ADHI Catat Peningkatan Hutang Sebesar Rp25,01 Triliun

oleh
ADHI

ADHI / PT Adhi Karya Tbk mencatat adanya kenaikan jumlah hutang di semester I/2019 ini. Sejak awal tahun, nilai hutang meningkat sebanyak 4,95 persen menjadi Rp25,01 triliun. Setelah diusut, kenaikan tersebut rupanya disumbang oleh penerbitan obligasi pada bulan Mei 2019.

Mengutip dari laporan keuangan ADHI, perusahaan tersebut telah menerbitkan obligasi yang berkelanjutan tahap II pada tahun ini dalam dua seri. Obligasi A bernilai Rp556 miliar dan suku bunga tetap sampai 9,25 persen dalam jangka waktu 3 tahun. Obligasi B bernilai Rp473,5 miliar dengan suku bunga tetap sampai 9,75 persen dalam jangka 5 tahun. Totalnya, ADHI menerbitkan obligasi senilai Rp1,03 triliun.

Obligasi yang dibuat berdasar Perjanjian Perwaliamanatan Obligasi Berkelanjutan II ADHI Tahap II Tahun 2019 ini, rupanya tidak dijamin dengan jaminan khusus. Melainkan, jaminannya adalah seluruh harta kekayaan perseroan, yang bergerak maupun yang tidak. Sementara itu, pemeringkat atas efek utang jangka panjang yaitu, id A atau single A minus dari PT Pefindo.

Dari rencana semula, penggunaan dana ini setelah dikurangi dengan biaya emisi, akan digunakan seoptimal mungkin. ADHI akan menggunakannya sebagai modal kerja proyek LRT serta proyek infrastruktur lainnya.

Penjamin pelaksana emisi obligasi itu adalah PT Bahana Sekuritas, PT Danareksa Sekuritas, BCA Sekuritas, serta PT Mandiri Securities. Sedangkan, wali amanatnya yakni PT Bank Mega Tbk.

Dalam penerbitan obligasi ini, perusahaan diwajibkan untuk menjaga rasio-rasio keuangan yang telah ditentukan. Rasio itu, seperti rasio aset lancar serta liabilitas lancar yang tidak kurang dari 1:1 dan rasio utang untuk ekuitas tidak boleh lebih dari 3;5;1. Sementara, perbandingan EBITDA dengan bunga tidak boleh kurang dari 2:5:1 di tahun pertama dan kedua. Untuk tahun ketiga hingga tujuh sebesar 3:1.

Pada tanggal 30 Juni 2019 kemarin, ADHI sudah menyatakan sanggup memenuhi seluruh rasio keuangan itu. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *