Connect with us
PERTAMINA

Airport Services

Angkasa Pura I Berikan Apresiasi kepada Penumpang pada Momentum Pergantian Tahun

MediaBUMN

Published

on

apresiasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bandara-bandara PT Angkasa Pura I (Persero) menyambut datangnya momentum pergantian tahun 2020 ke 2021 dengan memberikan apresiasi kepada para penumpang dan awak kabin. Apresiasi itu diberikan kepada penumpang dan kru pesawat pada penerbangan terakhir tahun 2020 dan kedatangan perdana di tahun 2021 di bandara-bandara Angkasa Pura I.

Misalnya, di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), penumpang Lion Air JT 279 dari Pekanbaru yang mendarat pukul 18.40 WIB sebagai penerbangan dan kedatangan terakhir pada 2020, disambut oleh Manajemen YIA dan diberikan bouquet bunga dan cinderamata menarik. Tidak hanya penumpang yang datang, penumpang yang berangkat terakhir pada 2020 menggunakan Sriwijaya Air SJ 244 tujuan Jakarta juga dilepas dengan diberikan cinderamata.

apresiasi

Di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, penumpang keberangkatan terakhir tahun 2020 pada Kamis (31/12) pukul 17.30 WITA menggunakan Garuda Indonesia GA 533 dilepas dengan disuguhi penampilan tari spesial khas Borneo. Keesokan harinya sambutan untuk penumpang pertama yang sampai di Bumi Lambung Mangkurat pada tahun 2021 (1/1) dilakukan di area Baggage Claim Bandara Internasional Syamsudin Noor. Para penumpang pesawat Citilink QG 484 yang mendarat pukul 08.10 WITA dari Surabaya ini disambut secara langsung oleh General Manager Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dengan pengalungan selendang sasirangan dan pemberian souvenir spesial.

Sedangkan di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, penumpang pesawat Citilink Indonesia QG 9790 rute Jakarta – Semarang dan pesawat Lion Air JT 625 rute Balikpapan – Semarang yang mendarat di Bandara Semarang pukul 06.50 WIB dan menjadi penumpang yang mendarat pertama kali pada 2021 disambut dan diberikan bunga tangkai serta suvenir yang berisi masker, hand sanitizer, dan vitamin. Hal serupa juga dilakukan di bandara-bandara Angkasa Pura I lainnya.

“Di tengah kondisi pandemi Covid-19, Angkasa Pura I tetap melakukan apresiasi kepada penumpang pada momentum pergantian tahun ini dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Apresiasi kepada penumpang ini merupakan salah satu wujud komitmen Angkasa Pura I di bidang pelayanan yang bertujuan untuk menciptakan customer experience yang menyenangkan sehingga berdampak positif pada customer engagement,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Angkasa Pura I, lanjut Faik Fahmi, senantiasa mengimbau kepada calon panumpang pesawat untuk melakukan penerbangan sehat dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menyiapkan seluruh dokumen syarat penerbangan sebelum berangkat ke bandara pada hari keberangkatan.

Regi, salah satu penumpang penerbangan terakhir di YIA, mengaku terkesan dengan sambutan dari Manajemen YIA. “Surprised sekali, saya baru saja tiba dari Pekanbaru untuk tugas studi di Jogja, lalu mendapatkan sambutan yang hangat dari manajemen bandara dengan keramahan yang khas mewakili istimewanya Jogja. Saya juga menyampaikan apresiasi atas penerapan protokol kesehatan di sini, sehingga saya merasa nyaman dan aman selama penerbangan hingga tiba di YIA. Selamat tahun baru! Sukses selalu untuk Angkasa Pura I,” ungkapnya.

apresiasi

Hendro, salah satu penumpang kedatangan perdana pada 2021 di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dari Surabaya, mengatakan, “Saya senang sekali diberikan apresiasi ketika tiba di bandara sebagai penumpang pertama tahun 2021. Saya berharap Bandara Internasional Syamsudin Noor dapat selalu memberikan pelayanan terbaik untuk para penumpang”.

Trafik Penumpang Angkutan Nataru Hingga 1 Januari Sebesar 1,4 juta Penumpang

Trafik penumpang pada masa Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) sejak 18 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 sebesar 1.458.522 penumpang, turun 61,72% dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang mencapai 3.810.093 penumpang. Sedangkan trafik pesawat sebesar 19.137 pergerakan pesawat, turun 37,01% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 30.282 pergerakan. Sementara trafik kargo justru mengalami pertumbuhan 10,54% menjadi 19.666.619 kg dari 17.790.968 kg pada periode yang sama tahun lalu.

Adapun bandara dengan trafik penumpang tertinggi pada periode 18 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 yaitu Bandara Sultan Hansanuddin Makassar dengan 329.486 penumpang, diikuti Bandara Juanda Surabaya dengan 282.654 penumpang, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 195.471 penumpang. []

Airport Services

Bandara Sam Ratulangi Salurkan Bantuan Tanggap Darurat Untuk Korban Banjir Manado

MediaBUMN

Published

on

Manado

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Jumat (15/1) mengakibatkan beberapa titik di kota Manado dan sekitarnya diterjang banjir.

PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sam Ratulangi menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana banjir berupa 400 nasi kotak yang dibagikan ke empat kelurahan terdampak, yakni Kelurahan Bailang, Kelurahan Karame, Ternate Tanjung, dan Kelurahan Tanjung batu.

“Kami turut menyampaikan duka mendalam atas bencana alam yang terjadi di beberapa daerah Indonesia, termasuk diantaranya bencana banjir yang melanda Manado dan sekitarnya. Melalui program Corporate Social Responsibility, kami berharap bantuan ini sedikit dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat yang terdampak,” ujar Minggus E.T Gandeguai, General Manager Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Manado

Minggus menyampaikan harapannya agar korban becana dapat diberikan ketabahan untuk melalui bencana ini, serta Indonesia selalu dalam lindungan Tuhan dan dijauhkan dari bencana susulan.

“Jangan lupa kita juga harus tetap terus waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim yang saat ini terjadi,” tambah Minggus.

Adapun nasi kotak tersebut diserahkan kepada masing-masing Lurah untuk selanjutnya didistribusikan ke masyarakat. []

Continue Reading

Airport Services

Tanggap Banjir Kalsel, Angkasa Pura I Salurkan Bantuan

MediaBUMN

Published

on

salurkan bantuan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Manajemen Angkasa Pura I salurkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar pada Jumat (15/1).

Kondisi hujan lebat di Kalimantan Selatan yang akhir-akhir ini terjadi menyebabkan banjir di beberapa titik. Hal ini menggugah empati Manajemen Angkasa Pura I untuk dapat membantu para korban melalui penyaluran bantuan kebutuhan pokok.

“Kami datang hari ini untuk menyampaikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak sebagai wujud perhatian kepada masyarakat dan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility dari Angkasa Pura I. Kami berharap bantuan tersebut bermanfaat untuk masyarakat yang terdampak dan banjir segera surut agar kita semua bisa beraktifitas lagi”, ujar Amiruddin Florensius, General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Kalsel

Bantuan berupa bahan makanan seperti beras, makanan instan, lauk instan, dan popok bayi diserahkan secara langsung oleh General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor dan diterima oleh Ketua DPRD Kabupaten Banjar beserta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar di posko yang terdapat di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar.

Tanggapan positif pun disampaikan oleh Saiful, salah seorang relawan, “Terima kasih Angkasa Pura I atas bantuan yang telah diberikan. Ini akan sangat bermanfaat untuk warga yang terkena banjir”. []

Continue Reading

Airport Services

Menteri Parenkraf Lakukan Kunjungan Kerja ke NTB, Angkasa Pura I Paparkan Kesiapan Bandara Lombok Sambut MotoGP Mandalika

MediaBUMN

Published

on

Bandara Lombok

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Lombok memaparkan kesiapan Bandara Lombok untuk menyambut perhelatan MotoGP Mandalika kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan kerja ke Lombok pada Jumat 15 Januari 2021.

Hingga 15 Januari 2021, progress proyek perluasan terminal Bandara Internasional Lombok telah mencapai 93 persen dan ditargetkan dapat selesai serta beroperasi pada Februari 2021. Selain proyek perluasan terminal, Angkasa Pura I juga melakukan perpanjangan dan pengerasan landas pacu (runway) Bandara Internasional Lombok dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter dan pengerasan runway meningkatkan nilai PCN dari 56 menjadi 64. Dengan spesifikasi panjang runway dan tingkat PCN itu, maka runway Bandara Lombok Praya dapat mendukung operasional pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas B777 dan pesawat kargo peserta MotoGP.

“Saya baru mendapat update dari Angkasa Pura I mengenai kesiapan Bandara Lombok dalam menyambut gelaran MotoGP yang insyaallah akan dilaksanakan tahun ini. Selain itu saya tadi memantau protokol kesehatan yang diterapkan di Bandara Lombok ini dan sudah berjalan dengan cukup baik,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Terkait status Bandara Internasional Lombok, Menparekraf Sandiaga Uno berharap bisa dipertahankan dan menambah jumlah penerbangan langsung dari berbagai destinasi ke Bandara Lombok ini. Dengan banyaknya penerbangan langsung, dapat meningkatkan geliat sektor parekraf.

“Bandara Lombok ini tetap menjadi bandara internasional karena pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bertumbuh dengan adanya penerbangan langsung. Didukung big data, kita bisa melihat minat wisatawan yang berkunjung ke NTB tidak hanya di sekitar Mandalika saja namun juga tersebar di Rinjani, Senggigi hingga Sumbawa,” ujarnya.

“Angkasa Pura I mendukung penuh pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP 2021 dan pengembangan pariwisata Lombok secara umum melalui pengembangan kapasitas Bandara Lombok yang menjadi pintu gerbang bagi turis internasional, nantinya ketika penerbangan internasional sudah dibuka, dan turis domestik,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Untuk proyek perpanjangan runway Bandara Lombok, lanjut Faik Fahmi, ditargetkan dapat selesai pada Mei 2021 setelah perluasan terminal penumpang ditargetkan dapat beroperasi pada Februari 2021. Nantinya total luas terminal penumpang menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas sekitar 7 juta penumpang per tahun, bertambah 19.378 meter persegi dari luas eksisting yang hanya 24.123 meter persegi dengan kapasitas yang hanya dapat menampung 3,5 juta penumpang per tahun.

Selain perpanjangan dan pengerasan runway yang baru mulai dilakukan, pada triwulan 4 tahun 2020 ini juga dilakukan pembuatan rapid exit taxiway (RET), parallel taxiway timur dengan luas 865 meter x 23 meter, dan perluasan apron menjadi 136.300 meter persegi dari luas eksisting yang hanya 108.100 meter persegi. Dengan apron seluas 136.300 meter persegi, maka apron dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body.

Selain itu, juga dilakukan pengembangan fasilitas kargo dan pembangunan waving gallery, serta perluasan parkir penumpang. Adapun fasilitas kargo yang dikembangkan yaitu pembuatan jalan akses kargo sepanjang 1.500 meter dan perluasan pelataran kargo menjadi 6.000 meter persegi dari 3.566 meter persegi. Pembuatan RET, parallel taxiway timur, perluasan apron, pengembangan fasilitas kargo, pembangunan waving gallerry, dan perluasan parkir penumpang ditargetkan dapat beroperasi pada Juli 2021. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!