Angkasa Pura II Catat Lonjakan Penumpang LCC

oleh
Angkasa Pura

Angkasa Pura II berhasil mencatat pertumbuhan penumpang maskapai berbiaya hemat (low cost carrier/LCC) periode 1 Januari hingga 20 September 2019 yang mencapai 3,16 juta penumpang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 4 persen dibanding periode sama tahun lalu yang hanya sebesar 3,04 juta penumpang.

Selain itu, Angkasa Pura II juga mencatat pergerakan pesawat pada periode 1 Januari hingga 20 September 2019 sebanyak 22.805 penerbangan atau meningkat 6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu sebanyak 21.517 penerbangan.

Menurut VP of Corporate Communication Angkasa Pura II Yado Yarismano pihkanya mencatat maskapai LCC yang melayani penerbangan rute internasional di Bandra Soetta yaitu, Lion Air Group, AirAsia Group Jetstar, Citilink, Scott dan Cebu Pacific.

“Totalnya terdapat 104 penerbangan rute internasional pada setiap hari yang dioperasikan maskapai LCC di Bandara Soetta yang terdiri dari 53 kedatangan dan 51 keberangkatan dengan secara rata-rata 4 penerbangan per jam.

Penerbangan maskapai LCC didominasi tujuan negara-negara di ASEAN, selain juga terdapat rute menuju Tiongkok. Angkasa Pura II saat ini bersama maskapai tengah gencar membidik pasar penerbangan long haul (jarak jauh).

Menurut Yado, salah satu penerbangan long haul yang akan dibuka pada periode Oktober hingga Desember yaitu rute Jakarta – Frankfurt (Jerman) oleh maskapai Citilink.

“Kami sangat mampu memaksimalkan aset yang yang kami miliki untuk mengoptimalkan pasar LCC khususnya rute internasional,” terang Yado.

Pasar penerbangan LCC sangat merespons positif bagi segmen LCC rute internasional, dan Angkasa Pura II terus mengoptimalkan pertumbuhan tersebut dengan menetapkan Terminal 2F sebagai terminal khusus LCC sejak 1 Mei 2019 silam. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *