroperasi 6 jam sejak pukul 06.00 – 12.00 WITA dari sebelumnya 10 jam (pukul 06.00 – 16.00 WITA).

11. Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin beroperasi 8 jam sejak pukul 08.00 – 16.00 WITA dari sebelumnya 10,5 jam (07.30 – 18.00 WITA).

12. Bandara Sam Ratulangi Manado tetap beroperasi 11 jam sejak pukul 07.00 – 18.00 WITA.

13. Bandara Pattimura Ambon beroperasi 5 jam sejak pukul 07.00 – 12.00 WIT dari sebelumnya 10 jam (pukul 07.00 – 17.00 WIT).

14. Bandara Frans Kaisiepo Biak beroperasi 10 jam sejak pukul 07.00 – 17.00 WIT dari sebelumnya 12 jam (pukul 06.00 – 18.00 WIT).

15. Bandara Sentani Jayapura tetap beroperasi 11,5 jam sejak pukul 06.00 – 17.30 WIB.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!