Angkasa Pura I Buka Rute Solo-China Bidik Pasar Pariwisata

oleh
Angkasa Pura I

Angkasa Pura I (PT Angkasa Pura I) Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah akan membuka rute baru. Rute tersebut adalah Solo-China. Ini bertujuan untuk menggarap pasar pariwisata di dalam negeri.

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman memberi pernyataannya pada Jumat (14/6) kemarin di Solo, Jawa Tengah.

Angkasa Pura I Gandeng Citilink

Abdullah menyebutkan, bahwa pihaknya sedang mengupayakan rute tersebut dengan China. Dari beberapa kota yang potensial sejumlah 13 kota, akhirnya dipilihlah satu kota, yaitu Kunming. Abdullah mengatakan, bahwa pada rute itu investor akan menggandeng maskapai penerbangan Citilink.

Kemungkinan besar pesawat yang akan digunakan adalah pesawat terbang Airbus 320 Neo. Saat ini, tahapannya sedang meminta slot time dan akan mulai beroperasi di bulan Juli mendatang.

Abdullah juga mengakui, bahwa saat ini Angkasa Pura I sedang gencar untuk mendorong rute penerbangan internasional. Hal ini terjadi seiring dengan rendahnya permintaan penerbangan dalam negeri.

Kondisi itu salah satunya terlihat dari jumlah penumpang saat lebaran ini. Baik itu arus mudik atau arus balik, penumpang pesawat cenderung mengalami penurunan yang signifikan. Abdullah berujar bahwa dalam arus mudik jumlah penumpang turun mencapai 59 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara untuk arus baliknya, penurunan penumpang yang terjadi mencapai 52 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Dilihat secara menyeluruh dari data Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, maka penurunan yang terjadi mencapai angka puluhan ribu.

Jumlah penumpang di tahun lalu mencapai 162.758, menjadi 79.867 penumpang saja di tahun ini. Sebelum arus mudik, penurunan jumlah penumpang ini memang sudah terjadi. Bahkan, maskapai penerbangan Lion Air telah mencabut beberapa rute.

Ada sembilan rute yang dicabut oleh Lion Air, bahkan beberapa di antaranya adalah rute emas. Sebut saja Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, dan Palangkaraya.

Karena itulah Abdullah berharap, dibukanya rute internasional oleh Angkasa Pura I ini bisa mendongkrak kembali jumlah penumpang yang melewati rute tersebut. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *