Connect with us
PERTAMINA

HIGHLIGHT BUMN

“Akhlak untuk Negeri”! Dahlan Iskan Pun Apresiasi Erick Thohir

CHRIESTIAN

Published

on

Akhlak untuk Negeri

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dahlan Iskan yang pernah menjabat sebagai Menteri Badan Usaha milik Negara (BUMN) periode 2011-2014 melontarkan pujian kepada Erick Thohir.

Dahlan iskan memberi apresiasi kepada Erick yang menggagas sendiri konsep corporate culture yang kemudian dituangkan dalam sebuah buku bertajuk “Akhlak untuk Negeri” yang belum lama ini di luncurkan sang Menteri BUMN di Jakarta.

“Ketika melihat buku ini ya itulah Erick Thohir kita akan tau personifikasi Menteri BUMN Erick Thohir jika membaca buku tersebut,” ujar Dahlan.

Dalam peluncuruan buku tersebut, Erick menegaskan bahwa Akhlak menjadi core value pada Kementerian yang ia pimpin. Akhlak, sebut Erick, merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Yang pertama yang ingin saya benahi dalam pengelolaan BUMN adalah Amanah, tentu harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat. BUMN ini merupakan perpanjangan tangan negara sebagai agen pembangunan dan juga pengelola kekayaan negara,” kata Erick.

Lalu Kompeten, menurut dia, BUMN dituntut untuk selalu meningkatkan kapabilitas. Kemudian Harmonis, menjadi kunci keserasian dalam bekerja sama.

“Harmonis menjadi kunci keserasian, kerja sama, saling peduli, dan menghargai perbedaan. Itu adalah kunci bisa sukses,” kata Erick.

Mengenai Loyal, Erick mengatakan BUMN harus mengutamakan kepentingan bangsa. “Memang sulit menjaga ‘conflict of interest’ tapi kalau kita balik kepada Amanah, kepentingan bangsa dan negara adalah yang utama,” ucapnya.
Selanjutnya Adaptif, yang mengharuskan terus berinovasi menghadapi perubahan. “Dengan Covid-19 ini kita di-challenge untuk terus berubah. BUMN harus siap menanggapi perubahan itu,” kata Erick.

Kolaboratif, yang mendorong peningkatan sinergitas seluruh pihak. Menurut Erick BUMN diharapkan nantinya mampu menunjukan taringnya ke dunia.

“Jadi bukan hanya jago kandang,” sambung Erick.

Menurut Erick peluncuran buku “Akhlak untuk Negeri” menjadi bagian upaya untuk mendorong BUMN bisa go international

Seperti diketahui bahwa buku “Akhlak untuk Negeri” merupakan buah karya pemikiran Menteri BUMN Erick Thohir yang penyusunannya dibantu oleh Presiden ESQ Group Ary Ginanjar Agustian. []

HIGHLIGHT BUMN

Erick Thohir Resmi Menjadi Ketua Umum MES

MediaBUMN

Published

on

MES

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2021-2024 dalam Musyawarah Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah yang berlangsung pada Sabtu 23 Januari 2021. Penetapan Erick sebagai Ketua Umum MES yang baru melalui keputusan 11 (sebelas) orang tim formatur yang dibentuk saat Munas berlangsung.

Melalui proses diskusi yang cukup lama, tim formatur MES sepakat memilih Erick Thohir dengan beberapa pertimbangan dan masukan dari anggota. Ketua tim formatur, KH. Ma’rif Amin mengungkapkan proses penyaringan Ketua Umum MES didasarkan dari banyak aspek. “Dipilihnya Pak Erick Thohir sebagai Ketua Umum MES yang baru ini melalui proses penyaringan yang cukup panjang. Banyak aspek yang dipertimbangkan, mulai dari kualifikasi, kompetensi, hingga komitmen terkait pengembangan ekonomi Syariah”.

Saat dikonfirmasi, Erick Thohir meyampaikan dipilihnya dia merupakan sebuah amanah.

“Bismillah, ini adalah amanah yang harus saya jaga. Saya merasa terhormat bisa memimpin sebuah organisasi yang punya visi dan misi yang kongkrit untuk pengembangan ekonomi Syariah di Indonesia,” ujar Erick.

Lebih lanjut Erick menyampaikan dia ingin membuktikan bahwa kondisi pandemi ini justru menjadi momentum bagi ekonomi syariah untuk bangkit dan memiliki daya tahan lebih baik terhadap gejolak.

“Kondisi pandemi harus menjadi momentum, untuk menunjukkan bahwa ekonomi syariah memiliki daya tahan lebih baik terhadap gejolak dan krisis,” tambah Erick.

Terpilihnya Erick Thohir disambut baik oleh beberapa pengurus MES lainnya, Ketua Umum Pengurus Wilayah Khusus MES Jepang, Joko Widodo memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Erick Thohir,

“Selamat untuk pak Erick Thohir, di tangan beliau, kami berharap MES bisa bergerak lebih cepat dalam upaya memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” Ucapnya.

Kemudian Ketua Umum Pengurus Wilayah MES Provinsi NTB, Baiq Mulianah dan Ketua Umum Pengurus Daerah MES Bandung Barat, Dandin Sholihin juga memberikan tanggapaan positif terkait terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum MES yang baru.

“Hadirnya pak Erick Thohir merupakan energi baru, kita semua menanti gebrakan dan strategi dari beliau untuk MES kedepannya” ujar Baiq.

Sementara itu, Dandin sendiri berharap, di tangan Erick, MES bisa mengambil langkah berani dalam menjawab tantangan ke depannya.

“Kami berharap pak Erick mampu menjalankan roda kepengurusan MES dengan langkah yang berani, seperti apa yang dilakukan beliau di Kementrian BUMN kemarin tutup Dandin,”.[]

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

Wakapolri Gatot Eddy Pramono, Ditunjuk Erick Thohir Sebagai Komisaris PT Pindad

MediaBUMN

Published

on

Wakapolri Gatot Eddy Pramono

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Wakapolri Gatot Eddy Pramono resmi menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pindad (Persero).

Hal ini menyusul hasil keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilaksanakan BUMN di sektor produksi alat pertahanan tersebut.

Dalam keterangan resmi perseroan (19/01), Kementerian BUMN menggelar RUPS PT Pindad dengan agenda perombakan pada jajaran direksi dan komisaris.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual yang diikuti oleh seluruh jajaran direksi perseroan. Adapun RUPS tersebut dipimpin Asisten Deputi Bidang Industri Pertahanan dan Manufaktur Kementerian BUMN Liliek Mayasari, Asisten Deputi Bidang Manajemen SDM Kementerian BUMN Andus Winarno.

Melalui SK Menteri BUMN No. SK-16/MBU/01/2021 memutuskan mengangkat nama baru Direksi PT Pindad (Persero) yaitu:

Direktur Bisnis Produk Pertahanan dan Keamanan: Wijil Jadmiko Budi
Direktur Bisnis Produk Industrial: Suharyono
Direktur Strategi Bisnis: Syaifudin

Kemudian memberhentikan secara hormat jabatan-jabatan tersebut yang sebelumnya dijabat oleh Heru Puryanto, Heri Heriswan dan Rizka A Putranto.

Adapun melalui SK Menteri BUMN No. SK-17/MBU/01/2021 memutuskan mengangkat nama baru Komisaris PT Pindad (Persero) yaitu:

Wakil Komisaris Utama: Wakapolri Gatot Eddy Pramono
Komisaris: Jaleswari Pramodharwardani
Komisaris Independen: Sakkan Tampubolon
Komisaris Independen: Alexandra Retno Wulan
Komisaris Independen: Arlan Septia

Melalui surat keputusan tersebut juga memberhentikan dengan hormat jabatan-jabatan tersebut yang sebelumnya diduduki oleh Mayjen TNI (Purnawirawan) Sumardi, Nurdin, Ari Dono dan Endang Sodik. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

Erick Thohir Optimistis Vaksinasi Nakes Lindungi dan Perkuat Motivasi Perangi Covid-19

MediaBUMN

Published

on

vaksinasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menteri BUMN, Erick Thohir optimistis vaksinasi periode pertama yang ditujukan kepada tenaga kesehatan (Nakes) akan melindungi dan memperkuat kesehatan, serta dedikasi dalam memerangi pandemi COVID-19. Dengan telah divaksinasi, garda terdepan kesehatan nasional tersebut akan lebih terlindungi sehingga pelayanan yang diberikan dalam menangani para pasien COVID-19 akan semakin optimal.

Hal tersebut dinyatakan Menteri Erick Thohir saat meninjau kegiatan vaksinasi para tenaga kesehatan, asisten dan penunjang tenaga kesehatan (nakes) di bawah naungan rumah sakit BUMN, yang berlangsung di RS Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (18/1). Dalam peninjauan tersebut, Menteri BUMN yang menyempatkan diri berdialog dengan para Nakes yang divaksinasi didampingi Dirut Pertamina Bina Medika IHC, Dr.dr. Fathema Djan Rachmat.

“Kini para tenaga kesehatan, pelayan publik, dan masyarakat bisa divaksinasi tanpa keraguan. Vaksin Sinovac aman, berkhasiat, dan halal. Insya Allah vaksinasi disertai disiplin protokol kesehatan akan melindungi diri, orang sekitar, dan negeri. Saya optimistis, vaksinasi para Nakes tak hanya menguatkan sekaligus melindungi kesehatan dan jiwa mereka, namun juga akan makin meningkatkan pelayanan seoptimal mungkin kepada para pasien COVID-19,” ujar Menteri Erick Thohir.

Sebanyak 20 Nakes yang terdiri dari para dokter, perawat, ahli radiologi, ahli gizi, refraksionis (ahli periksa mata), apoteker, petugas kebersihan, hingga supir ambulan dari empat perwakilan RS BUMN mengikuti inisiasi vaksinasi perdana tersebut.
“Dengan telah divaksin, para Nakes yang sehari-hari berjuang merawat pasien, bahkan ada yang sampai 10 bulan di RS Modular akan terjaga dan keluarga yang mereka cintai juga akan terjaga. Ini membuktikan pemerintah hadir untuk melindungi rakyatnya, terutama para Nakes. Tolong tetap jaga protokol kesehatan dan kembali lakukan vaksinasi kedua dua minggu lagi,” lanjutnya.

PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) IHC selaku holding rumah sakit BUMN memiliki 35 RS yang tersebar di seluruh Tanah Air dengan jumlah keseluruhan Nakes mencapai sekitar 18 ribu orang. Dirut Pertamina Bina Medika IHC memastikan dalam waktu 3 bulan seluruh Nakes yang bertugas di seluruh RS BUMN sudah divaksin.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras selama ini. Holding RS BUMN sudah menunjukkan kinerja terbaik selama masa pandemi dengan saling bekerjasama, serta membangun ekosistem kesehatan yang baik dengan Rumah Sakit-Rumah Sakit Swasta, dan Daerah. Insya Allah dengan vaksinasi para Nakes di seluruh RS BUMN akan makin meningkatkan dan memperkuat eksistensi RS BUMN, terutama dalam bersama-sama membawa Indonesia melalui pandemi COVID-19 dan membangun ketahanan kesehatan nasional,” tegas Menteri BUMN. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!