Anak Usaha BUMN ini Siap Bangun Pabrik Aspal

by

Masifnya proyek infrastruktur di tanah air khususnya pembangunan jalan mendorong tingginya kebutuhan akan aspal. Rendahnya suplai aspal di dalam negeri pada akhirnya berujung pada impor.

Melihat potensi tersebut, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) melalui anak usahanya PT Wika Bitumen akan bertransformasi menjadi perusahaan yang mengelola aspal, dimana sebelumnya Wika Bitumen hanya menjual bahan baku aspal.

Direktur Keuangan Wika Bitumen, Yudi Widodo mengatakan bahwa kebutuhan aspal nasional rata-rata mencapai 1,5 juta ton setiap tahunnya.

“Dari dalam negeri melalui pertamina hanya mampu menyuplai 400.000 ton saja. Sisanya impor,” ujar Yudi.

Adapun Wika Bitumen saat ini sedang membangun pabrik aspal berkapasitas 2.000 ton di Buton. Dengan investasi mencapai Rp30 Miliar itu, Wika Bitumen menargetkan pabrik tersebut sudah beroperasi pada Julia tau Agustus 2018 nanti.

Selain itu, Wika Bitumen akan membangun 2 pabrik lagi dengan melakukan kolaborasi dengan mitra strategis. Pabrik pertama Wika Bitumen akan bersinergi dengan investor asal Tiongkok, yang akan mendirikan pabrik pengolahan aspal di Buton berkapasitas 60.000 ton dan ditargetkan beroperasi tahun 2019.

Pabrik kedua, Wika Bitumen akan bersinergi dengan Pertamina. Untuk pabrik kedua ini belum diputuskan berapa kapasitas produksi dan nilai investasinya.

Dalam kurun waktu empat tahun mendatang, Wika Bitumen, lanjut Yudi, mematok target dapat memenuhi 30-40% kebutuhan pasar yang ada dengan rata-rata pertumbuhannya mencapai 10% per tahun.

“Kami memiliki lahan di titik lokasi di Buton dengan masing-masing seluas 300 ha dan 100 ha yang selama ini telah menghasilkan bahan baku pembuat aspal,” papar Yudi.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa tahun ini Wika Bitumen membidik penjualan 200.000 ton dengan target penjualannya mencapai Rp80-90 Miliar.

“Sampai dengan Mei penjualan kami sudah mencapai 50.000 ton. Jadi 7 bulan ini akan kami maksimalkan sisa penjualan dari yang telah ditargetkan,” ujarnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *